Teknologi Wireless untuk menyambung atau mengkomunikasikan antar komputer  yang  dikenal sebagai Computer Networking sebenarnya sudah lama di-implementasikan, tepatnya sejak akhir tahun 1990-an. Memang teknologi wireless atau teknologi tanpa kabel pada jaringan computer tidak langsung serta merta menjadi trend untuk diterapkan menggantikan jaringan kabel yang sudah ada sebelumnya.

Banyak faktor penyebab mengapa jaringan tanpa kabel waktu itu tidak begitu popular,bahkan sampai saat ini pun banyak orang yang masih belum paham tentang apa dan bagaimana jaringan wireless itu.

Beberapa alasan mengapa jaringan tanpa kabel tidak secepat kilat langsung populer layaknya smartphone dan aplikasi-aplikasi mobile yang menyertainya adalah karena:

1.    Membuat atau membangun Jaringan tanpa kabel membutuhkan biaya dan dana yang cukup besar dibanding jaringan kabel.

2.    Dibutuhkan sebuah keahlian dan pengetahuan khusus untuk membuat sebuah jaringan wireless.


3.    Dibutuhkan sebuah ijin khusus untuk mengimplementasikan teknologi wireless ke dalam jaringan komputer. 

Bagaimana khabar Teknologi Wireless saat ini?

Dimulai dari posting ini saya akan mencoba untuk memberikan gambaran seperti apa kondisi terbaru dari mulai apa itu teknologi wireless sampai cara membangun jaringan wireless di rumah atau pun di kantor. Pembahasan terkait Wireless dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan banyak waktu dan ruang oleh sebab itu nantinya saya akan membuat serangkaian artikel lengkap dan sistematis untuk menjelaskan sebaik mungkin berbagai hal-hal terkait jaringan wireless.
Secara garis besar topik-topik yang akan dibahas akan meliputi beberapa poin utama dengan rincian sebagai berikut:
1.    Perencanaan dalam membangun jaringan wireless
2.    Mempelajari dan menentukan jenis perangkat untuk instalasi jaringan wireless
3.    Proses Instalasi jaringan wireless
4.    Pemanfaatan Jaringan wireless
5.    Perbaikan terhadap masalah yang terjadi dan pengembangan perluasan Jaringan Wireless

Tentunya hal-hal terkait teknologi wireless tidak hanya akan terbatas pada  hal-hal di atas, masih banyak lagi yang akan terus ditambahkan sesuai dengan perkembangan teknologi wireless yang terjadi dalam dunia Computer Networking.
Salam 
Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/37467370@N08/11273445054/