Saat ini Modem begitu identiknya dengan Internet, modem adalah Internet, no modem no Internet. Kadang juga kita sering dibingungkan antara modem dan komputer, modem dianggap bagian dari komputer. Tapi pendapat boleh pendapat, urusan benar tidaknya harus ditanyakan sama pakarnya. Saya memang bukan pakarnya modem atau Internet, cuma senang cari tahu saja dan kebetulan kerjaan sehari-hari biasa berurusan dengan jaringan komputer.
Dalam posting ini saya mencoba mengungkapkan fakta-fakta yang mesti diketahui tentang modem secara umum dan juga khusus tentang modem 3G.

1.    Arti Kata Modem
Kata Modem berasal dari gabungan dua kata, modulator dan demodulator. Modulator berarti alat untuk mengubah data digital menjadi signal analog, demodulator berarti alat yang berfungsi untuk mengubah signal analog menjadi data digital. Jadi, modem adalah alat yang memungkinkan data atau informasi digital bisa dikirimkan melalui media penghantar atau alat komunikasi yang masih menggunakan signal analog, seperti GSM, CDMA dan juga jalur telepon rumah. Komputer tidak bisa memproses signal analog, komputer hanya bisa memproses atau membaca informasi digital, tugas modem adalah untuk mengubah signal analog menjadi informasi digital atau sebaliknya.

2.     Modem dan Internet
Salah satu bentuk pemanfaatan fungsi modem adalah menyambungkan pengguna komputer ke ISP melalui jalur komunikasi yang analog. ISP kemudian menyambungkan  komputer itu ke internet. Jadi untuk terhubung ke internet tidaklah harus selalu menggunakan modem.  Media lain seperti kabel data pun bisa asal tersambung ke ISP.

3.    Modem dalam Computer Networking
Modem adalah salah satu Network interface atau peralatan yang dibutuhkan oleh sebuah komputer untuk bisa terhubung dan bergabung dalam jaringan komputer. Fungsi modem dalam networking sama dengan NIC atau network interface card dan juga wi-fi client.

4.    Modem 3G
Sebelum ada modem 3G, dulu ada yang namanya modem dial up. Modem dial-up dipakai pada jalur telepon. Salah satu modem yang banyak dipakai saat ini adalah modem 3G, baik GSM maupun CDMA. Fungsi utama modem 3G adalah mengubah data digital menjadi signal analog generasi ketiga dari GSM dan CDMA atau sebaliknya mengubah kembali signal analog 3G GSM dan CDMA menjadi informasi digital agar bisa diproses oleh komputer.

5.    Hardware Modem 3G
Secara hardware atau bentuk fisik dari modem 3G cukup simpel dan konektor untuk tersambung dengan komputer atau wi-fi berbentuk USB konektor. Biasanya pada bagian dalam modem terdapat slot atau tempat bagi kartu SIM dan antenna untuk menangkap sinya radio frequency. Beberapa jenis handphone pun bisa diipakai sebagai modem, artinya dalam sebuah perangkat handphone terdapat perangkat modem yang terintegrasi  di dalamnya.

6.    Integrated Modem dalam Tablet dan Komputer
Pada beberapa jenis laptop dan tablet, modem sudah terintegrasi di dalamnya secara built in. Yang dilakukan oleh pemiliknya adalah tinggal menancapkan kartu SIM dan melakukan dial.

Selesai dan semoga berguna