Soal-soal ujian CCNA yang paling sulit adalah soal simulasi Lab, soal-soal tersebut haruslah dipersiapkan secara matang. Persiapan yang matang adalah kunci agar kita menjawab dengan benar dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Berikut ini adalah fakta-fakta yang mesti diketahui saat menghadapi soal simulasi Lab CCNA.
1.    Hal pertama yang mesti dipertimbangkan adalah bantuan tanda tanya ?  untuk mengetahui perintah-perintah atau command pada switch dan router Cisco tidak bisa dijalankan karena di-nonaktifkan. Pastikan semua perintah atau command dikuasi dengan baik, untuk penulisan yang lengkap dan juga kegunaannya untuk apa.

2.    Sering-sering berlatihlah dengan menggunakan simulator Cisco seperti packet tracer. Hal ini untuk membiasakan kita dalam mengetik command tersebut secara lengkap.

3.    Bacalah soal dengan teliti jangan cepat-cepat mengambil kesimpulan.

4.    Soal yang ditanyakan tidak pernah keluar dari materi CCNA. Ada orang yang tidak terlalu menguasai teori mengalami kesulitan dan mencoba mengerjakan soal dengan cara di luar dari materi yang diajarkan dalam CCNA. Baca secara seksama, keluarkan semua pengetahuan akan teori yang anda pelajari.

5.    Informasi terakhir dari testimoni pada forum-forum di internet, soal yang keluar dalam modul simulasi LAB CCNA adalah VTP, EIGRP dan ACL. Namun juga materi tentang OSPF, NAT dan RIP pernah ditanyakan. Pastikan anda memahami benar prinsip routing dari EIGRP, OSPF dan RIP.

6.    Perdalam pemahaman akan teori tentang ACL, VTP, STP, keterkaitan antara sebuah show command dengan show command lainnya.

7.    Jangan terpengaruh dengan banyaknya jumlah Router atau Switch yang ditampilkan pada soal simulasi tapi pusatkan perhatian anda router atau switch yang bisa diakses secara console.

8.    Setelah semua instruksi sudah dikerjakan maka yang terakhir dan jangan sampai terlewatkan adalah menjalankan perintah atau command: copy running-config startup-config. Perintah ini berfungsi untuk menyimpan konfigurasi yang sudah kita kerjakan. Jika perintah ini tidak  dijalankan( biasanya karena lupa dan tergesa-gesa) maka semua jawaban atau konfigurasi yang dikerjakan dianggap salah karena dalam kondisi ril jika router atau switch dimatikan maka semua konfigurasi yang sudah dikerjakan akan hilang jika perintah copy tidak dijalankan. Banyak peserta ujian yang gagal hanya karena lupa menjalankan perintah  copy running-config startup-config, pastikan anda tidak kehilangan 3 juta rupiah hanya karena satu buah perintah. Sekali lagi saya tekankan jangan lupa jalankan perintah copy running-config startup-config

Semoga berguna