Naik KRL adalah pilihan utama bagi yang mau sampai ditujuan dengan waktu perjalanan yang cepat dan biaya yang murah. Namun dibalik waktu yang cepat dan biaya yang murah, ada banyak hal yang mesti anda waspadai saat menggunakan moda transportasi yang satu ini.9-hal-yang-perlu-diwaspadai-saat-naik-krl

Selama 3 tahun lebih naik turun KRL, banyak hal yang saya amati, yang mesti diwaspadai oleh para commuters pemula atau penumpang baru yang sedang mencoba angkutan ini.

1. Tiket perjalanan

Tiket perjalanan yang diberikan saat berangkat dari stasiun awal jangan sampai hilang saat di perjalanan. Jika sampai hilang maka anda akan dikenakan sangsi berupa pinalti yang cukup besar yaitu membayar dengan sebesar biaya jarak terjauh dan uang jaminan pun hilang.

2. Waspada copet

Situasi atau kondisi KRL yang padat di pagi hari dan sore hari membuat aksi copet sulit untuk dideteksi, satu-satunya solusi untuk menghindari kecopetan adalah dengan mengamankan barang bawaan anda seperti dompet dan hape anda.

Pencopet yang tertangkap, terlihat tampang dan penampilan mereka tidak seperti preman atau orang jahat, tampang mereka begitu lugu untuk ukuran penjahat.

Waspadalah selalu terhadap orang di sebelah anda, jangan mudah teralihkan perhatian anda.
Konsentrasi selalu pada barang bawaan anda selama diperjalanan, jangan sampai tertinggal di kereta.

3. Dompet atau hape

Target utama yang paling sering disasar oleh pencopet adalah hape penumpang KRL. Sudah sering saya lihat orang di sebalah saya mengeluh kecopetan padahal di stasiun sebelumnya dia masih memegang hapenya.

Pencopet lebih menargetkan hape dari pada dompet, hape mudah diuangkan, kalau dompet lebih sering tidak ada uangnya. Hahahahaha…

Cara paling ampuh untuk menghindari kecopetan hape atau dompet adalah adalah menyimpan hape dan dompet di tas anda.

Letakan barang berharga di bagian dalam tas yang paling dalam atau bagian dasar tas, pastikan resletingnya tertutup sempurna, jangan menyimpan di kantong baju atau kantong celana.

4. Waspada saat turun dan naik kereta

Kondisi ramai dan padat saat kita menaiki atau turun dari kereta merupakan saat yang kritis, karena saat itu konsentrasi kita sedang terpusat untuk masuk ke dalam kereta, perhatian kita lebih terfokus pada langkah kaki dan juga urusan dorong mendorong agar dapat masuk ke dalam kereta.

Pikiran kita tidak terfokus ke kantong baju atau kantong celana atau ke barang bawaan kita.
Saat naik dan turun inilah saat yang paling krusial terhadap aksi copet, waspada lah saat turun dan naik kereta.

Selain itu, antara peron atau lantai stasiun dan lantai kereta terdapat celah yang cukup besar.
Pastikan saat turun dan naik, anda melihat dan melangkah dengan langkah yang panjang sehingga kaki tidak masuk ke dalam celah tersebut.

5. Waspada terhadap stasiun tujuan anda

Saat hendak turun di stasiun pastikan anda bersiap-siap di dekat pintu sebelum kereta tiba di stasiun tujuan. Jika kita tidak siap-siap di dekat pintu keluar maka saat akan turun dan kondisi kereta padat penumpang maka kemungkinan kita akan terbawa ke stasiun berikutnya.

Cara mengetahui posisi kereta dan stasiun tujuan anda adalah dengan melihat peta rute KRL pada bagian atas pintu kereta.

Dengarkan dan cocokan dengan informasi posisi kereta saat itu yang diumumkan oleh petugas.
Jika stasiun berikutnya adalah stasiun tujuan anda maka segeralah mendekat ke pintu, tanyakan kepada penumpang lain pintu sebelah kiri atau kanan yang akan dibuka.

Setelah pintu terbuka segeralah turun secepatnya karena jika tidak anda akan terdorong oleh penumpang lain yang akan naik ke dalam kereta.

Untuk yang mau naik kereta, berikan kesempatan, kasih jalan kepada penumpang lain yang akan turun terlebih dahulu. Jika anda memaksa atau serobot masuk terlebih dajulu maka penumpang yang keluar akan mendorong anda ke luar dari kereta.

Selain malu karena terdorong, anda pun bisa terjatuh. Waspadalah!! kondisi seperti ini sering terjadi pada jam-jam yang padat penumpang, pagi, sore dan malam hari.

6. Waspada terhadap goncangan saat di kereta

Dalam perjalanan biasanya kereta sering rem dan gas mendadak, atau melewati belokan; Kondisi ini membuat penumpang terhempas ke depan atau ke belakan dan ke kiri kanan. Jika anda tidak waspada dan tidak berpegangan maka siap-siap terjatuh dalam kereta atau terpaksa berpegangan pada badan orang di dekat anda.

Hati-hati!! Jangan main pegang bisa-bisa anda di tuduh melakukan pelecehan. Maka dari itu berpeganglah pada gantungan yang ada di atas.

7. Waspada terhadap nafsu setan

Dalam kereta kita biasanya terpaksa berdiri berhimpit-himpitan, pria dan wanita tidak pandang bulu. Badan kita dengan orang disebelah saling menempel rapat.

Bagi yang pria dan berpikiran jahat tentu ini kondisi yang diharapkan, tapi mesti diingat jangan memanfaatkan dan terbawa situasi jika anda tidak mau dituntut melakukan pelecehan seksual.

Bagi wanita, lindungi bagian dada anda dengan tas atau kedua tangan. Hindari kerumunan yang didominasi atau banyak kaum prianya.
Kalau bisa menghindar maka lebih baik menghindar dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Waspada saat menggunakan hape di dalam kereta

Saat sedang berdiri dan menggunakan hape maka anda harus waspada terhadap senggolan yang datang dari penumpang di sisi sebelah anda.

Saya sering menjumpai orang yang asyik sampai terlena dengan hape-nya, dan kemudian tiba-tiba hapenya terjatuh ke lantai kereta karena tanpa sengaja tersenggol oleh orang di sebelahnya.

Biasanya saat asik dengan hape, pegangan kita pada perangkat tersebut tidak kuat karena fokus kita mengarah kepada layar hape bukan pada pegangan tangan kita.

Ketika ada goncangan dalam kereta saat berjalan maka tanpa sengaja penumpang di sebelah terhempas atau miring dan menyenggol tangan kita yang sedang memengang hape.

Syukur kalau tidak rusak hape kita, kalau rusak dan tidak bisa dipakai lagi siapa yang mau disalahkan.

9.  Waspada pada tempat duduk prioritas

Tempat duduk prioritas adalah untuk ibu hamil, ibu membawa anak, orang lanjut usia dan penyandang cacat, di luar kriteria di atas jangan duduk di bangku prioritas.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka tidak termasuk dalam prioritas dan tapi tetap duduk di bangku prioritas, mereka tidak sadar bahwa tindakan mereka merugikan pengguna lain yang lebih membutuhkan.

Demikian, ada 9 hal yang mesti anda waspadai benar saat naik KRL jangan sampai anda mengalami musibah yang disebabkan oleh ketidaktahuan dan juga karena menganggap remeh hal-hal di atas.

Sumber gambar: pixabay.com