Ketika bicara kecepatan yang terngiang pastilah kilometer per jam, itu adalah satuan kecepatan yang paling umum dipakai. Dalam dunia jaringan komputer, kecepatan adalah segalanya, perameter yang paling utama adalah kecepatan. Ketika orang berbicara tentang koneksi wi-fi, yang ditanyakan adalah berapa kecepatan atau speed.

Ketika ada promo paket internet murah, pertanyaan yang langsung muncul bukanlah berapa harganya tetapi berapa kecepatannya. Kecepatan adalah tolak ukur utama dalam jaringan komputer.

Kecepatan atau speed adalah kecepatan yang didapat saat proses transfer data dilakukan atau kecepatan yang sebenarnya.

Kecepatan akses atau transfer data dihitung dengan cara membagi  jumlah paket data yang diakses atau ditransfer dengan lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke tujuan. Satuan jumlah data dihitung dalam bit dan byte. Hubungan antara bit dan byte adalah bit yang jumlahnya delapan dinyatakan sebagai byte.

1 Byte  sama dengan 8 bit.

Secara teknis networking, bit biasa disingkat dengan huruf b kecil sedangkan Byte ditulis dengan huruf B besar. Untuk waktu tempuh dari paket data biasanya dihitung dengan menggunakan satuan detik atau second yang disingkat dengan huruf s kecil.

Dalam praktek keseharian, kecepatan atau speed dianggap sama dengan bandwidth akan tetapi keduanya berbeda.
Bandwidth adalah istilah yang menyatakan kemampuan dari sebuah media jaringan dalam mengirimkan paket data.

Bandwidth sebuah media tidak memberikan jaminan bahwa kecepatan transfer data sama dengan kapasitas media tersebut. Satuan dari bandwidth sama dengan kecepatan yaitu jumlah paket data dibagi dengan waktu.

Besarnya paket data biasanya ditambahkan dengan penguatan seperti Kilo, Mega dan Giga.

Kilobit adalah seribu bit, sedangkan megabit adalah seribu kilobit atau satu juta bit sedangkan satu gigabit adalah seribu megabit atau satu juta kilo bit atau satu miliar bit.

Begitu juga berlaku pada byte. 1Gbit = 1000Mbit=1000000Kbit=1000000000 bit.

Sering kali terjadi kesalahpahaman, saat satuan yang dipakai oleh aplikasi download dan browser menggunakan satuan Byte per second atau B/s sedangkan paket langganan yang ditawarkan oleh ISP adalah bit per second.

Pengguna sering merasa tertipu dengan layanan dari ISP.

Namun setelah dianalisa ternyata tidak. Misalnya, paket internet dengan speed 2 Mbps.

Saat si pengguna melakukan download maka satuan yang tertera pada aplikasi download atau browser adalah KBps.

Nilai KBps saat download tinggal dikalikan saja dengan delapan untuk mendapatkan nilai Kbps atau Mbps.

Satuan kecepatan dalam dunia networking adalah byte per second atau bit per second. Nilai bit selalu lebih besar dari nilai byte.

Nilai bit yang besar biasanya dipakai oleh ISP untuk promosi saat menawarkan paket layanan internet dan ini yang sering tidak disadari oleh konsumen, calon konsumen hanya melihat besar angkanya saja tapi tidak pernah melihat satuannya.

Saran saya adalah konsumen harus cerdas melihat satuan kecepatan yang ditawarkan bukan hanya melihat angkanya saja.

Semoga dengan posting ini kita tidak merasa tertipu atau kecewa dengan layanan internet yang kita beli.