Ketika masih terlibat dalam instalasi wireless outdoor, hal yang paling diingat adalah jangan lupa menyiapkan link backup sebagai persiapan jika link utama mengalami masalah. Link backup, entah itu  secara otomatis atau manual proses switching-nya tetaplah link backup. Kasus terputusnya koneksi internet internasional dari ISP Smartfren menjadi pelajaran akan pentingnya jaringan backup. Dalam skala kecil, pelajaran dari putusnya link utama jaringan smartfren adalah perlunya menyiapkan backup link pada setiap jaringan komputer yang kita miliki.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan akan pentingnya backup link.

1.    Koneksi internet
Bagi pengguna internet, menyiapkan link backup adalah cukup dilakukan dengan berlangganan dua atau lebih koneksi internet dengan masing-masing ISP yang berbeda. Sangat riskan jika koneksi internet begitu penting perannya bagi bisnis anda dan hanya tersedia satu koneksi internet saja. Memiliki dua koneksi internet dengan dua ISP yang berbeda sama artinya memiliki dua jaringan fisik yang berbeda. Keuntungan memiliki dua koneksi ISP adalah keduanya bisa dipakai secara bersamaan dan sekaligus sebagai antisipasi terhadap masalah gangguan pada salah satunya.
Bagi pengguna internet yang sifatnya personal, memiliki dua modem 3G dengan frekuensi radio yang berbeda seperti GSM dan CDMA adalah keputusan yang baik dalam mengantisipasi problem link backup tersebut.

2.    Koneksi jaringan LAN
Jaringan LAN adalah jaringan yang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer. Hal yang paling sulit dan memakan biaya adalah menyiapkan jaringan backup bagi tiap-tiap komputer yang ada di LAN. Masing-masing komputer memang tidak mesti untuk diberi kabel atau koneksi cadangan, yang terpenting untuk di-backup adalah koneksi antara perangkat  jaringan seperti koneksi antara hub dengan hub, hub dengan switch, Switch dengan switch, switch dengan Router dan juga switch dengan server. Siapkan minimal 2 kabel cadangan yang siap dipakai jika kabel utama mengalami masalah. Pada switch manageable tersedia fitur tertentu yang menjadikan sistem backup menjadi otomatis. Fitur tersebut pada brand CISCO dikenal dengan nama STP atau Spanning Tree Protocol. Pastikan pada jaringan LAN anda tersedia link backup atau cadangan yang siap dipakai kapan saja.

3.    Koneksi WAN

WAN adalah jaringan yang koneksinya paling sering terkena gangguan. Penyebabnya adalah oleh faktor alam seperti cuaca, bencana alam sampai fenomena alam seperti sun outage dan juga oleh kesalahan manusia. Pada WAN, acuan untuk mempersiapkan koneksi cadangan adalah terletak pada koneksi fisik bukan pada protocol yang dipakai.  Media komunikasi  seperti kabel dan tanpa kabel atau wireless ( VSAT dan Wi-Fi) adalah dua media yang biasa dipakai dan dijadikan acuan dalam menentukan link backup tersebut. Koneksi WAN dengan media kabel biasanya harus di-backup dengan media tanpa kabel. Beberapa perusahaan yang bonafit biasanya menyediakan jaringan WAN lebih dari satu. Untuk kantor cabang yang besar diberikan tiga jenis koneksi WAN dengan tiga provider WAN yang berbeda juga. 

Demikian, meski setiap kejadian di depan tidak bisa diprediksi namun mengatisipasi segala kemungkinan yang paling buruk maka salah satu usaha adalah dengan menjamin ketersediaan jaringan backup sudah terpenuhi.