Saya tidak kaget kalau ada orang yang ngaku-ngaku sebagai blogger tapi kelihatannya seperti blogger pemula. Kalau kita lihat di blognya, orang seperti itu biasanya hanya bersemangat di 3 bulan pertama saja(kelihatan dari posting terakhirnya, hahhaaha), setelah itu tidak ada lagi khabarnya, dia pasti sudah pensiun dini sebagai blogger. Tapi itu hak dia, tidak masalah bukan urasan kita juga….  

Tapi jika anda serius maka hal tersebut cukup mengganggu pikiran, masalahnya adalah kalau sudah niat mau jadi blogger sukses dan mau bertahan lama dalam mengembangkan sebuah blog maka konon katanya cukup dengan membuat 1 posting setiap 1 hari, tidak hanya untuk kurun waktu 3 bulan tapi kalau bisa selama mungkin.  

Kelihatannya sih gampang ya, satu posting tiap hari…. Tapi silahka coba, dijamin 3 bulan sudah nyerah, karena kepala rasanya sudah penuh sesak, tidak kuat menampung ide dan pikiran.

Apa kunci sukses untuk mewujudkan tujuan anda jadi blogger sejati, simak beberapa poin penting berikut ini:

Menulis Itu Untuk Membantu Sesama

Kita harus punya mental dan motivasi utama ketika membuat blog. Apa Visi dan Misi Blog? Visi misi itu tidak hanya milik sebuah organisasi atau perusahaan saja, blogger juga harus punya.

Visi seorang blogger itu sangat tergantung pada keahlian dan kemampuan sang blogger yang ingin dia bagikan, sedangkan misi menurut saya seorang blogger harus punya misi bahwa ingin membuat sebuah blog yang berguna bagi banyak orang sesuai dengan bidang kemampuannya dan selama mungkin.

Misi untuk membantu sesama tanpa pamrih adalah motivasi terbesar yang mesti dimiliki seorang blogger jika ingin bertahan lama, kita tidak bicara sukses atau gagal, dengan bertahan lama maka sukses pasti akan bisa dicapai.

Jika kita bertanya apa yang bakal kita dapatkan dari ngeblog maka anda tidak akan bertahan lama, pertanyaan itu harusnya dibalik menjadi apa yang bisa didapatkan pengunjung blog dari sang blogger.

Jangan Iri dan Minder Pada Blogger Sukses

Ya, betul sekali. Blogger yang sukses itu mulainya dari awal, sama seperti semua blogger mereka juga melewati masa tiga bulan sampai 6 bulan pertama yang penuh siksaan.

Cari dan temukan hal apa yang paling kita sukai untuk dibagikan dan dapat berguna bagi orang lain. Jangan ikut-ikutan. Apapun passion anda, meskipun tidak populer sekalipun patut untuk dipertimbangkan.

Jangan Takut Salah

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan adalah dengan mengecek kembali kebenaran dari konten yang kita buat.

Baca kembali tulisan yang akan kita posting, cek kesalahan pengetikan dan perbaiki, jangan terlalu bernafsu untuk segera memposting.

Jangan Tunda-Tunda Untuk Menulis

Jika terlintas ide yang menurut anda bagus maka segera kembangkan menjadi sebuah tulisan, jangan tunggu atau menundanya.

Karena akan ada banyak informasi baru lagi yang sampai ke kepala kita dan itu membuat fokus dan kosentrasi kita terbagi, akibatnya ide tersebut akan terlewatkan begitu saja.

Jangan Berharap Dapat Banyak Pujian Dan Terima kasih

Blogger itu harus memberi dengan keikhlasan yang paling tinggi, jika tidak maka semangatnya akan terkikis oleh keinginan balas jasa, haus pujian dan terima kasih.

Jadikan blogging itu sumbangsih kecil bagi kebaikan banyak orang.  

Harus Tahu Di mana Menemukan Sumber Ide

Sumber itu bisa datang dari mana saja, dari obrolan dengan teman, dari obrolan orang yang kita dengar, dari acara TV dan dari mana saja.  

Jika anda tidak begitu peka dengan situasi di sekitar anda untuk dijadikan bahan tulisan maka sebaiknya anda punya banyak referensi website untuk mendapatkan ide yang brilian untuk anda tulis dan posting diblog.

Kalau perlu sebanyak mungkin. Jika tidak punya sama sekali maka nasib anda kemungkinan tidak akan bertahan lama.

Sumber ide yang paling banyak itu bisa didapatkan dari Twitter, forum kaskus, dari media online seperti Detik dan Kompas, dari website Review seperti jagat review, dari blogger lain, dari forum tanya jawab seperti Quora dan yahoo answer dan sebagainya.

Ini syarat mutlak.

Semoga berguna