Network adapter  berfungsi sebagai interface untuk menghubungkan komputer dan perangkat jaringan dengan media komunikasi. Network adapater biasanya sudah terpasang secara build in pada motherboard dari komputer dan ada juga yang bisa ditambahkan secara modular, seperti NIC (network interface cards) pada slot dari motherboard. 

Komponen-komponen dari Network Adapter yang mesti dipahami.

1.    Connector
Connector adalah bagian yang secara langsung terhubung dengan media komunikasi.

2.    Indikator Link
Indikator link memberikan petunjuk tentang status koneksi. Indikator link terdiri atas beberapa warna, Hijau, orange dan merah. Tiap-tiap warna memiliki arti tertentu yang menyatakan tentang status koneksinya. Warna hijau menyatakan status perangkat dalam kondisi yang baik, warna orange yang kedap-kedip menunjukkan aktivitas lalu lintas data yang melewati network adapter.

3.    Transceiver
Transceiver dari sebuah NIC bertanggung jawab dalam mengirim dan menerima  sinyal. Agar sinyal bisa dikirim melalui jaringan maka data digital dari peralatan komputer dikonversi menjadi sinyal digital. Jenis sinyal yang dikirim bermacam-macam tergantung dari jenis media komunikasi yang digunakan. Sebuah NIC fiber optic mengirimkan sinyal cahaya, sebuah NIC Ethernet mengirimkan sinyal elektronik atau listrik. Ketika menerima sinyal, transceiver mengubah sinyal digital dari jaringan menjadi  data digital sehingga bisa diproses komputer.

4.    MAC Address
MAC address adalah sistem identifikasi yang unik menggunakan bilangan heksadesimal yang ditanam dalam ROM  dari setiap network interface. MAC address juga berfungsi sebagai alamat hardware atau alamat fisik.

Berikut adalah fakta tentang MAC address:
a.    MAC address terdiri atas 12 digit heksadesimal ( system bilangan dari 0-9 dan A-F).
b.    Alamat ini sering ditulis sebagai 00-B0-D0-06-BC-AC atau 00B0.D006.BCAC, tanda-tanda seperti tanda hubung  dan titik dua sering juga digunakan untuk membagi bagian-bagian MAC address .
c.    MAC address menjadikan setiap perangkat jaringan adalah unik atau setiap perangkat NIC memiliki alamat yang berbeda dengan NIC lainnya. Bagian 6 digit  pertama dari  MAC address adalah mengidentifikasi produsen atau pembuat Network adapter tersebut. 6 Digit sisanya menyatakan atau mengidentifikasi alamat dari host.

Catatan: Beberapa produsen NIC membolehkan penggunanya untuk mengubah MAC address melalui jumper dan juga software.

Prinsip kerja NIC dalam berkomunikasi adalah:
1.    NIC menerima data dari komputer.
2.    Data diubah menjadi frame, dalam frame berisikan informasi tentang MAC address pengirim,  MAC address penerima, data yang akan dikirim danCRC (cyclic redundancy checking). CRC berfungsi untuk mengecek data yang dikirim dan diterima sudah benar atau belum.
3.    NIC membuat sinyal digital dengan menginputkan kode tertentu berdasarkan frame yang akan dikirim tersebut.
4.    NIC menverifisikasi sinyal yang diterima berdasarkan MAC address dan juga CRC.
5.    Sinyal yang diterima NIC diubah menjadi data dan diteruskan untuk proses selanjutnya pada komputer.

Dasar pemilihan NIC adalah berdasarkan pada tipe jaringan yang hendak dikoneksikan, berikut adalah  faktor-faktor dalam menentukan jenis NIC.
1.      Gunakan NIC Ethernet  untuk terhubung ke jaringan Ethernet.
2.      Gunakan NIC token ring untuk menghubungkan ke jaringan token ring.
3.     Gunakan modem untuk berkomunikasi atau terhubung dengan ISP.  
4.     Gunakan NIC ISDN untuk menghubungkan melalui jaringan ISDN.

 Meski saat ini NIC atau wireless adaptor banyak digunakan namun tetap yang pemakaian NIC untuk media kabel masih banyak digunakan. Alasan tersebut manjadi penyebab mengapa dalam tulisan ini saya tidak membahas tentang wireless adapter. Segera nanti saya akan menulis tentang Wi-Fi adapter.