Setiap bulan kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membayar berbagai macam tagihan dan juga untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup lainnya, untuk bisa menghemat biaya hidup maka kita bisa melakukan berbagai macam cara mulai dari memperkecil biaya tagihan listrik, melakukan cara bijak dalam membelanjakan uang dan sebagainya.Gunakan Teknologi Internet Untuk Menghemat Biaya Bulanan Kita

Dalam tulisan ini akan saya berikan tips dan cara untuk menghemat biaya hidup sehari-hari serta bagaimana teknologi internet bisa membantu kita mengurangi tagihan dan biaya hidup kita.

Berikut pembahasannya:

  1. Perbaiki sendiri komputer PC anda

Jika komputer PC baik desktop atau latop kita rusak, usahakan untuk diperbaiki sendiri. Memperbaiki kerusakan computer memang sangat relatif tingkat keberhasilannya, tergantung dari jenis kerusakan yang dialami dan penyebabnya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaiki sendiri, siapa tahu kerusakan atau masalah pada komputer tersebut bisa diperbaiki oleh kita sendiri.

Cobalah terlebih dahulu mencari tahu penyebab kerusakannya di website atau internet dan kemudian cari solusi untuk mengatasinya. Jika ternyata bisa diatasi maka kita dapat menghemat pengeluaran kita. Bandingkan jika kita harus membawanya ke tukang service dan dikenakan biaya service yang besar.

Semakin hari banyak website di internet yang membahas tentang dunia komputer dan website-website tersebut bisa kita kunjungi secara gratis.

Sempatkan waktu untuk sering-sering mengunjungi website-website teknologi yang membahas tentang komputer dan cara memperbaiki sehingga jika terjadi masalah pada computer maka kita tahu website mana yang mesti kita kunjungi.

Walaupun kerusakan yang terjadi pada computer kita harus diperbaiki dengan mengganti hardware maka setidaknya kita bisa menghemat biaya konsultasi atau ongkos pasang yang dikenakan oleh si tukang service. Dengan begitu kita bisa menekan pengeluaran kita.

  1. Belanja online

Dengan belanja online kita bisa hemat biaya dan hemat waktu. Dengan belanja online kita cukup berada di depan komputer atau smartphne, membuka halaman website, mencari dan memilih barang yang kita butuhkan.

Jika sudah sesuai kita tinggal pesan, kemudian membayar pesanan kita secara online juga dan yang terakhir yang mesti kita lakukan adalah menunggu datangnya barang pesanan kita.

  1. Manfaat layanan gratis dari Google

Jika anda menghadapi masalah atau kerusakan pada peralatan rumah tangga atau peralatan lainnya yang ada dalam rumah maka hal pertama yang mesti anda lakukan adalah mencoba untuk memperbaikinya.

Sebagai langkah awal maka anda bisa mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi melalui mesin pencari seperti google. Mesin pencari seperti google akan mencari dan menampilkan ribuan bahkan jutaan website yang siap memberikan kita solusi atas masalah yang kita hadapi secara gratis.

Dengan terlebih dahulu memanfaatkan jasa gratisan dari google maka kita setidaknya sudah melakukan tindakan yang sekiranya bisa menghemat biaya.

  1. Cek watt atau daya listrik dari peralatan listrik yang digunakan

Tidak semua peralatan listrik atau barang-barang elektronik yang kita gunakan berdaya listrik rendah atau hemat energy, beberapa peralatan elektronik seperti AC dan pompa air listrik berdaya listrik sangat tinggi.

Yang perlu kita lakukan adalah mengecek daya listrik peralatan rumah tangga kita dan coba untuk mengurangi atau menghemat pemakaian alat tersebut. Jika perlu kita bisa menggantinya dengan peralatan yang lebih berdaya listrik rendah.

Misalnya AC bisa kita ganti dengan kipas angin atau air cooling yang berdaya listrik rendah. Toh fungsi dan tujuan keduanya sama saja.

  1. Gunakan lampu hemat energy

Lampu yang paling hemat enegy listrik adalah jenis lampu LED. Lampu LED sangat hemat listrik karena masa pemakaiannya yang sangat lama dan watt listrik yang digunakan lebih rendah dari lampu neon biasa.

  1. Jangan terlambat membayar tagihan anda

Buat reminder atau pengingat untuk memberitahukan atau mengingatkan kita supaya tidak terlambat membayar tagihan. Karena jika terlambat membayar maka kita akan dikenakan denda keterlambatan dan semakin banyak pengeluaran yang mesti kita tanggung.

Gunakan internet banking untuk mempermudah anda membayar tagihan.

  1. Tingkatkan kesetiakawanan kita melalui internet

Aktiflah di website forum-forum atau social media dan sering-seringlah membantu teman-teman, tetangga, saudara yang membutuhkan bantuan, dengan begitu kita akan dibantu oleh mereka ketika kita dilanda kesulitan.

Demikian bagaimana internet bisa membantu kita menghemat pengeluaran dan biaya hidup kita.

Semoga berguna