Koneksi tanpa kabel pada jaringan komputer tidak lagi terbatas hanya pada komputer dengan komputer saja tapi sudah mulai merambah pada koneksi antara komputer dengan perangkat lain seperti printer, kamera serta perangkat lainnya yang biasanya tidak dimungkinkan untuk melakukan koneksi langsung secara wireless.

Pada koneksi antara komputer dengan perangkat lainnya seperti printer,  biasanya terjadi secara tidak langsung harus melalui kabel baru kemudian ke Access point, namu tidak lagi saat ini koneksi printer yang dengan wifi adapter bisa langsung ke access point atau point to point dengan komputer  tanpa sama sekali melibatkan koneksi kabel. Beginilah kondisi networking saat ini, koneksi wireless pada perangkat seperti printer  dimungkinkan karena tersedianya wifi adapter yang memberikan dukungan koneksi wireless secara internal pada perangkat tersebut.

Berikut ini adalah jenis-jenis perangkat apa saja yang biasa dipakai sehari-hari yang bisa terkoneksi dengan komputer secara lansung atau melalui jaringan wireless LAN, tentunya menggunakan teknologi wireless.

1.    Printer
Printer adalah perangkat yang paling banyak dipakai dalam lingkungan kantor di samping komputer, 1 buah printer biasanya dipakai secara bersama-sama. Perangkat printer  saat ini sudah dilengkapi dengan network operating sistem yang memungkinkan untuk bisa terkoneksi ke jaringan komputer. Meskipun Network OS yang terpasang pada printer cukup sederhana namun hal tersebut sudah menjadikan printer-printer yang  dilengkapi dengan Wifi NIC atau Wireless adapter untuk bisa terkoneksi ke LAN dengan menggunakan koneksi wireless.

Menyambungkan  printer yang sudah dilengkapi dengan wifi koneksi  ke jaringan LAN menjadikan akses dari klien ke printer tidak lagi dibatasi oleh masalah kabel, dari manapun dan dengan perangkat selain komputer pun kita bisa mencetak dokumen dengan mudah.

2.    Kamera Pengawas
Kamera pengawas yang berbasiskan IP address biasanya hanya menggunakan media kabel untuk terkoneksi ke jaringan komputer, namun seiring perkembangan teknologi, beberapa produsen kamera pengawas sudah melengkapinya dengan wifi NIC yang memungkinkan kemera tersebut bisa terkoneksi ke LAN secara wireless.

Saat ini kamera pengawas berbasis IP sudah mendukung koneksi wifi dengan standard IEEE 802.11 b/g/n dengan data rate 150 Mbps. Bayangkan dengan koneksi wifi maka untuk instalasinya anda tidak perlu repot-repot menarik dan merapikan kabel . Monitoring atau melihat tampilan dari lensa kamera pun tidak hanya via komputer saja, anda bisa mengecek video kamera tersebut melalui smartphone atau tablet. Inilah indahnya dunia wireless.

3.     Perangkat IP Phone
Perangkat IP Phone pun tidak mau ketinggalan, jika selama ini perangkat IP Phone dikenal sangat statis yaitu hanya terpaku pada panjang kabel yang terpasang, kini perangkat telepon berbasis IP bisa bergerak kemana mana tanpa takut kehilangan koneksi.
Ya, semuanya berkat wifi adapter yang terpasang sehingga membuat perangkat IP phone bisa tersambung pada LAN melalui koneksi wifi dengan jangkauan yang cukup jauh, salah satu vendor IP Phone wireless mengklaim bahwa jangkauan koneksi wifi  bisa mencapai 400 meter jika tidak ada penghalang.

4.    Proyektor Infocus
Perangkat proyektor yang dipakai untuk presentasi pun sudah ada yang dilengkapi dengan wifi adapter, artinya dengan koneksi secara wireless ke jaringan LAN atau point to point dengan komputer maka laptop atau  komputer yang hendak terkoneksi dengan proyektor tidak perlu dipusingkan lagi dengan keterbatasan dan kakunya kabel. Posisi presenter tidak lagi terpaku pada satu posisi saja.

Dan jika memungkinkan maka presentasipun bisa dilakukan dari atau dengan menggunakan smartphone atau tablet, tergantung pada aplikasi yang dipakai pada smartphone dan tablet.

Sebagai kesimpulan adalah koneksi wifi pada perangkat seperti printer, IP phone, kamera dan proyektor sungguh sangat memudahkan, tidak hanya bagi pengguna atau user tapi juga bagi administrator jaringan. Koneksi wifi menawarkan fleksibilitas yang tinggi bagi user sedangkan bagi admin,  koneksi wifi pada perangkat-perangkat di atas memberikan kemudahan saat instalasi dan juga troubleshooting. 

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/erwinboogert/4910241735/