Banyak perubahan yang terjadi pada system pengalamatan dalam dunia komputer di mana generasi terbaru IP address yaitu IP v6 hadir dengan berbagai keunikan dan fitur-fitur yang sangat jauh berbeda dengan generasi terdahulunya, IP v4. Pada posting ini tidak dibahas tentang perbedaan antara IP versi 4 dan IP versi6 namun lebih terfokus pada jenis-jenis dari IP versi6.

Secara umum jenis-jenis IP v6 masih mengacu kepada IP v4 terutama yang terkait dengan urusan public dan private atau lokal dan internet. Berikut ini adalah jenis-jenis IP versi 6.

1.    Unicast
Unicast adalah adalah alamat yang dipakai untuk mengirimkan paket dari satu alamat ke satu alamat. IP versi 6 pun mengenal system unicast seperti yang ada pada IP v4.

2.    Global unicast addresses
Jenis alamat IP v6 ini adalah sama seperti IP public pada IP v4. Global Unicast Address adalah alamat IP yang dipakai untuk komunikasi antar komputer-komputer yang terhubung secara langsung ke internet atau secara publik atau global.

3.    Link-local addresses
Link-local address adalah jensi ip address versi 6 yang dipakai hanya pada jaringan yang sifatnya lokal dan tidak langsung terkoneksi ke public internet. Jenis IP V6 ini sama dengan IP private pada IP v4. Jenis IP ini sama sekali tidak bisa terkoneksi ke internet secara langsung.

4.    Unique local addresses
Unique local address adalah alamat IP yang tidak dipakai untuk kebutuhan routing koneksi internet, namun peran IP address diperlukan untuk kebutuhan koneksi antar LAN atau antar private network. Biasanya untuk komunikasi antara LAN dibutuhkan router untuk melakukan proses routing agar LAN bisa saling terkoneksi secara logika atau secara data, bukan secara fisik.
Nah… IP v6 jenis Unique local address perannya adalah untuk kebutuhan routing antar LAN, pada IP v4 pada proses routing biasanya digunakan network address, kira-kira mungkin peran dari Unique local address adalah sama dengan Network address pada IPv4.

5.    Multicast
Sama seperti pada IPv4 multicast address adalah alamat IP yang dipakai untuk mengirimkan paket data dari satu ke beberapa alamat sekaligus.

6.    Anycast
Seperti multicast address, Anycast address mengidentifikasi atau penanda alamat pada beberapa interface dari beberapa perangkat.
Namun berbeda dengan multicast address, anycast address tidak mengirimkan kepada beberapa tujuan tapi hanya mengirimkan paket kepada satu perangkat saja, itu pun perangkat yang paling dekat saja.
Jauh dekatnya dilihat dari sudut pandang routing.
Keunikan dari anycast address adalah satu alamat anycast bisa dipakai pada beberapa interface.

Semoga berguna
Sumber gambar: Yogesh Mhatre