Alat seperti ini sudah lama diidam-idamkan, sejak masih kuliah dulu. Sebuah solusi cerdas dengan memanfaatkan fasilitas dan sumber daya listrik yang ada menjadi sebuah media yang dapat dipakai sebagai sebuah media komunikasi data digital. Dengan alat ini kabel tembaga beraliran listrik yang ada di rumah-rumah dapat dijadikan sebagai kabel data untuk kebutuhan komputer networking, dengan kata lain alat ini membuat kabel listrik tidak hanya menghantarkan arus listrik tapi juga dapat berfungsi seperti kabel data.

TP-LINK TL-PA551KIT AV 500 adalah perangkat buatan TP-Link yang dapat menggubah kabel beraliran listrik menjadi kabel data biasa dipakai dalam jaringan komputer.
Dalam spek dari TP-LINK TL-PA551KIT AV 500 disebutkan bahwa alat ini dapat menghantarkan atau mengirimkan data digital komputer dengan maksimum jarak sejauh 300 meter. Instalasinya mudah, tinggal colok ke stop kontak listrik, sambungkan ke perangkat komputer anda dengan menggunakan kabel data       ( kabel Ethernet ) berkonektor RJ45, tekan tombol enkripsinya dan selesai tinggal menikmatinya.

Tidak perlu instalasi kabel data, jika pada titik tertentu dalam rumah sinyal wi-fi lemah karena terhalang tembok maka TP-LINK TL-PA551KIT AV 500 bisa jadi alternatif solusi yang sangat tepat. Hanya membutuhkan 6 Watt power listrik, sangat kecil dan hemat listrik. Dilengkapi juga dengan enkripsi untuk mengamankan data yang lewat.

Mungkin belum masuk pasar Indonesia kalau pun sudah masuk sebagai gambaran TP-LINK TL-PA551KIT AV 500 dijual seharga 105 US dollar di situs Amazon.com. Kehadiran alat semacam TP-LINK TL-PA551KIT AV 500 memang cukup fenomenal terutama untuk penggunaan di rumah dan kantor kecil, tidak perlu kabel tarik kabel tidak perlu wi-fi, tidak perlu install driver cukup pencet tombol, sangat praktis dan efisien.

Semoga berguna.

Sumber tp-link.com