Salah satu bagian dari komputer yaitu optikal drive atau yang biasa dikenal dengan cd/dvd drive diperkirakan akan segera hilang dari peredaran. Alasan utama kelangkaan atau bahkan punah alias lenyap sama sekali adalah karena berkurangnya pemakaian kedua jenis drive itu oleh pengguna komputer. Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebab utama menurunnya popularitas media cd dan dvd dikarenakan oleh berbagai macam faktor, terutama oleh beberapa faktor di bawah ini.

1. Instalasi program-program komputer saat ini tidak hanya melalui media CD dan DVD
Program-program atau software komputer banyak yang tidak membutuhkan media cd atau dvd, tetapi cukup dengan men-download melalui internet dan sudah bisa langsung dipasang pada komputer, terutama instalasi driver pada sebuah operating system.
Sekarang ini, saat kita membeli sebuah komputer baru, driver pendukung OS tidak lagi disertakan dalam bentuk CD atau DVD pada paket pembelian, pembeli biasanya diberikan link untuk mendownload sendiri driver tersebut.

Perangkat komputer saat ini pun dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang membuat posisi CD dan DVD semakin terjepit, salah satunya adalah pilihan booting melalui USB disk.
Jelas dengan booting melalui USB disk maka proses instalasi dan recovery terhadap operating system tidak lagi harus melalui dvd/cd drive. Jadi kemungkinan besar dalam waktu dekat populasi cd dan dvd drive akan semakin langkah.

2. Mobilitas transfer data
Murahnya harga yang disertai dengan kapasitas besar dari media penyimpan data seperti flashdisk dan hardisk eksternal menyebabkan penggunaan CD dan DVD semakin berkurang. Cukup dengan menancapkan flasdisk dan hardisk eksternal maka data ukuran besar bisa langsung ter-copy ke komputer lain tanpa harus lama menunggu. Dan datanyapun bisa dihapus dan diisi kembali secara berulang-ulang.

3. Soal Praktis dan Hemat Energi
Praktis dan hemat energy adalah sarat utama sebuah perangkat untuk bisa diterima dan bertahan dalam persaingan. Optikal drive sudah tidak praktis lagi karena bentuknya besar, terutama jika terpasang pada notebook, membuat notebook terlihat besar dan tebal.
Kepingan CD dan DVD yang berisikan data dirasa sudah tidak praktis lagi bagi penggunaannya, selain karena mudah rusak, proses penyimpanan data pun membutuhkan pengetahuan khusus, jika tidak maka hasil penyimpanan tidak sesuai keinginan dan kepingan cd atau dvd akan terbuang percuma.

Kerja motor pemutar cakram juga menjadi kelemahan dari optikal drive, hal ini terkait pemakaian energy yang besar, terutama pada notebook.

Bandingkan dengan flashdisk USB, bentuknya kecil, mudah disimpan, kapasitasnya besar dan tentu, hemat energy. Pemakainnya pun praktis, tinggal tancap langsung bisa dipakai. Datanya bisa dihapus dan disimpan secara berulang-ulang. Tidak perlu keahlian khusus. Sangat mudah dan praktis.

Jadi alasan berkurangannya penggunaan optical drive pada komputer adalah karena sudah banyak program atau software yang tidak membutuhkan optical drive untuk proses intalasinya, proses booting dengan optical drive bukanlah pilihan satu-satunya yang populer saat ini, komputer sekarang sudah tersedia fitur booting melalui media USB disk. Optical drive sudah tidak praktis dan boros energy.