Kalau anda sudah mulai bosan dengan toko online favorite anda dan mulai mencoba toko online lain, atau baru mulai coba belanja online maka berikut ini adalah ciri-ciri toko online yang mesti anda hindari karena pastinya akan membuat anda kecewa, dan kemungkinan besar juga membuat anda rugi.

#1. Kualitas produk yang tidak sesuai foto atau gambar yang dipajang

Saya pernah mengalaminya, dua kali belanja hasilnya mengecewakan. Kecewanya adalah barang tidak sesuai dengan foto yang dipajang. Sangat jauh berbeda.

Memang ada fitur return tapi bukan itu persoalannya, masalahnya adalah saya benar-benar merasa ditipu, toko ini dari awal sudah tidak jujur memberikan infomasi terkait barang dagangannya. Sungguh mengecewakan.

Kenapa sampai dua kali? Karena saya penasaran dengan toko online tersebut dan coba meyakinkan diri bahwa mungkin itu hanya satu produk saja tapi ternyata produk lainpun sama.

Kualitas produk yang sering kali tidak sesuai dengan apa yang terpampang pada gambar bisa jadi karena meningkatnya persaingan dalam industri e-commerce sehingga penjual yang curang semakin meningkat. Pastikan anda hati-hati.

Saran saya jangan coba-coba belanja di toko online yang sepi review-nya lebih baik belanja di toko online yang sudah terpercaya.

#2. Stok barang tidak jelas

Jika berkunjung ke toko online dan mendapati barang yang kita minati tidak ada stok maka coba cek barang-barang lainnya, apakah kondisinya sama juga atau tidak. Kalau sama berarti toko online tersebut tidak benar.

Yang paling parah adalah ketika stok nya dibilang ada tapi setelah transaksi dibilang stok habis dan proses pengembaliannya butuh waktu lama. Ini benar-benar kacau, toko online yang bagus itu selalu menginformasikan ketersediaan barangnya secara cepat.

#3. Tidak ada pilihan jenis pengiriman dan tidak bisa dilacak

Toko online yang bagus adalah memberikan pilihan bebarapa agen pengiriman lengkap dengan detail biaya dan lama waktu pengiriman.

Toko online yang mesti dihindari adalah yang tidak memberikan pilihan ekspedisi pengiriman dan tidak bisa dilacak proses pengiriman barang tersebut.

Bahkan parahnya lagi adalah proses pengembalian barang nya pun cukup ribet dan sangat menyulitkan dan mesti keluar biaya.

#4. Waktu proses pengiriman barang tidak jelas

Sering saya jumpai waktu pengiriman tidak secara jelas dinyatakan dalam proses pemesanan. Pembeli tidak tahu apakah produk sudah diproses dan dikirim. Sering kali, pesanan ini memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk dikirimkan.

Dan tidak ada batas waktu jika barang tidak dikirim dalam beberapa lama maka pembelian dibatalkan secara otomatis.

#5. Harga barang tidak masuk akal

Saya pernah tertarik untuk membeli sebuah kamera digital yang harga resminya adalah 8 juta tapi di sebuah toko online dihargai cuma 1 juta rupiah.  Penjualnya menyertakan nomor WA untuk berdiskusi.

Ketika saya tanyakan dia bilang benar harganya segitu, tapi disertai ajakan untuk melakukan transaksi pembelian dengan transfer langsung tanpa melalui toko online.

Saya lalu bertanya apakah anda punya toko fisik, penjualnya bilang ada tapi lokasinya di Banda Aceh. Cape deeeh…

Ini bukan salah penjualnya tapi lebih kepada toko online yang memberikan celah kepada penjualnya untuk mengelabui pembelinya dengan cara bertransaksi langsung tanpa melalui toko online tersebut.

Setelah mengecek ke bagian review saya dapati bahwa banyak pembeli yang kecewa karena uang mereka dikembalikan, hal ini karena si penjual sama sekali tidak merespon pembelian yang dilakukan oleh pembeli.

Menurut saya toko online semacam ini harus dihindari jika tidak mau uang anda hilang begitu saja.

#6. Jenis dan cara pembayaran yang tersedia terbatas

Bayangkan jika sebuah toko online pembayaran yang tersedia hanya satu jenis saja, misalnya melalui kartu kredit atau transfer.

Beberapa toko online internasional memang hanya tersedia pembayaran melalui kartu kredit saja, tapi untuk toko online local sebaiknya tersedia beragam jenis cara pembayaran.

Ini yang mesti kita cek dengan cermati, kalau cara pembayarannya tidak jelas sebaiknya tidak usah dibeli. Cobalah bandingkan dengan system pembayaran dari toko-toko online yang sudah cukup diakui.

#7. Navigasi website yang rumit

Pastikan juga bahwa toko online yang bagus itu navigasi atau menu-menu yang tersedia tidak rumit dan tidak membuat pengunjungnya merasa tersesat. Jika anda sebagai pengunjung merasa frustrasi dengan situs web toko online yang rumit maka sebaiknya anda hindari toko online tersebut.

#8. Adanya biaya-biaya tambahan di luar harga yang tertera

Ini yang buat kesal, biasanya toko online yang tidak benar itu selalu menambahkan biaya-biaya di luar harga yang tertera, mereka tidak mengikutkannya dari awal. Misalnya PPN 10 persen dan sebagainya.

#9. Support atau dukungan yang tidak menyakinkan

Toko online yang benar selalu menyertakan aturan privacy policy yang jelas, costumer service yang jelas juga. Pastikan anda mengecek terlebih dahulu ketersediaa dukungan atau support dari sebuah toko online, mungkin tidak harus menelpon mereka atau pastikan ada nomor yang jelas dan mudah terlihat pada website tokoonline tersebut.

#10. Sepi reiew dan diskusi pengunjung

Toko online yang jelek itu hampir tidak ada review dan diskusi, sangat sepi dan minim interaksi dengan penngunjung atau calon pembeli.

Semoga berguna.