Asal tahu saja, jika hape anda rusak dan butuh service maka layar hape adalah komponen termahal kedua yang mesti diganti kalau rusak. Anda bisa menghemat biaya yang lumayan besar itu dengan memberikan perlindungan terhadap layar hape.

Ya, solusinya gunakan pelindung layar untuk mencegah goresan dan kerusakan lainnya.

Masalahnya adalah seperti apa screen protector(SP) yang bagus itu? Ada banyak jenis screen protector yang ditawarkan secara online, mulai dari harga 15 ribu sampai yang 500 ribu. Istilah seperti “9H hardness” dan “tempered glass” akan membuat kita semakin pusing, mana sih SP yang  harus dibeli?

Berikut ini adalah sedikit gambaran tentang seluk beluk SP untuk membantu anda memilih SP atau pelindung layar hape yang tepat.

1. Apakah hape kita benar-benar butuh screen protector?

Coba cek lagi spek hape anda pastikan ada gak pernyataan yang menyatakan bahwa layarnya sudah terlindung dengan Gorilla Glass atau tidak? Kalau sudah terlindung dengan yang namanya Gorilla Glass maka tidak perlu lagi anda keluar uang untuk SP.

Sebagian besar smartphone saat ini menggunakan Gorilla Glass, Dragontrail, atau kaca anti gores lainnya. Jenis kaca ini tahan terhadap goresan dan retakan, tapi benda-benda tertentu seperti pasir halus di pantai dapat dengan cepat merusak layar hape.

Pelindung layar rentan terhadap goresan dan hape anda pun rentan dimasuki benda-benda kecil seperti butiran pasir halus, meski begitu, kita masih butuh SP sebagai  pengaman tambahan, yang berguna untuk melindungi layar hape kita untuk berjaga-jaga dari insiden yang tak terduga.

2. Screen protector Plastik film vs Tempered Glass

Sebagian besar pelindung layar atau screen protector terbuat dari plastic film dan kaca tempered glass.

Pelindung jenis plastic film sudah ada sejak lama, jenis SP ini terlihat seperti selembar plastik tipis. Saat dipasang kita harus menempelkannya dengan sangat hati-hati.

Pelindung jenis plastik cukup murah, karena pelindung jenis ini tidak terlalu kuat dan mudah tergores.

Jenis screen protector type tempered glass jauh lebih bagus.

Saat ini, tempered glass banyak dipilih, terutama dengan harga yang lebih murah.

Tempered glass menawarkan ketahanan yang lebih baik terhadap goresan, dan yang lebih penting, melindungi layar anda terhadap tetesan. Tempered glass juga lebih mirip dengan layar hape, sehingga tampilan layarpu lebih bagus karena mirip jika tidak menggunakan Screen protector.

Dari kedua jenis screen protector ini Tempered Glass adalah pilihan yang lebih masuk akal karena kualitas lebih bagus, tahan goresan dan harganya murah.

3. Apa Itu Tempered Glass?

Tempered Glass, adalah screen protector yang terbuat dari kaca. Kata tempered merupakan bentuk lampau dari kata Tempering yang berarti proses memanaskan kaca untuk membentuk sebuah lembaran, dan kemudian dengan cepat mendinginkannya. Hasilnya adalah sepotong kaca yang sedikit lebih kuat dan tahan.

Ciri dari tempered glass adalah keras, tidak gampang berubah bentuk. Sifatnya yang kaku membuatnya lebih mudah untuk dipasang. Selain itu, jauh lebih mudah untuk melepas   temper glass dari layar hape.

Meski kaku, tempered glass masih bisa ditekuk sedikit.

4. Apa itu 9H Hardness, Nano-coating Oleophobic?

9 H adalah tingkat kekerasan atau kekuatan dari tempered glass.

Berikut ini ulasan singkat tentang apa 9H hardness:

Istilah 9H Hardness mengacu pada layar ponsel yang tidak tergores oleh pensil 9H, pensil 9H adalah pensil paling kuat dari semua pensil ( pensil H, 2H, 3H, .. 9H).

Rasanya ini bukan cara tes  yang bagus, tetapi cara ini cukup teruji untuk mengetahui kekuatan dari sebuah layar hape.

Nano-coating Oleophobic: Ini adalah satu-satunya spesifikasi yang harus Anda pakai untuk  screen protector.

Kenapa? Tidak seperti pelindung film plastik atau tempered glass yang  membuat bekas sidik jari; Lapisan oleophobic mampu menghilangkan minyak, sehingga sidik jari kita tidak akan menempel pada layar jenis ini.

Military Grade Protection : Istilah ini sering disebut-sebut, tapi jangan termakan dengan yang satu ini. Sekuat-kuatnya layar hape tidak akan mampu menahan hantaman yang kuat atau tusukan benda keras yang tajam.

Lapisan Privasi/ Privacy Layer –  Fitur dari sebuah screen protector yang mampu mengurangi jelas tidaknya tampilan layar berdasarkan sudut atau posisi orang yang melihat. Semakin berada tepat di depan layar maka semakin jelas, dan semakin menyamping maka tampilan semakin tidak jelas.

5. Fakta-fakta tentang Screen protector

Ingat, Screen protector itu terpasang di atas layar, dan hanya mengcover layar saja. Screen protector tidak mengelilingi seluruh hape kita seperti halnya casing.

Jadi, jika ponsel Anda jatuh dan mengenai bagian sudut, maka layar dan screen protectornya akan retak dibagian tesebut.

Keempat sudut hape kita adalah bagian yang paling rentan dari benturan. Jika hape jauh dan terkena bagian sudutnya maka layar dari hape pasti rusak, bukan hanya screen protector saja yang retak.

Pelindung layar atau screen protector hanya melindungi dari goresan dan itupun jika hape jatuh dengan posisi terbalik. Jika terjatuh ke lantai dengan menghantam secara keras pada bagian depan layar maka rasanya screen protector jenis apa pun tidak menjamin bahwa layar hape anda tidak retak.

Cara paling efektif untuk menghindari rusaknya layar hape kita adalah hindari terjatuh atau terbentur benda keras.