Perintah ping adalah salah satu cara untuk menguji dan mengetahui apakah antara dua perangkat atau komputer dalam jaringan terkoneksi atau tidak. Pada OS Windows Ping adalah perintah yang dijalankan dari command prompt.

Apa sajakah hal menarik tentang ping? Kelebihan ping dan kemampuan ping?

1.    Ping adalah kepanjangan dari Packet InterNet Groper, ping menggunakan protocol Internet Control Message Protocol atau ICMP.

2.    Perintah ping mengirimkan paket atau echo request ke komputer tujuan, dan komputer tujuan mengirimkan kembali paket echo reply  kepada si pengirim.

3.    Perintah Ping tidak hanya terdapat pada operating sytem windows tapi juga terdapat pada operating system yang berbasiskan pada Unix.

4.    Ada 3 pesan atau hasil  yang sering diperoleh setelah menjalankan perintah ping:

a.    Reply from …..  artinya komputer yang menjalankan perintah ping terkoneksi dengan alamat tujuannya yang berada pada LAN yang sama maupun LAN yang berbeda.

b.    Request time out atau RTO … artinya komputer yang menjalankan perintah ping tidak terkoneksi dengan komputer yang dituju pada LAN yang sama atau beda. Komputer tujuan tidak membalas atau merespon dengan mengirimkan paket echo reply.

c.    Destination host unreachable … artinya komputer yang menjalankan perintah ping mencoba untuk menghubungi komputer yang berbeda segment atau tidak satu LAN dengannya dan tidak berhasil mencapai komputer yang dituju, pesan Destination host unreachable dikirimkan router yang berada satu LAN dengan komputer tujuan untuk memberitahu kepada komputer pengirim bahwa tujuanya tidak bisa dihubungi.

5.    Perintah ping diikuti dengan IP address atau bisa juga nama dari komputer tujuan.

6.    Dalam OSI layer ping adalah perintah yang bekerja dengan menggunakan protocol layer 3 atau layer network.

7.    Perintah Ping localhost dipakai untuk mengecek apakah NIC dari komputer bermasalah atau tidak.

Sekian sekilas tentang ping semoga dicerahkan.