Jika Anda ragu untuk membeli alat pembersih udara maka Anda harus memahami sejumlah pertimbangan dan alasan mengapa anda membutuhkan alat tersebut.

Kebutuhan akan pembersih udara biasanya didasarkan pada beberapa kategori;

1. Lingkungan tempat anda tinggal

Anda memerlukan pembersih udara jika lingkungan Anda dalam kondisi seperti berikut:

a. Anda tinggal di dekat jalan utama atau di kawasan industri.

Lalu lintas yang padat dan emisi pabrik menghasilkan partikel halus berbahaya yang dapat menembus jauh ke dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan jangka pendek pada tingkat yang lebih tinggi dari jenis polusi ini dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi akibat masalah jantung. Paparan berkepanjangan sebenarnya mengurangi harapan hidup secara keseluruhan sebesar 1,8 hingga 3,1 tahun.

b. Anda tinggal di dekat zona kebakaran hutan atau gunung berapi

Baik kebakaran hutan dan gunung berapi aktif (seperti yang ada di Hawaii), menciptakan masalah kualitas udara serius yang melibatkan tidak hanya partikel halus, tetapi juga bahan kimia, gas, dan bau. Hanya pembersih udara dengan berat karbon aktif dan filtrasi HEPA yang dapat menawarkan perlindungan serius yang diperlukan untuk jenis pencemar udara tertentu.

c. Tempat tinggal Anda terletak di gedung tinggi, di kawasan bisnis yang sibuk

Di banyak daerah perkotaan, bahkan tempat yang dianggap paling baik kadang-kadang terletak di kawasan yang sama dengan pusat bisnis. Ini artinya kita berada pada bangunan yang sama dengan orang lain, hal ini menimbulkan masalah kualitas udara seperti bau, bahan kimia, gas dan partikel.

d. Anda tinggal di daerah pertanian

Paparan pestisida yang biasa digunakan pada tanaman sangat erat kaitannya dengan  masalah kesehatan yang sangat serius termasuk infertilitas, penyakit Parkinson, cacat lahir, kelahiran prematur dan asma.

2. Anda harus segera membeli alat pembersih udara jika kondisi, atau situasi di rumah Anda sangat sulit untuk diubah, misalnya;

a.  Anda tinggal di rumah, apartemen, trailer atau ruang tertutup lainnya

Karena dinding yang kita gunakan untuk melindungi kita dari unsur-unsur berbahaya tapi juga menjebak bahan kimia, gas, bau, dan partikel lainnya di udara.

b. Anda benar-benar memprioritaskan untuk menggunakan peralatan rumah tangga modern

Ironisnya, banyak dari produk yang dibuat untuk menunjang kehidupan modern lebih beresiko untuk merusak kesehatan kita. Pembersih dry cleaning, plastik, pemadam api, permukaan anti lengket, kain tahan noda, pestisida, produk pembersih berbahan kimia, dan banyak lagi, semuanya merupakan bahan kimia yang mengeluarkan gas dan debu beracun ke dalam rumah kita.

Jadi TV dan sofa kita tidak penting. Segeralah beli alat pembersih udara karena itu prioritas yang paling utama.

c. Anda atau anggota keluarga Anda adalah perokok dan menyebabkan orang lain terpapar asap rokok

Menggunakan pembersih udara sepanjang hari di sebuah ruangan  untuk menghilangkan partikel asap di udara sangat dianjurkan, meskipun perokok harus menyadari bahwa asap mereka dapat menyebar ke seluruh ruangan di rumah. Merokok di luar ruangan jauh dari jendela dan pintu rumah adalah solusi terbaik untuk menjaga partikel-partikel jahat asap rokok tidak masuk rumah kita.

d. Anda memiliki hewan peliharaan

Pembersih udara tidak hanya akan menghilangkan bulu hewan peliharaan di udara, tapi juga bau. Pembersih udara juga akan membantu melindungi hewan peliharaan Anda dari polusi udara dalam ruangan.

