Dibanding koneksi kabel, koneksi wireless jauh lebih menyenangkan terutama untuk urusan mobilitas, pindah tempat sana sini tidak perlu repot dengan urusan kabel, mudah dan gampang. Syarat utama untuk memiliki koneksi Wi-fi LAN dan internet via wireless adalah harus ada Wi-Fi Access Point yang memiliki koneksi internet.

Selama ini koneksi internet via modem 3G GSM dan CDMA harus melalui sebuah komputer. Tapi jangan kecewa dulu saat ini sudah ada Wi-Fi access point yang bisa dikoneksikan langsung dengan modem internet 3G GSM, CDMA dan ADSL, mirip dengan sebuah komputer. Jenis Wi-Fi ini dikenal dengan 3G Wi-Fi Router dan ADSL Wi-Fi Router.

Berikut adalah tips dan masalah yang sering dihadapi dengan Wi-Fi Router dan solusi praktis mengatasinya.

1. Pra Instalasi 
Pertama-tama yang mesti dilakukan adalah membaca manual dari wi-fi router, tidak perlu semuanya dibaca, sebagai langkah awal, cukup beberapa poin-poin penting wajib diketahui, pastikan 3 hal ini diketahui:
– Gunakan kabel data yang ada dalam kemasan dus untuk melakukan koneksi awal antara komputer dan wi-fi, jangan langsung menggunakan koneksi wireless.
– Cek berapa ip address default-nya Tujuannya adalah untuk menyamakan segment komputer kita dengan segment dari Wi-fi sehingga kita bisa membuat koneksi awal dengan menggunakan kabel data (UTP), demi kebutuhan konfigurasi.
– Cek user name dan password defaultnya Setelah terkoneksi maka langkah selanjutnya adalah mengakses setting-an dari wi-fi tersebut dengan melakukan login. Masukkan user dan password default yang ada pada manual.

2. Setting SSID 
Setelah urusan setting koneksi internet selesai, sekarang urusan WLAN (Wi-fi Local Area Network). Sebagai langkah awal, setting SSID dengan kata kunci yang mudah dikenali, hal ini untuk memastikan bahwa signal Wi-Fi router bisa ditangkap oleh wi-fi client. Jika wi-fi client tidak menerima signal wi-fi dengan dengan SSID yang baru, maka kemungkinan ada beberapa penyebab terjadinya hal tersebut.
Pertama, signal wi-fi router tidak sampai ke wi-fi client.
Kedua, wi-fi router tidak mem-broadcast SSID miliknya, pastikan fitur Broadcast SSID sudah diaktifkan.

Jika masih belum kelihatan lakukan langkah lainnya dari sisi klien dengan menambahkan secara manual wi-fi access point agar bisa terkoneksi. Selama kondisi testing tersebut pastikan semua fitur keamanannya dinon-aktifkan dulu.

3. Kualitas Signal tidak sama di beberapa lokasi 
Setelah wi-fi client seperti laptop dan smartphone terkoneksi dengan wi-fi router lewat wireless, problem berikutnya adalah mengapa kualitas signal tidak tentu ( tergantung lokasi); di ruang tamu signalnya bagus, di halaman depan lumayan bagus, di kamar tidur signalnya turun satu baris, di dapur signalnya parah, jelek. Kualitas sinyal sangat bergantung pada jarak antara wi-fi access point (Wi-fi router) dengan Wi-Fi Client, makin dekat jaraknya makin bagus tangkapan sinyalnya.

Selain jarak faktor penghalang atau Line of Sight antara Access point dan klien juga menjadi penyebab turunnya kualitas signal wi-fi , kondisi idealnya adalah antara klien dan AP tidak boleh ada halangan, jika ada halangan maka jenis bahan material penghalang juga turut menentukan kualitas sinyal. Bahan material dari tembok beton membuat daya pancar signal menjadi sangat berkurang dibanding dengan bahan yang terbuat dari material kayu.

Bahan dari logam adalah musuh utama wireless karena bahan jenis ini membuat kualitas signal turun sangat drastis dibandingkan dengan beton dan kayu. Pesawat telpon rumah yang tidak menggunakan kabel bisa menyebabkan interferensi yang bisa menurunkan kualitas koneksi WLAN. Solusi praktis adalah mengatur posisi letak Wi-Fi Router anda agar berada di lokasi yang strategis dan terlihat dari berbagai sisi, meskipun terhalang, material penghalang cukup terbuat dari bahan kayu.

4. Ini dia satu lagi; Lupa password 
Setelah sekian waktu berjalan tiba-tiba wireless mengalami masalah, dan butuh akses ke konfigurasi wireless. User name : admin; Password: apa ya pass-nya? Karena lama tidak pernah akses dengan admin kemungkinan password-nya pasti lupa. Solusi praktisnya tapi tidak efisien adalah reset default, hasil reset kembali seperti waktu pertama kali beli. Tapi tidak perlu kuatir selama lembaran user manualnya masih ada. Simpan user manual dengan baik, lebih bagus lagi scan lembaran user manual tersebut, mantapkan?
cat: Kalau tidak mau reset default, catat dan simpan catatan itu ditempat yang aman.

5. Wi-Fi Router Tiba-tiba hang 
Faktor utama penyebab hangnya perangkat wi-fi adalah kepanasan, panas pada wi-fi dikarenakan karena terus menerus bekerja tanpa henti. Dulu sewaktu masih memasang wi-fi untuk outdoor, box panel yang berisi perangkat indoor unit dari wi-fi selalu dikasih fan atau kipas angin kecil sebanyak minimal 2 buah, satu untuk menyedot udara dari luar dan satu lagi untuk membuang udara di dalam box panel keluar. Jika memungkinkan lengkapi Wi-fi AP anda dengan kipas angin kecil agar tidak kepanasan dan jangan lupa, rajin-rajinlah membersihkannya.

6. Internetan Lambat, apakah Wi-fi-nya error ? reset lagi, reset lagi 
Penyebab utama internet lambat adalah koneksi dari Internet service provider-nya memang lambat. Biasanya kita wireless atau wi-fi AP yang jadi kambing hitamnya sehingga yang dilakukan oleh pengguna-nya adalah mereset Wi-Fi router, sekali dua kali boleh tapi kalau sering-sering dijamin wi-fi anda pasti umurnya pendek. Solusi praktis adalah jangan mereset Wi-fi tapi pastikan bahwa modem internetnya mendapatkan koneksi internet secara maksimum atau memang lagi lambat.

Perawatan terhadap wi-fi selama pemakaian adalah penting untuk menjaga performa dari wi-fi, jika tidak terpakai matikan saja, lumayan hemat listrik.