Koneksi jaringan pada perangkat smartphone dan tablet terfokus koneksi tanpa kabel, meski beberapa koneksi masih tetap menggunakan kabel tapi penggunaannya terbatas pada koneksi langsung ke perangkat komputer.  Memahami jenis koneksi pada perangkat gadget yang kita miliki akan semakin meningkatkan kemampuan kita dalam memanfaatkan teknologi yang ditawarkan oleh perangkat tersebut sehingga memudahkan kita dalam memaksimalkan kemampuan perangkat smartphone atau tablet yang kita miliki.
Kemampuan sebuah perangkat untuk terkoneksi ke jaringan data baik dalam skala kecil maupun global merupakan harga mati, smartphone atau tablet tanpa koneksi internet sama saja dengan sebuah handphone generasi pertama  yang di jaman sekarang biar dijual murah pun jarang ada yang berminat.  

Koneksi jaringan data pada perangkat smartphone atau tablet secara umum terbagi atas dua yaitu melalui kabel dan tanpa kabel.

Koneksi data dengan kabel biasanya menggunakan konektor USB atau mini USB, kelemahan koneksi data ini pada smartphone adalah sangat terbatas pada koneksi antara smartphone dan tablet dengan komputer PC atau laptop. Kelebihan koneksi kabel adalah kecepatan transfer datanya yang tinggi dan stabil di samping itu bisa berfungsi sebagai battery charger.

Koneksi kabel lainnya yang biasa ditemui adalah koneksi menggunakan kabel HDMI, biasanya hanya ada pada tablet. Koneksi ini bertujuan untuk menghubungkan tablet dengan TV sehingga gambar yang ada pada layar tablet terlihat juga pada layar TV, gambar yang ditampilkan pada layar TV menyesuaikan dengan ukuran dari layar TV dan resolusi gambar atau video yang ditampilkan. Banyak keuntungan yang bisa diambil, misalnya untuk menonton film kualitas HD dengan layar yang besar kita bisa lakukan menyambungkan tablet ke TV dengan kabel HDMI, lebih mudah dan tidak perlu menyalakan komputer atau player khusus.

Untuk koneksi jaringan tanpa kabel terdiri atas beberapa jenis antara lain seperti berikut ini:

1.       Koneksi jaringan GSM; 2G, 2.5G, 3G ,3.5 G dan 4G

•    Koneksi 2G dan 2.5G ( GPRS dan EDGE )
Koneksi jaringan generasi kedua sudah jarang digunakan, biasanya dipakai hanya sebagai cadangan jika jaringan utama terputus atau tidak terkover oleh jaringan 3G. Anda bisa memilih untuk tetap menggunakan koneksi ini untuk terkoneksi ke internet melalui provider langganan anda. Kelemahan koneksi 2G adalah kapasitas bandwidith yang kecil( meski berlangganan paket internet jenis premium ), namun jangkauan atau wilayah cakupannya sangat luas.

•    Koneksi via 3G dan 3.5 G ( HSDPA, UMTS )
Koneksi jaringan 3G merupakan koneksi jaringan data yang popular dan paling banyak digunakan, dengan bandwidth yang besar dan biaya langganan yang semakin murah maka koneksi 3G adalah pilihan utama dalam melakukan koneksi ke internet.

•    Koneksi 4G

Konekesi jaringan 4G merupakan teknologi terbaru koneksi data. Koneksi 4G memiliki kelebihan pada bandwidth yang besar, namun saat ini area cakupannya masih terbatas dan biayanya masih cukup mahal dibanding jaringan 3G.

2.    Koneksi wireless atau wifi
Koneksi wifi menggunakan sinyal radio frekuensi, frekuensi yang dipakai adalah 2.4GHz dan 5GHz. Secara teknis koneksi dengan menggunakan wifi memiliki kecepatan yang sangat tinggi namun daya jangkaunya sangat terbatas. Dengan koneksi wifi kita tidak hanya sekedar terkoneksi ke internet tapi juga bisa terkoneksi secara privat pada jaringan lokal dengan perangkat dan jenis gadget lain yang memiliki koneksi wifi, seperti Televisi (TV), printer, scanner , kamera digital, PC, laptop dan sebagainya.

3.    Koneksi bluetooth

Koneksi Bluetooth pemakainnya terbatas karena daya jangkaunya yang terbatas, hanya sekitar 3 meter. Meski demikian koneksi Bluetooth masih cukup handal untuk dipakai mengirim atau berbagi file dengan sesame perangkat dalam jarak yang dekat, konek ke perangkat yang tersedia koneksi Bluetoothnya, seperti printer dan sebagainya.

Demikian jenis-jenis koneksi yang bisa anda pakai pada smartphone dan tablet anda, pastikan pada perangkat lainnya yang ingin anda koneksikan dengan gadget anda, sudah tersedia jenis koneksi yang sama dengan salah satu jenis koneksi yang ada pada smartphone dan tablet anda.

Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/raparker/8230438428/