Sudah punya laptop tapi bosan dan tidak nyaman mengetik dengan keyboard bawaan laptop? Cobalah gunakan keyboard eksternal yang lebih nyaman dan enak untuk dipakai mengetik.

Saya sendiri rasanya tidak nyaman mengetik teks yang panjang dengan keyboard bawaan dari laptop, selain karena tombolnya yang kecil dan rapat-rapat, juga karena saat mengetik tangan sering menyenggol mouse pad.

Jangan tunggu sampai keyboard anda rusak, karena sebelum anda mencoba untuk menggunakan keyboard lain yang terasa lebih enak maka anda tidak akan pernah tahu seperti apa kenyamanan dalam mengetik teks yang panjang dengan keyboard yang tepat dan cocok.

Berikut ini adalah beberapa informasi penting tentang jenis keyboard komputer yang mesti anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Coba pertimbangkan keyboard mekanik

Keyboard mekanik adalah keyboard yang masih menggunakan switch manual untuk memberitahukan kepada system input dan output (i/o) komputer bahwa tombol keyboard sudah ditekan.

Bisa kita banyangkan keyboard mekanik itu seperti saklar lampu, ketika ditekan akan menimbulkan bunyi ceklek… ceklek…. Tapi tentunya tidak persis seperti saklar lampu, secara prinsip kerja kurang lebih sama. Dan setiap tombol pada keyboard memiliki switch atau saklar masing-masing.

Keyboard mekanik adalah pilihan yang paling tepat untuk mereka yang suka bermain game atau menggunakan keyboard untuk megetik teks yang cukup banyak, intinya cocok bagi mereka yang lebih sering menggunakan keyboard saat berkomputer.

2. Keyboard Membran, keyboard jaman now yang lebih banyak dipakai

Saat ini, rata-rata keyboard menggunakan membram yang terdapat di bagian bawah tombol keyboard. Fungsi membran sama seperti saklar pada mekanik keyboard, untuk memberikan sinyal atau memberitahukan kepada system I/O komputer mengenai info yang di-input oleh pengguna komputer.

Membran keyboard lebih murah dari keyboard mekanik, kelemahannya adalah respon yang lambat dibanding dengan mekanik keyboard.

Selain itu fungsi membran yang terdapat di bawah tombol adalah untuk melindungi bagian elektronik dari kotoran debu atau tumpahan cairan kopi atau jus.

3. Keyboard kabel vs tanpa kabel

Ya, kalau bicara soal kabel atau tanpa kabel maka kita bicara soal bagaimana keyboard terhubung dengan CPU komputer. Kita tidak lagi bicara soal membrane atau mekanik lagi.

Keyboard dengan kabel konektornya cukup membuat meja kerja terlihat sedikit berantakan, sedangkan wireless keyboard sangat praktis dan membuat segalanya terlihat lebih rapih dan teratur.

Keyboard wireless memerlukan battery dan dongle untuk bisa bekerja, dan anda mesti perhatikan bahwa ketika daya battery akan habis biasanya keyboards sedikit ngaco kerjanya.

Beda dengan keyboard kabel, jenis ini lebih tahan lama dan tidak perlu dipikirkan soal battery untuk tenaga wirelessnya.

4. Ergonomic Keyboard, perlu gak sih?

Kebanyakan keyboard memiliki bentuk standar, bentuk seperti ini tidak cocok untuk semua orang. Mereka yang memiliki masalah aksesibilitas atau rawan cedera pada pergelangan tangan  dapat memilih menggunakan keyboard non standar yang lebih nyaman dengan kondisi tangan mereka.

Keyboard ergonomis dapat membantu pengguna yang bermasalah dengan posisi keyboard standard.

Beberapa jenis keyboard ergonomis membagi dua  keyboard menjadi dua untuk tangan kiri dan kanan sehingga memungkinkan kita untuk bebas mengatur posisi lengan.

Jenis lainnya tidak mengubah tata letak utama tetapi dibentuk secara berbeda untuk memberikan posisi pergelangan tangan yang lebih alami.

5. Seperti apa ukuran keyboard yang pas

Keyboard umumnya dibuat dengan tiga jenis ukuran.

Keyboard dengan 104 tombol, yang memiliki tombol angka di sisi kanan, biasanya dikenal sebagai ukuran 100%.

Ukuran berikutnya lebih kecil, dikenal sebagai tenkeyless, dan kehilangan tombol nomor 1-10.

Keboard jenis ini dikenal sebagai keyboard berukuran 80% dan biasanya, memiliki sekitar 83 tombol.

Yang terkakhir adalah keyboard kompak atau dikenal sebagai 60% keyboard, banyak tombol pada keyboard ini dibuang.

Memilih keyboard berdasarkan ukuran harus teliti benar karena kita tidak akan menemukan  beberapa tombol kunci yang lengkap. Harus diputuskan apakan ukuran atau fungsionalitas yang menjadi prioritas.

 Keyboard yang ringkas mendapat manfaat dari ukurannya yang kecil tetapi bisa sangat rumit untuk digunakan. Mereka kehilangan tombol kunci yang sering digunakan, dan beberapa telah berpindah posisi. Jika anda selalu menggunakan keyboard berukuran penuh dan anda terbiasa dengan tata letak itu, maka anda harus lebih teleti memutuskan ukuran keyboard yang akan dibeli.