Tidak sulit memahami prinsip dasar networking TI. Sederhana, cukup dengan memahami bagaimana dua komputer berkomunikasi secara direct conected via cable cross, dijamin kita paham inti dari networking.

Berikut sedikit penjelasan singkat sekiranya bisa membantu pembaca, terutama yang baru belajar tentang networking atau pun yang baru memulai karier sebagai seorang IT support.

Ada sebuah proses awal yang dilakukan oleh masing-masing komputer sebelum keduanya mencapai kesepakatan untuk membuat koneksi dan kemudian saling berkomunikasi.

Sebut saja dua komputer, masing-masing A dan B; Jika komputer A ingin terhubung dengan komputer B sehingga keduanya bisa berbagi informasi, maka langkah apa saja yang mesti dilakukan oleh komputer A?

Pertama-tama, komputer A harus mengetahui alamat hardware atau mac address dari komputer B; proses pencarian ini dilakukan melalului proses yang tidak kelihatan oleh pengguna komputer. Proses ini dilakukan dengan menggunakan protocol yang dikenal dengan nama Address Resolution Protocol alias ARP; protocol ARP bertugas untuk mencari tahu alamat mac address komputer tujuan berdasarkan IP address dari komputer yang akan dituju tersebut.

Secara singkat apa yang dilakukan oleh ARP kurang lebih seperti ini; Komputer A melalui protocol ARP, mengirimkan pesan SMS kepada semua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan lokal ( LAN ) yang sama.

Isi pesan sama semuanya dan tujuannya adalah semua komputer dalam jaringan kecuali dirinya sendiri, hal ini dikenal sebagai broadcast, artinya jika dalam jaringan LAN ada 100 komputer, maka pesan yang diterima oleh 100 buah komputer tersebut pasti sama isinya. Isi pesannya adalah “Halo semua, ada yang tahu mac address dari IP address …… (dalam hal ini komputer B atau komputer tujuan )”.

Komputer tujuan, setelah menerima pesan tersebut langsung membalasnya dengan pesan yang hanya ditujukan kepada si pengirim pesan broadcast, dalam hal ini komputer A. Jadi balasan dari komputer B hanya ditujukan kepada komputer A. Isinya berisikan pesan bahwa ip address yang dimaksud memiliki mac address sekian.

Setelah komputer A mengetahui mac address dan IP address dari komputer B, maka selanjutnya keduanya lalu membentuk koneksi.

 Kira-kira demikian, intinya adalah sebuah komputer yang akan berkomunikasi dengan komputer lain harus mengetahui alamat hardware( Mac address) dan IP address milik komputer tujuan.

Pelajari istilah-istilah ini:

Protocol : Dalam IT Networking , Protocol merupakan rincian dari aturan-aturan yang dibuat untuk mengatur bagian-bagian tertentu dari komunikasi. Protocol juga dimaksudkan bagi software menjalankan fungsi sama seperti fungsi protocol.

MAC Address : Mac address adalah bagian dari Data Link layer yang berisi alamat hardware dari setiap perangkat networking yang digunakan untuk keperluan komunikasi antar perangkat dalam satu segmen LAN. MAC address adalah alamat yang sifatnya permanen, tidak bisa diganti-ganti, panjangnya adalah enam karakter ( 48 Bit ). Alamat Mac address biasanya tertera pada label dari LAN interface pada tiap-tiap perangkat network .

LAN atau Local Area Connection : adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer dan perangkat terkait dalam suatu area geografis yang terbatas (sampai beberapa kilometer).

Broadcast : Bisa dijelaskan seperti ini; Sebuah frame data atau paket yang ditransmisikan ke setiap node atau titik yang terhubung dengan perangkat networking dalam satu segmen jaringan lokal (LAN).