Menggunakan pisau untuk kegiatan masak-memasak di dapur sangat beresiko terkena sayatan, teriris atau terpotong, bagi yang merasa tidak nyaman dengan situasi tersebut maka anda tidak perlu khawatir sebab pasti ada solusinya.

Untuk menghindari resiko jari-jemari tersayat pisau maka anda butuh beberapa peralatan yang sebenarnya mudah didapat, bukan saja karena harganya yang murah tapi karena bisa dibeli secara online.

Berikut alat-alat tersebut dan fungsinya:

#1. Pelindung Jari Untuk Memotong

Alat ini sangat membantu kita dengan melindungi bagian jari yang memegang benda saat diiris atau dipotong dengan pisau. Ya, sangat berguna melindungi jari terutama saat mengiris sayuran atau buah dengan ukuran yang tipis-tipis dan dilakukan dengan cepat.

Alat ini tersedia dipasaran dalam dua macam yaitu yang berbahan logam stainless steel dan berbahan plastic.

#2. Alat pomotong bawang atau Perajang bawang atau Kitchen Slicer

Alat ini fungsinya untuk mengiris bawang untuk dijadikan bawang goreng, sangat bagus hasilnya, cepat, tipis dan konsisten seragam ukuran tebal tipisnya.

Dengan alat ini tangan kita tidak akan terkena irisan pisau dan tidak perlu bercucuran air mata, tinggal masukkan bawang dan putar engkolnya dan hasilnya pun sangat memuaskan. Banyak tersedia dipasaran, dijual secara online dengan harga yang terjangkau.

#3. Garlic Press atau Penghancur bawang

Alat ini sangat praktis tinggal taruh bawang ditempatnya, remas gagang alat ini dan hasilnya akan keluar bawang putih yang sudah hancur. Sangat aman dan hemat waktu.

Materialnya terbuat dari logam dan banyak tersedia di toko-toko online.

#4. Alat Pengupas Kulit atau Peeler

Dengan alat pengupas ini maka kita tidak perlu lagi memegang pisau sehingga menghindari kita dari segala resiko teriris.

Alat ini sangat konsisten mengupas dengan ketebalan yang sama, bedanya jika kita menggunakan pisau dimana sulit untuk mengatur tebal tipisnya kupasan kulit buah atau sayuran.

#5. Rak Pisau Magnetic Serbaguna

Rak pisau akan menghindari anda menaruh pisau dapur secara sembarangan, apalagi yang memiliki magnet, dengan rak magnet maka tinggal ditempelkan saja maka pisau akan tersimpan dengan aman dan kita terhindar dari luka akibat kecerobohan kita.

ALat ini tersedia di toko-toko online dengan harga yang terjangkau.

Demikian jika anda benar-benar ingin mengembangkan hobi masak anda tapi tidak mau terkena sayatan pisau maka ke 5 alat di atas bisa menjadi solusi yang tepat.