Hemat Kuota Internet Dengan Mengatur Settings Browser 2Alasan utama mengapa kita harus menghemat kuota internet adalah karena saat ini isi atau konten dari website memiliki ukuran data yang besar, sehingga pada saat kita mengunjungi atau membuka sebuah halaman website maka kita akan mendownload data berukuran besar itu.

Dampaknya adalah kapasitas kuota internet langganan kita menjadi berkurang dengan secara cepat.

Yang mesti dilakukan untuk menghemat kuota internet adalah dengan cara mengatur sistem pengaturan atau settings pada browser yang kita gunakan.

Browser merupakan software yang terpasang pada komputer PC , Laptop dan juga pada perangkat gadget seperti smartphone dan tablet yang berfungsi untuk membuka atau mengakses halaman dari sebuah alamat website yang ada di Internet.

  1. Mengaktifkan fitur Click to run PluginsHemat Kuota Internet Dengan Mengatur Settings Browser

Beberapa website menggunakan Flash player untuk menampilkan konten mereka yang berupa gambar atau video. Biasanya flash player akan secara otomatis memutar gambar atau video tersebut tanpa dikehendaki oleh pengunjungnya.

Penggunaan flash player membutuhkan bandwidth yang cukup besar sehingga akan cepat menguras kuota internet. Flash player biasanya jalan pada browser yang teristall di komputer PC dan Laptop.

Agar flash player tidak secara otomatis memutar atau menampilkan konten pada website tersebut maka yang harus dilakukan adalah mengatur pada setting-an browser kita sehingga flash player akan berjalan hanya jika kita meng-kliknya.

Dengan cara ini tentunya kita pasti menghemat pemakaian paket data kita karena kita secara selektif memilih apa yang mau kita tampilkan.

Cara mengaktifkan Click to Run Flash pada Firefox

Cara mengaktifkan Click to Run Flash pada Google Chrome

  1. Disable gambar

Untuk menghemat kuota internet bisa juga dilakukan dengan mengatur agar browser yang kita gunakan tidak menampilkan gambar yang terdapat pada website yang kita kunjungi. Jadi yang ditampilkan hanya tulisan atau teks saja.

Pengaturan ini cukup efektif jika kita terapkan untuk website yang lebih banyak konten teksnya dan tidak terlalu butuh gambar dari website itu.

Saran saya sebaiknya kita menggunakan lebih dari satu jenis browser, salah satu browser kita atur agar tidak menampilkan gambar sedangkan browser lain diatur secara normal untuk menampilkan gambar pada sebuah website.

Dengan begitu kita bisa menentukan browser mana yang mesti kita gunakan saat melihat isi dari sebuah website. Cara ini pastinya lebih menghemat kuota internet karena konten gambar pada sebuah website ukurannya cukup besar dan sangat menguras kuota internet. Cara ini bisa kita lakukan juga pada web browser di komputer atau gadget kita.

  1. Gunakan alamat mobile untuk mengunjungi sebuah website

Sebuah website yang ditampilkan pada perangkat mobile akan menampilkan konten yang lebih ringan dibandingkan versi desktop atau laptop.

Meski tidak semua website memiliki versi mobile namun website-website terkenal sudah memiliki versi mobile yang jauh lebih ringan dari versi full-nya yang biasa ditampilkan oleh browser di PC atau laptop.

Contoh seperti Kompas.com atau detik.com, bagaimana caranya agar kita bisa mengakses atau membuka versi mobile website tersebut di komputer desktop atau laptop kita. Caranya adalah masuk ke alamat ini http://www.google.com/gwt/n ,ketik alamat website yang ingin anda lihat versi mobilenya.

  1. Mematikan atau Disable Automatic Browser Updates

Biasanya browser yang kita pakai di komputer kita akan secara otomatis mendownload paket data untuk kebutuhan update tersebut, namun dengan mematikan fitur automatic update maka browser tidak lagi secara otomatis mendownload paket data untuk kebutuhan update.

Meskipun proses update tidak sering-sering terjadi namun hal tersebut tidak perlu dilakukan, kita bisa melakukan update untuk rentang waktu yang cukup lama dan tidak perlu terlalu sering juga, karena dengan browser versi lama pun masih bisa berjalan.

  1. Atur blank page saat browser dijalankan

Biasanya terdapat sebuah alamat default yang tertera pada address bar saat kita pertama kali menjalankan aplikasi browser, saat komputer kita terkoneksi ke internet maka browser kita akan secara automatis mengunjungi alamat tersebut tanpa kita kehendaki, hal ini berarti bahwa ada data yang sudah terdownload setiap kali kita membuka sebuah halaman baru dari web browser.

Untuk itu atur agar setiap kali membuka browser yang ditampilkan adalah berupa sebuah halaman kosong saja atau blank page.