Bersyukurlah, jika anda belum merasakan efek mengerikan dari padamnya listrik PLN secara tiba-tiba. Tidak peduli daya listrik dibackup UPS atau tidak, dampaknya sangat menakutkan, membuat sok, tekanan mental sampai kerugian materi yang besar.

Obat yang paling ampuh untuk penyakit ini adalah menyiapkan listrik cadangan yang selalu menyala sepanjang waktu bersama listrik PLN, tapi tunggu dulu !!.

Bukannya itu sama saja dengan membuat pembangkit listrik sendiri. Yaaa….malah tambah rumit. Terus gimana dong?
Berikut adalah bencana yang diakibatkan oleh padamnya listrik serta sedikit tips yang kiranya bisa membantu.

1. Saat itu jam 12:20 siang, tidak ada satupun orang dalam ruang kantor, jam makan, tiba-tiba ruangan jadi gelap. Pukul 13:05 semua karyawan kembali ke ruangan, kondisi ruangan sudah kembali normal, terang benderang. Tapi kepanikan dan hysteria muncul ketika pemilik komputer mulai mengambil posisi di depan komputer. Dokumen belum di save, komputer tidak bisa menyala sama sekali, tidak bisa login domain, data di profile hilang semua, ada aplikasi yang mesti install dan konfigur ulang. Ini situasi yang sangat dibenci seorang IT Support.

Tips: Saat istirahat siang, sebaiknya semua dokumen ter-save, aplikasi-aplikasi berat di close atau lakukan log off bila perlu, jangan hanya mengunci layar desktop (tombol windows + tombol L ). 

2. Mati lampu di malam hari. Server biasanya dibackup UPS, tapi jika pada malam hari terjadi mati lampu dengan durasi yang lama, melebihi waktu backup-nya UPS, maka besoknya ada beberapa kemungkinan, kantor bisa langsung beroperasi, operasional baru dimulai setelah makan siang, atau hari berikutnya baru bisa jalan normal. Ini yang paling sulit, mau tidak mau jika terjadi mati lampu di tengah malam, IT support harus kembali ke kantor dan mematikan server sesuai dengan prosedur yang benar.
Hmmm betapa mulianya tugas seorang IT support. 
Yang penting pahalanya, bos. Bonus nomor dua. 

3. Genset tidak siap. Saat mati lampu dan Generator mengambil alih produksi listrik, seharusnya itu menjadi berita gembira. Beberapa kejadian malah terbalik. Kondisi genset yang kurang terawat dan jarang dipakai bisa membawa musibah. Kondisi tegangan keluaran Genset yang tidak pernah dicek bisa menimbulkan kerusakan terhadap peralatan listrik.

Pernah terjadi di salah satu kantor cabang, semua adaptor dari komputer jenis thin client dan perangkat komunikasi serta perangkat lain rusak terbakar, tidak bisa dipakai lagi. Kantor cabang pun terpaksa ditutup untuk sementara waktu.

Tips; Lakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi genset. Gunakan Stablizer tegangan.

Untuk kondisi ini ada pantunnya: “ Sudah jatuh tertimpa tangga, sudah rusak alat-alatnya, tutup pula kantornya”

Untung urusan genset bukan tugasnya IT support, kalau iya, ganti profesi sajalah.