Kalau anda bingung memilih jurasan IT apa yang paling besar peluang suksesnya atau paling prospek ke depannya, maka baca artikel ini sampai selesai.

Jawaban dari judul ini yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah berdasarkan pengalaman yang saya lihat dan terjadi di lingkungan tempat kerja, bukan berdasarkan kata-kata para peneliti.

Begini, menurut saya, cabang IT yang bakal cepat naik karirnya adalah bidang IT yang terkait dengan urusan programing.

Saya, melakukan pengamatan selama lebih dari 10 tahun di tempat kerja saya, rata-rata yang karirnya cepat naik, mencapai manajer, biasanya yang berkerja di bagian aplikasi.

Kalau di bagian Networking, seorang teman pernah curhat ke saya bahwa ia sudah bekerja selama 13 tahun tapi jabatannya baru mencapai supervisor.

Dan, dia sendiri mengatakan bahwa ada karyawan di bagian aplikasi yang baru 5 tahun bekerja sudah langsung mencapai level manajer.

Ia sendiri mengatakan beberapa teman seangkatannya harus pindah ke bagian lain, bagian security system demi mengejar posisi jabatan yang lebih baik.

Bagian IT infrastruktur yang mengurusi urusan server dan infratruktur IT lainnya, pun nasibnya sama seperti bagian IT Networking, prospeknya sedikit kurang baik ke depan.

Begini penjelasannya

Bagian Networking dan IT infrastruktur cukup lambat perkembangannya teknologinya, jadinya dianggap memiliki tantangan yang tidak terlalu besar, tidak banyak inovasi sehingga kebutuhan SDMnya tidak lah terlalu besar.

Sedangkan bagian aplikasi, jurusan IT ini tingkat perkembangannya sangat cepat, butuh inovasi baru dengan tingkat perubahan yang sangat cepat sesuai tuntutan jaman, hal ini membutuhkan sumber daya SDM yang banyak dan kreatif serta berani menerima tantangan perubahan yang cepat.

Inilah sebabnya kenapa bagian aplikasi sangat membutuhkan karyawan baru untuk mengisi pos-pos hasil dari pemekaran sub bagian yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pos atau bagian baru hasil pemekeran tersebut tentu butuh manajer-manajer baru, itulah sebabnya banyak manager-manager baru bermunculan di bagian aplikasi.

Jadi, ketika anda kuliah IT, tidak peduli jurasan apa yang anda ambil, yang terpenting ketika bekerja, saran saya carilah yang bagian programing atau aplikasi.

Semoga berguna