Ada beberapa pengaturan yang harus dicek kembali pada komputer kita, baik itu PC maupun Laptop terkait dengan pemakaian internet yang hemat kuota. Pemakaian internet sering terasa berlebihan tanpa disadari oleh penggunannya, hal ini disebabkan oleh beberapa pengaturan yang keliru akibat kurang pahamnya oleh pemilik atau pengguna komputer dan berakibat tersedotnya data dari internet yang sangat besar sehingga mengurangi atau menghabiskan kuota langganan.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa adabeberapa komponen dari komputer berupa software yang butuh sambungan internet untuk melakukan aktivitas sesuai dengan yang terprogram oleh system secara keseluruhan, hal-hal tersebut adalah:
1.    Sistem operasi.
OS biasanya melakukan update secara regular dengan mengambil data dari remote server melalui koneksi internet.  Tujuan update adalah untuk memperbaiki atau menambah fitur yang rusak atau menambah bagian-bagian dari system yang dirasa kurang.
2.    Aplikasi
Ada beberapa program komputer yang biasanya secara regular melakukan update.
3.    Online Instalasi.
Beberapa aplikasi yang proses intalasinya sering mengambil atau men-download sumber data instalasi melalui koneksi internet.
4.    Pengaturan browser.
Beberapa pengaturan yang tanpa disadari menyebabkan aplikasi browser yang langsung melakukan koneksi saat awal dijalankan.

Untuk itu perlu dilakukan pengaturan terhadap 4 point di atas sehingga dapat menghemat pemakaian internet. Silahkan cek yang berikut ini:
1.    Matikan fitur automatic update pada system operasi.
Pada system operasi windows, masuk ke Contro Panel >> Pilih System and Security >> Pilih Windows Update >> Pilih Change setting >> Pilih Never Check for Update >>Unchekc pilihan allow all user to install update on this computer  >> klik OK

2.    Matikan fitur automatic update pada aplikasi tertentu.
Beberapa aplikasi buatan Adobe sering melakukan proses download data untuk kebutuhan update, untuk itu user atau pengguna harus melakukan pengaturan agar proses update tersebut bisa dikontrol.  Caranya adalah dengan mengecek pada system pengaturan dari aplikasi tersebut :  Jalankan aplikasi Adobe reader  Pilih  Edit >> pilih Preferences  >>  Pilih General >> Lihat bagian sebelah kanan uncheck pada pilihan  “Check for Updates”>> klik OK
Lakukan juga pada aplikasi lain yang sering melakukan proses automatic update tertapi tidak untuk aplikasi antivirus.

3.    Simpanlah data installer dari beberapa aplikasi yang proses instalasinya harus tersambung ke internet. Aplikasi tersebut antara lain firefox, google chrome, java dan jika aplikasi lainnya yang tersedia offline installernya. Jika terjadi suatu dan saat harus meng-instal ulang program tersebut maka tidak perlu harus melakukannya secara online.

4.    Aturlah pada browser agar saat dijalankan pertama kali tidak ada alamat yang tertera pada address bar. Biasanya jika secara default tertera sebuah alamat internet pada address bar setiap kali kita membuka halaman baru maka hal tersebut akan membuat pemakain internet kita menjadi boros karena belum tentu alamat tersebut yang ingin kita tuju.

5.    Jika membaca sebuah website berita maka biasa banyak terdapat isi dari website yang berupa gambar, saran saya jika sudah muncul teks beritanya dan terbaca maka tekan tombol esc untuk menghentikan proses download content dari website yang tidak diperlukan

6.    Jika ingin mengupload sebuah file atau beberapa file  maka konversikan file tersebut terlebih dahulu menjadi file zip atau yang sejenis nya agar ukuran file menjadi kecil, juga beberapa file bisa tergabung menjadi satu file saja sehingga proses upload tidak dilakukan secara berulang-ulang.

Kesimpulannya adalah pemakaian internet secara efisien yang hemat kuota ditentukan oleh pengetahuan, kemauan dan keinginan  untuk mengatur sistem dan program pada komputer dari si penggunanya, jika segala upaya menghemat kuota sudah dijalankan dan masih terasa kurang efisien maka cobalah mengganti provider atau ISP, mungkin ada kecurangan yang dilakukan oleh ISP tersebut.

Semoga berguna. 

Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/brizzlebornandbred/11683249855/