Kepercayaan diri seorang pemimpin adalah hal yang paling ingin terlihat oleh para anggota tim yang dipimpinnya sehingga akan memberikan dampak yang positif bagi mereka.

Kita sering melihat bagaimana seorang pemimpin besar terlihat begitu berkarisma, sangat ahli dalam membuat strategi, begitu sukses memimpin atau menjalankan sebuah perusahaan besar namun pencapain tersebut tentunya dengan bermodalkan rasa percaya diri yang tinggi.

Memiliki rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari sangat baik untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan kita.

Sebuah artikel yang dimuat di Harvard Business Review menyatakan bahwa sangat sedikit orang yang sukses memiliki rasa percaya diri yang kurang. Menjalankan sebuah sistem manajemen yang baik butuh keberanian yang tinggi.

Pemimpim selalu mendapatkan tekanan dari berbagai macam sisi, dari sisi dewan direksi, dari sisi karyawan di bawahnya, dan dari sisi pelanggan. Bayangkan jika seorang pemimpin tidak punya kepercayaan terhadap dirinya sendiri. Apa jadinya sebuah perusahan jika sang pemimpin ragu dan takut dalam mengambil sebuah keputusan.

Pada saat masa-masa sulit penuh ketidakpastian, kehadiran pemimpin yang penuh percaya diri merupakan dambaan bagi para staf karyawan. Bagi mereka kehadiran seorang pemimpin dengan kepercayaan diri yang tinggi dapat memberikan arahan, kejelasan, rasa percaya diri, daya tahan yang lebih kuat, optimis dan kepastian akan akan masa depan.

Orang tidak akan mengikuti pemimpin yang penuh ketidakpastian dan selalu cemas. Ketakutan itu biasanya selalu menular. Begitu juga dengan kepercayaan diri, rasa percaya diri akan menular ke orang lain tapi berbeda dengan ketakutan, rasa percaya diri memberikan semangat positif dan menciptakan hal-hal yang produktif.

Seorang pemimpin yang selalu percaya diri akan selalu terlihat seperti itu bahkan tanpa harus mengatakan sesuatu. Ini yang sangat dibutuhkan dalam sebuah tim, para anggota tim sangat perlu melihat pemimpinnya penuh rasa percaya diri, bahkan ketika secara pribadi, pemimpin itu mungkin tidak sepenuhnya merasa percaya diri.

Sebagai pemimpin anda harus menampilkan wajah anda yang memperlihatkan kepercayaan diri yang besar,  bagi anggota tim atau staf anda yang melihat, maka itu akan sangat berarti.

Anda bisa melihat contoh karakter seorang pemimpin yang penuh percaya diri dalam drama/film yang mengisahkan kehidupan Steve Jobs berjudul Steve Jobs karya sutradara Danny Boyle.

Sumber inspirasi: Forbes.com