Jika komputer anda masih menggunakan kabel untuk terkoneksi ke jaringan data maka sebaiknya anda segera beralih kepada koneksi  tanpa menggunakan kabel atau secara wireless.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang pilihan koneksi wireless jenis apa saja yang cocok dan tepat untuk menggantikan koneksi kabel pada komputer anda.

Beberapa jenis koneksi wireless yang bisa anda pasang pada komputer anda adalah sebagai berikut: Pertama) Koneksi selular 3G dan 4G, Kedua) Koneksi Wifi atau Wireless Fidelity, Ketiga adalah koneksi dengan Bluetooth. 

1.    Koneksi Selular  3G dan 4G

Jaringan seluler biasanya dipakai untuk komunikasi suara atau voice namun beberapa tahun terakhir digunakan untuk komunikasi data juga.

Koneksi melalui jaringan selular 3G /4G merupakan koneksi tanpa kabel yang banyak dipakai untuk koneksi ke internet.

Koneksi melalui jaringan seluler juga bisa dipakai untuk koneksi ke jaringan LAN malalui jalur VPN akan tetapi metode ini lebih diminati oleh perusahaan-perusahaan dan juga pelanggan pribadi yang berkantong tebal.

Agar komputer kita bisa terhubung melalui koneksi seluler maka yang dibutuhkan adalah modem dan paket langganan internet ke ISP atau provider.

Modem yang dipakai adalah modem 3G dan juga modem 4G. Modem-modem seluler saat ini sudah menggunakan konektor USB yang mudah untuk dipasang dan dinstal pada komputer. 

2.    Koneksi wireless dengan WiFi atau Wireless Fidelity

Wifi adalah koneksi data tanpa kabel dengan menggunakan sinyal radio frequency 2.4 GHz dan 5 GHz.

Pemakaian koneksi Wifi ini pada awalnya dipakai untuk koneksi data saja namun seiring dengan makin meningkatnya kualitas bandwidth yang ditawarkan maka penggunaannya dipakai juga untuk koneksi suara via IP dan juga untuk koneksi video streaming.

Agar komputer bisa tersambung ke jaringan dengan menggunakan Wifi maka pada komputer tersebut harus terpasang wifi adapter.

Wifi adapter terdiri atas beberapa jenis konektor antara lain PCI, PCIe dan USB. Wifi adapter dengan konektor USB adalah WiFi adapter yang paling banyak dipakai karena mudah dipasang atau diinstal.

Beberapa perangkat komputer seperti smartphone, laptop dan tablet sudah terdapat wifi adapter yang terintegrasi di dalamnya.
Koneksi wifi lebih banyak dipakai untuk komunikasi antar komputer pada jaringan LAN. Agar komputer-komputer yang terkoneksi dengan Wifi dapat terhubung ke internet maka dibutuhkan sambungan ke Internet provider. 

3.    Koneksi Wireless dengan Bluetooth

Jaringan Bluetooth lebih banyak dipakai untuk menghubungkan perangkat tambahan pada gadget yang terpisah dari hardware utama.

Seperti speaker dan smartphone. Bluetooth juga bisa dipakai untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer secara wireless agar bisa saling berkomunikasi atau bertukar informasi data.

Agar komputer kita bisa terhubung ke jaringan dengan menggunakan Bluetooth maka harus terdapat atau terpasang Bluetooth adapter.

Pemakaian Bluetooth untuk komunikasi data jarang digunakan karena jangkauannya yang relative dekat tidak lebih dari 3 meter saja.

Dengan mengetahui berbagai macam jenis koneksi wireless yang ada maka kita bisa menentukan mana yang pas untuk digunakan.

Koneksi jaringan seluler cocok untuk kita gunakan pada komputer kita untuk koneksi langsung ke internet secara wireless, koneksi Wifi  cocok untuk koneksi antara komputer pada jaringan LAN, sedangkan koneksi Bluetooth tidak begitu bagus untuk koneksi data.

Sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/redux/1174965267/