Perusahaan pembuat anti virus dan keamanan dunia IT, McAfee dan sebuah perusahaan keamanan Cyber lainnya, melakukan pendataan untuk mengetahui berapa banyak penggunaan kata kunci berupa nama-nama selebritis terkenal yang dijadikan sebagai pancingan agar para pencari tersebut masuk dalam perangkap pembuat dan penyebar virus komputer berbahaya.

Di Inggris, selama tahun 2018, perusahaan Cyber security tersebut mengatakan bahwa nama bintang-bintang TV terkenal atau selebriti merupakan kata kunci yang paling berbahaya jika dipakai untuk melakukan pencarian secara online di internet.

McAfee mendata bahwa banyak hasil penelusuran yang menampilkan nama selebriti tapi link tersebut berisi tautan ke situs yang berpotensi melakukan kejahatan cyber.

Siapa saja nama selebriti yang paling berbahaya?

Tahun 2017, nama Craig David berada di posisi teratas.

Tahun 2018, nama Kim Kardashian adalah ‘selebriti paling berbahaya jika dicari secara online’.

Supermodel Naomi Campbell berada di urutan kedua di daftar Inggris sementara adik Kim, Kourtney Kardashian berada di urutan ketiga.

Penyanyi Adele dan  host acara Love Island,Caroline Flack, melengkapi lima selebriti paling berbahaya jika  dicari secara online.

Aktris Ruby Rose menduduki peringkat teratas dalam daftar versi Amerika Serikat.

McAfee mengatakan penjahat cyber menggunakan popularitas dari para selebritis  untuk mencoba dan mengelabui para pencari agar mengeklik link yang mengarah situs berbahaya.

Situs ini dipakai untuk menginstal malware atau semacam software yang dapat mengambil  informasi pribadi termasuk semua password yang ada dalam komputer yang sudah terisntall program jahat atau malware tersebut.

Di Inggris aktris Rose Byrne, kontestan Love Island, Kem Cetinay, Britney Spears, aktris Emma Roberts dan bintang realitas Ferne McCann, juga masuk dalam daftar nama yang berbahaya.

Chief scientist McAfee, Raj Samani, mengatakan kita hidup di “dunia yang serba cepat yang sangat dipengaruhi oleh budaya pop dan media sosial”.

“Ada banyak sekali peluang untuk memilih pilihan hiburan mana yang lebih kita sukai dari berbagai perangkat yang terhubung.

“Dengan pengaruh Kim Kardashian dan usaha bisnisnya, orang-orang akan berusaha keras untuk menjadi mengikuti dan menjadi seperti  Kim.”

Cara aman agar terhidar dari serangan Cyber

Perusahaan keamanan cyber tersebut juga memberikan saran tentang cara dan tips agar tetap  aman saat online.

Ia mengatakan bahwa agar terhindar dari bahaya serangan cyber maka lakukan streaming video hanya dari sumber yang dapat dipercaya dan berbayar.

Untuk membaca berita atau informasi lainnya lakukan akses dengan meng-klik link berita dari sumber yang dipercaya oleh pengguna tersebut.

Ia juga menyarankan orang-orang untuk menjaga aplikasi anti-virus agar tetap up-to-date.

Semoga berguna