Tidak selalu untuk mengatur system pengaturan pada handphone kita mesti dilakukan dengan mengatur dari system pengaturan hape atau dari system pengaturan aplikasi yang kita gunakan.

Inilah Manfaat dan Fungsi Tombol-Tombol Pada Hape Android Selain Fungsi On OffBerikut ini adalah tiga fungsi tombol yang terdapat pada hape smartphone android kita yang bisa kita gunakan untuk membantu kita mempercepat proses pengaturan sesuai dengan yang kita mau:

  1. Mengatur volume suara dari hape

Mengatur suara bisa kita lakukan secara cepat dan praktis hanya dengan menekan tombol volume pada hape. Tidak perlu repot-repot mengatur volume melalui aplikasi multimedia yang kita gunakan tapi cukup dengan menggunakan tombol untuk memperbesar dan memperkecil volume suara.

Tidak perlu panik saat anda menerima telepon dari nomor yang tidak anda kenal dan atau telepon yang anda tidak ingin menerimanya, cukup dengan mengecilkan volume suaranya melalui atau menekan tombol pengecil suara maka semuanya pasti beres.

  1. Mengambil screenshot gambar layar yang sedang tampil pada hape.

Saya sering melihat orang mencatat pada kertas apa yang tertera pada layar hape mereka, sebenarnya dengan menggunakan tombol ON OFF power dan tombol pengecil volume kita bisa mengambil foto atau menampilkan tampilan layar yang sedang terbuka sebagai tampilan screenshot layaknya sebuah foto.

Biasanya gambar tersebut tersimpan secara otomatis pada ponsel smartphone kita.

Jika kita membutuhkannya, kita tinggal melihatnya lagi dan menyimpanya kembali, semuanya bisa dilakukan tanpa kertas dan pulpen.

  1. Restart hape yang hang tanpa harus dengan tombol mati nyala

Kalau hape hang langkah yang pasti dilakukan adalah mematikan dan menghidupkan kembali ponsel tersebut. Nah dengan cara menekan tombol perbesar volume dan tombol On Off maka tidak perlu melakukan 2 kali tindakan untuk on dan off ponsel.

Cukup dengan satu tindakan maka hape akan restart dengan sendiri, maksudnya hape kita akan mati dan kemudian hidup lagi secara otomatis. Inilah yang dimaksud dengan restart.

Cara melalukan restart hape android adalah dengan menekan tombol power, tahan dan kemudian tombol perkecil volume sambil tetap menekan tombol power.

Layar hape akan berubah jadi gelap untuk beberapa saat dan kemudian nyala kembali.

Semoga berguna.