Seperti anak-anak, hewan peliharaan kita secara alami lebih rentan terhadap efek udara dalam ruangan yang buruk. Mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan juga lebih dekat ke lantai tempat berkumpulnya debu, racun, dan bahan kimia di udara.

e. Anda memiliki taman, halaman, atau pohon di rumah Anda

Kebun, tanaman bunga, pohon, dan bahkan halaman rumput bisa menjadi sumber spora jamur. Spora di udara ini dengan mudah masuk ke rumah Anda dan dapat memicu reaksi alergi dan memperburuk asma.

f. Bangunan Anda memiliki masalah bau

Bau saat memasak dan sumber lainnya adalah keluhan umum di kompleks apartemen dan kondominium. Meskipun mungkin tidak banyak yang dapat Anda lakukan terhadap tetangga anda, pembersih udara dapat menawarkan udara yang lebih segar di tempat tinggal Anda, melindungi Anda dan barang-barang Anda dari efek asap dan bau tak sedap.

g. Anda memiliki garasi yang langsung terhubung dengan ruangan rumah lainnya

Garasi yang seperti ini adalah salah satu kontributor utama  perusak kualitas udara dalam ruangan. Polusi dari mobil, mesin pembakaran bahan bakar lainnya, cat yang disimpan, pelarut, pupuk dan pestisida semua dapat meresap ke dalam ruang tamu Anda dari garasi yang terhubung dan membuat Anda dan keluarga Anda terpapar zat-zat berbahaya seperti  karsinogen.

h. Anda memiliki kantor di rumah

Banyak orang tidak menyadari bahwa komputer, printer, dan mesin faks semuanya mengandung bahan kimia tingkat rendah yang dapat dengan mudah terhirup.

3. Kondisi kesehatan Anda sangat membutuhkan ketersediaan udara bersih untuk bernafas

a. Anda menderita alergi terhadap zat kimia

Beberapa produsen pembersih udara menawarkan fitur khusus pada produk mereka seperti filter khusus untuk menetralisir polusi yang berasal dari zat kimia.

b. Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Ketika sistem kekebalan dilemahkan oleh penyakit atau perawatan medis tertentu membuat tubuh  mungkin tidak dapat membersihkan diri sendiri dari polutan beracun secara efektif. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu juga berisiko lebih besar untuk mengalami komplikasi parah akibat infeksi dan virus.

c. Anda menderita asma, atau masalah pernapasan lainnya

Karena sistem pernapasan Anda sudah terganggu, pembersih udara adalah alat yang harus dimiliki dalam program perawatan apa pun.

Pembersih udara dengan filter HEPA dapat menahan 99,97% dari semua alergen, sementara filter karbon deep-bed akan menghilangkan bahan kimia, gas, dan bau di udara yang juga dapat memperburuk atau memicu serangan.

d. Anda menderita alergi

Alergi tidak hanya diperparah oleh partikel di udara seperti debu, serbuk sari dan bulu, tetapi juga oleh bahan kimia yang berasal dari produk pembersih, lantai dan furnitur.

Hanya pembersih udara dengan berat karbon aktif dan filtrasi HEPA yang dapat menghilangkan 99,97% partikel di udara dan bahan kimia berbahaya di udara.

e. Faktor usia, sangat bagus untuk anda yang berusia di atas 60 tahun

Tubuh yang sudah muliai menua tidak bekerja seefisien sebelumnya. Memiliki aliran udara bersih yang konstan sama seperti makan makanan yang seimbang – membantu mempertahankan gaya hidup yang sehat dan aktif dan meningkatkan umur panjang

f. Anda memiliki anak-anak

Anak-anak yang sedang berkembang, tubuh mereka beda dengan orang dewasa. Metabolisme mereka belum matang dan tidak selalu dapat mengeluarkan bahan kimia seefisien orang dewasa, akibatnya, mereka lebih rentan terhadap efek polusi udara.

