Sebenarnya hal-hal dasar berikut ini tidak hanya berguna untuk mengerjakan soal-soal ujian CCNA yang terkait dengan Mac Address tetapi juga merupakan pegangan dalam memahami tentang prisip dasar dari Media Access Control Address atau MAC address.

Berikut adalah hal-hal dasar yang mesti diperhatikan dalam mengerjakan soal-soal ujian CCNA tentang Mac address.

1. Format MAC Address 

MAC Address terdiri atas 48 bit, dan ditulis atau diwakilkan oleh 12 digit  bilangan Heksadesimal ( 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F ).
Contoh: 00:60:B3:AB:12:4F.

Pada contoh di atas, setiap bagian yang dipisahkan oleh tanda titik dua terdiri atas 8 bit yang diwakilkan oleh dua digit bilangan Heksadesimal.

24 bit atau 3 Byte pertama atau 6 digit  bilangan heksadesimal yang pertama ( dari kiri ke kanan ) dikenal sebagai OUI, kependekan dari Organizationally Unique Identifier.

OUI adalah sistem pengkodean yang dikeluarkan oleh organisasi IEEE dan wajib dipakai oleh setiap perusahan pembuat Network Interface Card (NIC) untuk dipasang pada semua produk NIC yang mereka buat. OUI menjadikan semua perangkat NIC memiliki MAC address yang berbeda.

24 Bit berikutnya merupakan sistem identifikasi untuk menandai masing-masing NIC yang keluarkan oleh sebuah perusahaan pembuat NIC.

Jadi 24 bit pertama menandai peusahaan pembuatnya, sedangkan 24 bit berikutnya menandai setiap NIC yang diproduksinya.

MAC address bersifat unik, artinya setiap network adapter memiliki Mac Address yang berbeda.

2. MAC Address sifatnya selalu lokal. 

MAC Address dipakai untuk komunikasi perangkat yang ada di LAN dan tidak pernah dipakai untuk komunikasi antar perangkat yang melalui atau melewati sebuah router atau berbeda LAN.

3. MAC Address dan Frame pada layer 2 OSI layer atau Data Link Layer.

Di dalam frame terdapat sistem pengalamatan yang menggunakan Mac Address, hanya mac address, tidak ada IP address.

Dalam frame terdapat dua mac address yaitu Source mac address yang merupakan mac address dari pengirim dan destination mac address yang merupakan mac address dari tujuan yang ada di lokal LAN, bukan mac address tujuan yang berada di luar dari LAN.

4. Alamat MAC Address dalam frame beruba-ubah tergantung pada kondisi LAN di mana frame itu berada.

Ketika sebuah data dari satu LAN  melewati sebuah router menuju ke LAN yang lain maka sistem pengalamatan dalam frame dari data tersebut ikut berubah juga ketika sampai pada LAN berikutnya.

5. Sistem pengalamatan pada Layer 2 OSI menggunakan Mac Address. 

6. ARP atau Address Resolution Protocol 

ARP dipakai oleh host untuk mengetahui MAC address dari komputer host lainnya atau perangkat jaringan berdasarkan IP address dari komputer atau perangkat jaringan.

Regards