Wajar sih kalau kita ragu untuk membeli kacamata, apalagi kacamata baca untuk wanita, secara online. Ya, karena kita tidak langsung berhadapan langsung dengan penjualnya dan tidak melihat secara langsung kacamata yang kita mau.

Kebingungan tentang hal-hal seperti resep dan tidak dapat melihat frame secara fisik adalah hal yang paling membuat orang batal untuk beli karena takut salah.

Untuk membantu anda membuat pilihan yang tepat, cek beberapa tips berikut ini:

#1: Pastikan Anda Punya Resep Dokter

Sebelum membeli katamata baca maka haruslah terlebih dahulu periksa ke dokter mata, karena dokter mata akan memberikan seperti apa jenis dan ukuran lensa dari kacamata yang dibutuhkan oleh mata kita.

Yang pernah periksa mata ke dokter mata pasti pernah lihat resepnya seperti apa, saya pernah. Cek pengalaman saya periksa ke dokter mata pakai BPJS.

Jadi, sebelum anda membeli secara online maka terlebih dahulu mendapatkan resep terbaru dari dokter mata.

#2: Ukur PUPILLARY DISTANCE (PD) Anda

PUPILLARY DISTANCE (PD) adalah jarak antara titik pusat pupil kedua mata kita, yang diukur dari titik tengah mata kiri dan mata kanan.

Pengukuran ini digunakan untuk menentukan posisi yang paling sempurna dari mata kita saat melihat melalui lensa kacamata dan pengukurannya harus seakurat mungkin.

PD rata-rata orang dewasa adalah antara 54-74 mm; sedangkan untuk anak-anak adalah antara 43-58 mm.

Untuk sementara kedua faktor ini, Resep dokter mata dan ukuran PD, memainkan peran utama yang sangat penting dalam memastikan seperti apa kacamata yang harus kita beli.

#3: Memilih Frame Yang Tepat

Selanjutnya adalah memilih frame kacamata di toko online, melihat-lihat secara online memberikan kita keleluasaan dibanding ketika berada ditoko, kita tidak perlu merasa tidak enak menyuruh-nyuruh penjualnya untuk mengambil dan menukar kaca mata yang kita inginkan.

Intinya, kalau belanja kacamata secara online kita bebas melihat dan memilih-milih kacamata yang kita inginkan.

Saran yang paling sering saya baca terkait dengan memilih frame kaca mata adalah kita mesti mempertimbangkan struktur wajah kita dan mencocokan dengan frame kacamata tersebut.

Pertimbangannya adalah efek dari frame kaca mata itu terhadap penampilan kita:

#- Frame kaca mata dapat membuat penampilan kita jadi menonjol

#- Frame kaca mata juga diyakini dapat mengurangi penampilan kita

Jadi, pastikan untuk memilih bentuk frame yang kontras dengan bentuk wajah Anda.

#4: Ini Cara Pilih Frame Yang Serasi Dengan Wajah Kita

Selanjutnya, kita harus memilih bentuk bingkai  atau frame yang tepat.

Ada beberapa bentuk frame kacamata, tepatnya ada 3 bentuk antara lain:

#- Bentuk persegi panjang

#- Bentuk bulat atau

#- Bentuk kotak atau persegi

Pemilihan bentuk frame sangat tergantung pada bentuk wajah kita, kita dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk penampilan kita. Cara pilihnya seperti ini:

Misalnya, jika wajah kita berbentuk bulat maka bingkai atau frame kacamata haruslah yang persegi atau memiliki titik sudut.

Jika wajah berbentuk persegi atau kotak maka kita harus memilih frame yang berbentuk bulat.

#5: Ukuran frame harus tepat

Ukuran frame yang tepat akan membuat kita nyaman saat memakainya, pas, tidak longgar atau kesempitan.

Cara termudah untuk mengecek berapa ukuran frame yang pas adalah dengan memeriksa ukuran bingkai atau frame kacamata yang sudah ada.

Kalau belum punya kacamata, mungkin bisa meminjam dari teman atau saudara kita, ukuran frame itu meliputi lebar lensa, penyambung mata kiri dan kanan, tinggi lensa, panjang gagang frame dan juga lebar total frame dari kiri ke kanan.

#6: Pilih Jenis Lensa

Jenis lensa terdiri atas dua:

#- Lensa plastik

    Lensa plastik paling banyak digunakan karena ringan dan tahan bentur. Lensa plastik tersedia dalam clear dan color serta lensa Aspheric

#- Lensa kaca/glass

    Lensa kaca terbuat dari Crown glass, flint, dan lainnya. Umumnya lensa kaca lebih tipis, tahan gores, dan mimiliki tingkat kejernihan yang baik. Lensa kaca lebih berat dari lensa plastik.

#- Lapisan pelindung lensa

Setelah memutuskan jenis lensa yang tepat, Anda perlu memilih beberapa pelapis lensa, misalnya anti radiasi sinar matahari, layar komputer, gadget, dan digital screen lainnya. Pastikan untuk tidak memilih terlalu banyak pelapis karena harga kacamata yang kita mau akan lebih mahal dibanding tanpa lapisan pelindung.

#7: Masukkan Resep Anda

Pada bagian akhir biasanya kita akan diminta untuk memasukkan parameter yang ada di resep yang diberikan oleh dokter mata, atau kita diminta untuk mengupload atau melalui email resep tersebut untuk menghindari kesalahan.

Sayang di website dari beberapa toko kacamata atau optic terkemuka di Indonesia tidak bisa melayani secara total pembelian kaca mata baca, artinya kita benar-benar tidak perlu harus datang ke toko atau gerai fisik, semuanya bisa dilayani secara online karena kita sudah memiliki resep hasil pemeriksaan dokter mata.

Atau mungkin ada yang terlewatkan oleh saya karena saya tidak login sebagai member, siapa tahu jika login atau register dulu sebagai member maka kita bisa lakukan semua pemesanan pembuatan kaca mata secara online pada website beberapa toko kacamata atau optic terkemuka.

Setahu saya, di toko online di luar negeri yang khusus menjual kacamata, terutama yang ada di Amerika Serikat, semuanya bisa dilakukan secara online tanpa kita harus login dulu.

Mungkin nanti jika pegawai optic mata ada yang membaca tulisan ini maka mereka bisa memberikan penjelasan terkait hal ini, siapa tahu.

Tentu sangatlah menyenangkan jika memesan kacamata wanita dari toko online tanpa sama sekali datang ke gerai atau optic, seluruh prosesnya cepat, murah dan mudah. Dan juga banyak opsi yang tersedia untuk kita sebelum memastikan kacamata yang tepat dengan harga terbaik.

Semoga berguna