Kalau anda googling, alasan orang menulis atau membuat sebuah blog itu ada banyak sekali, ada website yang mengulas sampai 50-an alasan.

Menurut saya banyaknya alasan tidak penting, yang penting adalah apa esensi utama yang mendorong seorang untuk mulai mengembangkan blog.

Bagi seorang blogger terkenal yang cukup sukses, ia hanya butuh 4 alasan saja ketika mulai menulis sebuah blog yang sukses di kemudian hari.

Ke 4 alasan itu adalah:

1. Self-Improvement dan Personal Development

Blogging, bagi sebagian besar blogger sukses merupakan sarana untuk mengekspresikan diri. Dengan memiliki tempat sendiri untuk mengekspresikan diri akan memberi banyak manfaat bagi pengembangan diri.

Sesuatu perasaan yang sangat luar biasa akan kita rasakan ketika kita terbiasa menuangkan pikiran, ide, cerita, dan pendapat kita dalam sebuah tulisan. Apalagi jika kita berbagi tulisan itu kepada sesama dan ternyata mereka menyukai dan merasa terbantu atau terinspirasi oleh tulisan kita.

Dalam membuat sebuah artikel, di mana kita harus terlebih dahulu meneliti dan menyusunnya menjadi sebuah tulisan, metode ini jika dilakukan terus menerus secara konsisten, selama bertahun-tahun maka kita akan medapatkan manfaatnya berupa:

  • Kita akan belajar banyak tentang topik yang kita tulis
  • Kita akan mampu untuk mengenali, mempertajam dan memperdalam ide dan pendapat kita
  • Kita dapat mengembangkan keterampilan menulis dan komunikasi
  • Kita akan menjadi semakin disiplin
  • Kita akan menjadi lebih kreatif
  • Kita akan lebih berani untuk melawan rasa takut dan rasa ragu sehingga lebih percaya diri.

Intinya adalah ketika seseorang menjadi seorang blogger maka akan jauh lebih baik kepribadiannya dibanding sebelum ia meiliki blog.

2. Untuk mendapatkan keuntungan

Tidak mengherankan bahwa alasan utama orang membuat blog adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial. Ya UUD, ujung-ujungnya duit…..

Tapi mesti anda pahami bahwa para blogger sukses, ketika pertama kali mengembangkan blog, mereka sama sekali tidak berpikiran akan menghasilkan banyak uang dari blog mereka.

Tidak semua blog akan menguntungkan, tetapi banyak blogger telah menerima bayaran baik itu secara langsung maupun tidak langsung dari kegiatan blogging mereka.

Dari mana pengahasilan itu berasal? Tentu saja dengan memonetisasi blog; memasang iklan, afiliasi marketing, menjual produk orang lain dan masih banyak lagi.

Kita pun dapat menjual diri kita dalam arti positif ya ; menggunakan profil singkat yang ditulis diblog untuk mempromosikan bisnis yang ada atau menjual layanan kita sendiri, misalnya sebagai freelancer, pelatih, pembicara, dll.

Begitulah, blogging, bagi para blogger sukses secara tak terduga menjadi awal mula kebangkitan mereka di dunia bisnis, dan akhirnya memberi peluang yang luar biasa untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

3. Hubungan pertemanan

Menurut para blogger top, blogging menjadi alat untuk menjalin pertemanan dengan lebih banyak orang terutama sesama blogger lainnya.

Banyak blog yang memiliki kesamaan satu sama lain dan itu memberikan rasa kebersamaan di antara para pemiliknya.

Selain kebersamaan para blogger, blog juga memberikan rasa kebersamaan bagi para pengunjungnya, blog-blog itu juga merupakan tempat bagi orang banyak dengan kepentingan yang sama untuk menemukan ide-ide yang mereka cari.

Sebuah komunitas terbentuk pada bagian komentar dari sebuah posting blog. Meskipun blogging semakin kompetitif, komunitas yang ramah dan terbuka masih tetap terjalin.

Blogger sukses mengatakan bahwa selama bertahun-tahun menciptakan konten yang bermanfaat, mengembangkan brand, menarik banyak pengunjung setia, dan membangun kepercayaan dengan para pengunjung, dapat membuka pintu bagi banyak pertemanan, kerja sama, dan peluang-peluang potensial lainnya.

Kita tidak pernah tahu kemana hubungan-hubungan pertemanan yang kita lakukan melalui blogging mungkin menuntun kita. Beberapa mungkin mengarah pada peluang yang menguntungkan secara finansial.

4. Untuk amal ibadah dan amal kasih

Salah satu manfaat besar dari blogging adalah kita secara langsung dan tidak langsung beramal kepada sesama.

Karena ketika banyak orang terbantu dengan tulisan atau pun cerita pengalaman kita maka secara tidak langsung kita telah menunaikan sebuah ibadah, sesuai perintah Tuhan untuk membantu sesama kita.

Blogging juga membuah kita turut berperan untuk menjadikan dunia tempat kita hidup menjadi lebih baik. Meski tidak semua blog melakukan ini, tapi banyak yang melakukannya dengan cara mereka sendiri meski sifatnya sederhana.

Seorang blogger top yang blog-nya tentang fotografi dan blogging, menuturkan bahwa beberapa waktu lalu ia bertemu dengan seseorang di sebuah pertemuan, orang tersebut sangat memuji blog-nya dan mengatakan bahwa blog tersebut sudah menyelamatkan pernikahan dia.

Blogging dapat mengubah hidup kita sebagai blogger dalam banyak hal. Tetapi pengalaman itu bahkan lebih bermakna dan bermanfaat ketika kita dengan menyadari bahwa blogging dapat dipakai untuk menginspirasi, mendidik, dan memberi orang lain rasa memiliki.

Alasan terakhir memang tidak kelihatan langsung manfaatnya bagi kita, tapi ketika kita berada pada situasi di mana pada kolom komentar banyak orang yang menulis ucapan terima kasih yang tulus, maka anda akan merasakan sesuatu yang luar biasa dalam hati kita, ketenangan hati yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata.

Bagi saya dari ke empat alasan utama ini, alasan yang terahir adalah yang paling bermakna.

Masih perlukah blogging di tahun 2019 ini? Perlu dong…. Karena:

Blogging membantu kita tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Blogging membantu kita memulai dan mengembangkan usaha bisnis yang memberi penghasilan besar.

Blogging memberi kita peluang untuk bergabung dalam sebuah komunitas, yang dapat menambah persahabatan dan kerja sama dengan orang-orang yang luar biasa.

Blogging mengajarkan kita cara untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi orang lain, sekecil apapun tapi akan besar makna bagi yang membutuhkan.

Yang dapat disimpulkan dari semua ini adalah adalah blogging memberikan banyak perubahan yang lebih baik bagi kita, entah itu berupa keuangan dan pengembangan diri.

Sumber gambar: https://pixabay.com