Pelanggan internet haruslah benar-benar memastikan kondisi setingan pada komputer yang dipakai dan tidak lupa juga untuk memastikan bahwa jaringan lokal tidak bermasalah sebelum menentukan bahwa penyebab tidak bisa konek ke internet adalah karena masalah pada sisi penyedian jasa internet atau ISP.

Hal ini untuk memastikan bahwa hal-hal yang dianggap sederhana bisa jadi sebab tidak koneknya pelanggan ke internet.
Berikut ini adalah hal-hal yang patut dipertimbangkan dan diantisipasi karena bisa menjadi sebab tidak koneknya user ke internet.

1.    Paket langganan internet masih berlaku atau tidak. Kadang tanpa disadari ternyata paket langganan internet sudah habis. 

Saat melakukan dial biasanya berhasil namun saat browsing tidak tampil halamannya.

2.    Untuk koneksi LAN, pastikan konfigurasi ip address sudah benar, terutama untuk setting-an gateway.  

Fungsi default gateway adalah untuk memastikan bahwa semua paket data yang tujuannya di luar dari jaringan LAN akan dialihkan atau dilempar ke alamat dari yang tertera pada default gateway. Mengingat tujuan dari paket data saat berinternet berada di luar LAN maka amatlah penting untuk memastikan default gateway sudah terkonfigur dengan benar.

3.    Masih untuk koneksi LAN pastikan IP address yang dipakai oleh komputer kita tidak termasuk dalam daftar hitam alias kena blokir dari administrator.  

Penyebab diblokir adalah biasanya karena IP komputer kita dicurigai sebagai sumber atau biang virus.

4.    Browser setting. 

Yang perlu diperhatikan dari browser setting adalah alamat proxy. Jika sumber internet sering digunakan secara bergantian antara modem dengan LAN maka setting-an proxy wajib dicek.
Jika menggunakan modem GSM atau CDMA atau Speedy, setting proxy tidak usah diutak-atik. Kosongkan saja. Kalau menggunakan proxy maka settingan proxynya sudah sesuai atau belum, tanyakan ke admin apa nama server proxynya dan berapa nomor portnya.

5.    Faktor X. 

Biasanya yang jadi faktor X adalah driver dari modem yang seolah-olah diuninstall.
Jika modem terdeteksi sebagai new hardware, maka langkah yang praktis adalah mencabut dulu modemnya dan install ulang drivernya.
Jika pada komputer atau laptop terdapat lebih dari 1 port usb maka install driver modem untuk semua port USB.
Ketika kita menginstall driver pada satu port USB maka driver itu hanya berlaku pada port tersebut, tidak berlaku pada port lain.

Setelah setelah yakin bahwa setingan dan tidak ada masalah dengan komputer kita maka kemungkinan besar tidak bisa konek ke internet adalah karena masalah pada sisi penyedia jasa internet atau ISP.