Sejak pergelaran Putaran Final Piala Eropa pertama di tahun 1960 sampai 2008, menghadirkan kisah dan momen serta fakta unik yang menarik untuk disimak.

1. Dua negara pertama yang berlaga di final piala Eropa pertama, kini telah tiada alias bubar.
Final piala Eropa pertama mempertemukan Uni Soviet dan Yugoslavia, yang dimenangi oleh Uni Soviet 2-1. Kini nama kedua negara tersebut tidak lagi terlihat dalam peta dunia.

2. Isu politik  mewarnai kejuaraan.
Pada Piala Eropa 1960, Spanyol harus mengundurkan diri ketika harus bertemu dengan Uni Soviet di perempat final. Pada Piala Eropa 1964 di Spanyol, Yunani harus mengundurkan diri ketika harus berhadapan dengan Albania. Yunani dan Albania saat itu masih terlibat perang.

3. Piala Eropa 1976.
Piala Eropa 1976 di Yugoslavia (sekarang Serbia ), Cuma diikuti 4 negara. Tidak ada penyisihan grup, langsung dilakukan pertandingan babak semifinal. Keluar sebagai juara adalah Czechoslovakia setelah mengalahkan Jerman Barat melalui adu penalty dan merupakan adu penalti pertama dalam sejarah piala Eropa.
Pada kejuaraan ini ditandai juga dengan tendangan penalti pertama dalam sejarah yang dilakukan menggunakan teknik tipuan untuk memperdaya kiper lawan. Sang legenda yang melakukan tendangan penalti itu bernama AntonĂ­n Panenka, pemain asal Czechoslovakia.

4. Pada Piala Eropa 1984 di Parancis. Michel Platini mencetak 9 gol dalam 5 pertandingan.
Rekor ini belum terpecahkan sampai dengan saat ini.

5. Pada Piala Eropa 1992 di Swedia, Denmark yang tidak lolos dari babak penyisihan grup menjadi Juara Piala Eropa. Denmark hanyalah tim yang menggantikan Yugoslavia yang seharusnya berlaga di putaran final, namun mereka berhasil menjadi juara Eropa.

6. Pada Piala Eropa 1996 Jerman tampil sebagai juara Eropa untuk pertama kalinya setelah penyatuan dua Jerman, melalui system golden goal.
Gol yang diciptakan oleh Oliver Bierhoff pada babak perpanjangan waktu menghentikan perlawanan Ceko. Piala Eropa 1996 merupakan kali pertama dan terakhir diterapkannya system golden goal.

7. Piala Eropa 2000. Belanda dan Belgia merupakan tuan rumah bersama di mana untuk pertama kalinya putaran final digelar di dua negara.

8. Yunani yang sama sekali tidak diunggulkan, tampil sebagai juara untuk pertama kalinya di Piala Eropa 2004 setelah mengalahkan tuan rumah Portugal.

9. Inggris sebagai negara asal sepak bola belum pernah menjuarai Piala Eropa sekalipun.