Kelebihan dan keunggulan lampu LED seperti daya tahan, hemat energi dan masa pakai yang lama menjadi alasan utama kenapa kita harus segera menggunakan lampu jenis ini.perbandingan LED lampu bolam dan lampu TL

Secara lengkap berikut adalah segala kelebihan dan keunggulan lampu LED dibanding lampu jenis CFL atau lampu neon.

  1. Masa pakai yang sangat lama

Masa pakai LED diperkirakan bisa mencapai lebih dari 10 tahun pemakaian terus menerus tanpa henti.

  1. Sangat efisien

LED mengkonsumsi daya jauh lebih kecil dibandingkan dengan lampu fluorescent atau CFL atau lampu Neon. LED menggunakan listrik yang kecil, dengan efisiensi energi diperkirakan 80% -90% jika dibandingkan dengan sistem pencahayaan lampu CFL dan bola lampu konvensional. Sekitar 80% dari energi listrik diubah menjadi cahaya, sedangkan 20% hilang dan diubah menjadi panas.

Selain itu masa pakai yang lama menyebabkan lampu LED tidak perlu pemeliharaan yang banyak.

  1. Hemat Energi listrik dan hemat biaya

Lampu LED dengan 8 watt sama terangnya dengan lampu CFL sebesar 14 watt, saya sudah mencobanya sendiri di rumah. Sangat memuaskan.Pemakaiaan yang sangat lama sampai bertahun-tahun membuat lampu LED tidak perlu diganti, tentunya kita pun menjadi hemat biaya. Kalau lampu CFL dalam satu dua tahun sudah mulai redup dan akhirnya mati total, harus beli baru.

 Lampu LED atau Light Emitting Diodes (LEDs)  Lampu Bolam atau Incandescent Light Bulbs  Lampu CFL atau Neon atau Compact Fluorescents (CFLs)
Watts Watts Watts
4-5 40 9-13
6-8 60 13-15
9-13 75 18-25
16-20 100 23-30
25-28 150 30-55
  1. Ramah lingkungan

Lampu LED tidak mengandung bahan material berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, lampu CFL mengandung bahan atau zat Mercury. Lampu LED menghasilkan emisi atau gas buang berupa karbon diosida sebesar 202,95 kg setiap tahunnya, sedangkan lampu CFL mengahasilkan Karbon Dioksida sebesar 472,95 kg per tahun. Jelas sekali betapa ramah lingkungannya lampu LED.

  1. Tahan banting

Lampu LED tidak terbuat dari kaca dan bagian dalamnya tidak berongga, beda dengan lampu CFL yang terbuat dari kaca. Lampu LED sangat tahan banting, jatuh dari ketinggian tertentu pun tidak masalah dibandingkan dengan lampu neon yang kena benturan saja langsung pecah dan rusak. Lampu LED sangat-sangat tahan banting terhadap kontak fisik yang keras.

  1. Tidak menghasilkan panas berlebih

Sebagian rumah saya menggunakan lampu LED dan lampu CFL, dan cukup terasa beda keduanya soal panas yang ditimbulkan. Saat memegang lampu CFL yang menyala terasa ada cukup panas sedangkan lampu LED tidak panas.

  1. Rendah kadar sinar Ultra violet

Pencahayaan lampu LED menghasilkan cahaya infrared yang sedikit dan sangat kecil kadungan sinar UV. Karena itu, pencahayaan lampu LED sangat cocok tidak hanya untuk barang dan bahan yang sensitif terhadap panas, tetapi juga untuk penerangan barang-barang yang sensitif terhadap sinar ultra violet.

  1. Pengaturan tingkat pencahayaan.

Lampu LED dapat diatur tinggkat pencahayaannya mulai dari redup sampai terang, hal ini sangat berbeda dengan lampu CFL.

  1. Pengaruh dari proses switching untuk On Offnya tidak ada

Pengaruh dari proses switching untuk On Offnya tidak adaIni yang paling penting, mematikan dan menghidupkan lampu tidak boleh terlalu sering karena bisa membuat lampu menjadi rusak. Hal ini tidak berlaku bagi lampu LED, berapa sering pun lampu dimati hidupkan tidak akan berpengaruh terhadap masa pakai lampu.

  1. Menggunakan tegangan yang rendah

Lampu LED menggunakan tegangan yang rendah? 5 Volt adalah tegangan yang paling kecil yang bisa dipakai oleh lampu LED. Ada produk lampu LED yang cukup dicolokan ke power bank menggunakan kabel data. Cahaya nyalanya cukup terang. Mungkin sekitar 5 watt lampu LED dengan power bank bisa dipakai semalaman kalau sedang mati lampu.

  1. Hemat biaya untuk waktu yang lama

Pasti sangat hemat biaya, bandingkan dengan lampu CFL yang harus diganti setiap tahunnya tapi dengan lampu LED kita hanya menggantinya setelah bertahun-tahun.

  1. Tidak berisik

Lampu CFL sering menimbulkan suara noise seperti suara dengungan, dan biasanya suara tersebut berlangsung cukup lama, biasanya terjadi karena mungkin ganguan pada penurunan tegangan listrik. Dengan lampu LED suara-suara noise tidak pernah terjadi.

  1. Banyak sekali pilihan warnanya

Pilihan warna lampu LED sangat banyak dan warna lampu yang dihasilkan memang asli dari karakter lampu LED bukan karena warna bagian luar kaca lampu tersebut.

  1. Tahan segala macam cuaca

Lampu LED tidak terpengaruh dengan suhu yang rendah, sedangkan lampu CFL yang bertahan sampai suhu -23 derajat Celcius.

  1. Proses menyala yang cepat seketika

Lampu LED ketika dinyalakan langsung terang seketika dan tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tingkat pencahayaan yang normal. Beda dengan lampu CFL yang begitu dinyalakan tidak langsung terang tapi butuh waktu beberapa saat.

Sumber:designrecycleinc.com