Banyak anak-anak juga menderita alergi dan asma yang diperburuk dan kemungkinan dipicu oleh partikel dan bahan kimia di udara.

g. Anda memiliki bayi yang baru lahir atau istri yang sedang hamil

Mencegah paparan kimia dari awal sangatlah penting. Banyak peneliti sekarang percaya bahwa penyakit adalah proses yang sedang berlangsung dalam tubuh yang mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berevolusi dari tahap paling awal.

Oleh karena itu janin atau bayi baru lahir yang terpapar racun penyebab kanker sejak dini akan memiliki peluang lebih besar untuk terserang penyakit di kemudian hari.

h. Anda merasa rumah Anda tidak bersih dari debu

Debu bukan hanya penyebab iritasi, tetapi merupakan salah satu sumber utama yang mengandung bahan kimia yang terbawa udara. Pembersih udara membantu mencegah penumpukan debu pada permukaan dan juga dapat menjebak spora jamur di udara, bakteri, virus, dan bahkan bau binatang peliharaan.

4. Beberapa kondisi sementara yang sangat menuntut Anda untuk menggunakan pembersih udara

a. Anda pindah ke rumah baru

Banyak bahan dan perabotan yang masuk ke rumah baru dan juga terdapat sejumlah kecil bahan kimia yang menyebar di udara dan akan terus bertahan  selama bertahun-tahun. Di masa lalu rumah lebih berpori dan memungkinkan ventilasi yang lebih alami. Rumah yang baru dibangun kedap udara sehingga memungkinkan lebih banyak polusi udara bertahan lama di dalam rumah.

b. Anda sedang merencanakan renovasi

Renovasi bisa kacau, dan mereka juga dapat membuat banyak polutan tersebar ke udara. Bahan-bahan seperti cat, karpet baru, lantai, penutup dinding, produk kayu, lem dan pernis semua bahan kimia yang mungkin memiliki konsekuensi buruk bagi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang serius.

c. Anda menggunakan bahan-bahan kimia untuk membuat karya seni

Dari profesional berpengalaman hingga pelukis pemula, siapa pun yang menggunakan bahan kesenian dapat membuat diri mereka terpapar dan menyebarkan racun di udara.

5. Saran dokter dan ahli

“Badan Perlindungan Lingkungan telah melaporkan bahwa udara di dalam ruangan – tempat kami menghabiskan lebih dari tiga perempat dari hari kami – seringkali lebih tercemar dibandingkan udara di luar ruangan,” kata Dr. Clifford Bassett, pendiri dan direktur medis Allergy and Asthma Care of New. York dan penulis The New Allergy Solution.

Untuk udara bersih, hilangkan sumber polusi, seperti asap rokok, pewangi udara, perapian pembakaran kayu dan bahan kimia pembersih yang keras, kata Dr. Denitza Blagev, seorang pulmonolog di Intermountain Medical Center di Salt Lake City, Utah.

Orang dengan alergi harus mengurangi paparan terhadap pemicu (gunakan alas tidur anti alergi untuk tungau debu, memakai kacamata hitam pembungkus untuk memblokir serbuk sari luar) dan berkonsultasi ke dokter untuk pengobatan mereka, kata Bassett.

Filter udara dalam ruangan atau pembersih juga bisa efektif dalam menghilangkan polutan berbahaya, kata Blagev.

Jadi, sepertinya tidak ada lagi hal yang membuat Anda ragu, segera beli alat pembersih udara, apalagi jika Anda menghadapi situasi seperti lingkungan tempat Anda tinggal tidak menyediakan udara berkualitas baik, rumah anda sulit untuk menyediakan udara berkualitas , kondisi kesehatan yang membutuhkan ketersediaan udara bersih untuk bernafas, beberapa kondisi sementara yang sangat menuntut Anda untuk menggunakan pembersih udara, dan Anda harus mendengarkan kata dokter dan ahli.