Jika anda masih ragu dan bingung ketika akan membangun sebuah jaringan wireless yang handal dengan cakupan yang luas dan meliputi WiFi klien yang banyak maka salah satu perangkat utama yang menjadi kunci yang mesti anda kuasai adalah WiFi AP Router.

Memahami fungsi dan peran perangkat WiFi Access Point Router adalah salah satu kunci sukses dalam instalasi jaringan WiFi.

Kenapa harus pakai WiFi Access Point + Router, kenapa tidak pakai WiFi Access Point saja ?
WiFi Access Point peran utamanya adalah sebagai Access point saja atau hanya sebagai pembagi koneksi seperti hub pada jaringan kabel. Sedangkan Wifi AP Router  peran utamanya adalah sebagai Access Point dan sebagai router.

Fungsi Access Point Router adalah sebagai berikut:

1.     Menghubungkan jaringan wireless dan jaringan kabel.
Anda tidak perlu kuatir jika ingin menambah koneksi atau memperluas jaringan komputer dirumah anda yang terdiri atas jaringan kabel dengan jaringan wireless, dengan menggunakan WiFi Access Point Router maka jaringan kabel dan jaringan wireless bisa menyatu tanpa harus mengganti semua koneksi menggunakan WiFi.

2.    Berfungsi sebagai DHCP server untuk memberikan alamat IP address
Wifi AP biasa tidak mempunyai fungsi sebagai DHCP server, pada jaringan kabel kita harus menyiapkan sebuah server khusus yang bertindak sebagai DHCP server.
WiFi Access Point router bisa dijadikan sebagai DHCP server sehingga semua komputer klien yang terkoneksi secara WiFi maupun secara kabel bisa mendapatkan alamat IP address secara otomatis dan dynamis.

3.    Fungsi Routing
Dengan fungsi routing maka memungkinkan jaringan LAN yang terhubung ke WiFi access Point router bisa terhubung ke jaringan lain yang. 

4.    Sebagai gerbang untuk konek ke internet
Dengan Wifi AP router maka semua komputer klien yang tergabung dalam LAN bisa terkoneksi ke internet hanya dengan menggunakan satu sumber atau sambungan ke ISP.
Dengan kata lain WiFi AP Router berfungsi sebagai Internet sharing.

5.    Fungsi pengaman dan Firewall
Pada WiFi Access Point Router dilengkapi juga dengan fitur pengaman berupa firewall yang mampu mencegah serangan DDoS.
Fitur lainnya adalah sebagai penyaring jaringan atau network filter berdasarkan  IP Address, MAC Address dan Domain.

6.    Sebagai modem Dialer.
Modem bisa terkoneksi keAP router dan proses dialing bisa dilakukan secara otomatis oleh AP router.
Setelah koneksi internet via modem terbentuk maka AP router secara otomatis juga langsung membagi koneksi internet tersebut dengan semua WiFi danWired klien yang terkoneksi dengannya.

7.    Sebagai Penguat sinyal untuk memperluas jaringan Wifi
WiFi Access Point router bisa dijadikan sebagai access point biasa atau hanya sebagai bridging yang bertugas untuk meneruskan data yang lewat padanya.
Fungsi ini bisa menjadikan Access point router sebagai penguat sinyal jika access point utama tidak cukup kuat untuk menjangkau area yang tidak terkover dengan baik.

Dengan membaca dan memahami banyak macam peran dari WiFi AP router saya yakin anda tidak perlu ragu lagi menentukan dan menggunakan perangkat tersebut dalam membangun jaringa wireless di rumah maupun di kantor anda.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/rj-bruining/15459614153/