Ada tiga model atau jenis jaringan komputer berdasarkan jarak koneksi komputer-komputer di dalamnya. Ketiganya adalah Local Area Network disingkat LAN, Wide Area Network disingkat WAN dan Metropolitan Area Network yang disingkat dengan MAN.

LAN
Sebuah jaringan LAN adalah jaringan yang terbatas pada wilayah geografis yang kecil atau sempit, seperti sebuah gedung atau atau area kampus dan perkantoran. Ukuran besar kecilnya LAN sangat beragam, mulai dari hanya yang menghubungkan beberapa komputer saja sampai yang terdiri atas ratusan komputer dan digunakan oleh banyak orang. Perkembangan LAN terus meningkat seiring dengan makin berkembangnya teknologi dan protocol jaringan serta makin murahnya peralatan pendukung sehingga meningkatkan pemakaiaan pada berbagai sektor dan bidang mulai dari sektor bisnis sampai kepada sektor kesehatan dan juga dunia pendidikan.

Karakteristik dari LAN adalah:
1.    Media komunikasi yang dipakai murah dan mudah didapat
2.    Banyak komputer bisa menggunakan media komunikasi itu secara bersama-sama
3.    Ketersedian dan jaminan Bandwidth yang tinggi
4.    Delay yang rendah
5.    Error yang tidak banyak
6.    Kemampuan broadcast dan multicast
7.    Daerah geografis yang diliputi tidak begitu luas, maksimun 1 sampai 2 Km
8.    Jumlah workstation yang terbatas
Keuntungan LAN adalah
1.    Tingkat kehandalan yang tinggi (komputer tidak bergantung pada satu sama lain)
2.    Berkecepatan tinggi
3.    Memungkinkan pemakain perangkat tambahan seperti printer dapat dilakukan secara bersama-sama.
Kelemahan utamanya adalah jika terjadi permasalah pada media komunikasi maka dapat menyebabkan  terhentinya proses komunikasi pada seluruh jaringan.

WAN
Sebuah jaringan WAN dipakai untuk menghubungkan berbagai jaringan LAN yang terpisah secara geografis. Hal ini dimungkinkan dengan memanfaatkan layanan seperti saluran telepon khusus, saluran telepon dial-up (baik sinkron dan asinkron), satelit link, Fiber optic, VPN dan berbagai jenis layanan komunikasi data jarak jauh lainnya.
Kompleksitas sebuah WAN tergantung pada jumlah komputer yang terhubung ke jaringan. Mulai dari yang sederhana seperti pada jaringan dial-up sampai yang rumit yang membutuhkan algoritma routing protocol yang kompleks.
Pada koneksi jaringan WAN penggunanya tidak perlu memikirkan atau membuat jaringan secara fisik, semua sudah disediakan oleh penyedia jasa layanan WAN.
Teknologi WAN yang menghubungkan LAN yang letaknya berjauhan mulai dari koneksi antar kota dalam satu pulau, antar Negara sampai antar benua, hal ini menyebabkan delay waktu yang tinggi dan mahalnya harga atau ongkos sewa layanan tersebut.

Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah jaringan MAN merupakan sekelompok jaringan yang secara bersama-sama digunakan untuk  menyediakan akses dan layanan pada daerah yang lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN, biasanya lokasi yang tersambung menggunakan MAN berada dalam satu kota.
Jaringan MAN sifatnya tunggal, unik, eksklusif, karena dimiliki dan dikelola oleh operator jaringan tunggal atau ISP. 
Dalam segi jarak, MAN mencakup daerah hingga 150 kilometer. Dari segi fungsi, penggunaan MAN adalah untuk menawarkan akses broadband yang terlindung dan aman kepada para pengguna atau pelanggannya.

Karakteristik khas MAN adalah:
• Berbagi koneksi dan sumber-sumber pendukung dengan jaringan lain.
• layanan kecepatan tinggi, kurang lebih 100 Mbps.
• Wilayah cakupan hingga 150 km
• Hampir sebagain besar jaringan MAN menggunakan jaringan kabel.

Contoh dari MAN adalah jaringan Ethernet yang menggunakan kabel coaxial yang dipadu dengan kabel fiber optic.