Rata-rata para pengguna Wifi router Access Point ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP mengaku cukup puas dengan performance dari perangkat ini. Jika diperhatikan lebih seksama pada spesifikasi dari produk Asus ini, ada beberapa hal yang perlu dicermati bahwa produk ini  tidak sepenuhnya sempurna, ada keterbatasan dari produk ini terutama dari segi harga dan jika dibandingkan dengan produk lain dari merk lain.

Apakah harga produk ini cukuplah mahal atau pantas dihargai seperti itu?

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang bisa dicermati dari produk ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP :
1.    Fungsi utama
Ada 3 fungsi utama yang dinyatakan oleh Asus bisa dijalankan oleh produk ini dalam satu hardware, ketiga fungsi tersebut adalah:

a.    Fungsi Wifi Acess Point
Fungsi Access Point pasti dimiliki oleh setiap Wifi Access Point dan ini bukanlah hal yang luar biasa.

b.    Fungsi Router
Fungsi router berarti wifi ini menjadi gerbang bagi komputer atau klien untuk terkoneksi ke initernet. Selain itu fungsi router pada sebuah access point berarti perangkat tersebut bisa dipasangi modem dan melakukan dial secara otomatis, terhubung ke internet dan membagi koneksi internet dengan koneksi wifi ataupun koneksi kabel.  Protocol routing yang disupport oleh router ini adalah IGMP
Fungsi router lainnya adalah sebagai DHCP server, fungsi ini ada pada ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP.

c.    Fungsi Repeater atau Range Extender
Fungsi ini sangat didukung oleh 3 antenna yang memiliki tenaga keluaran masing-masing antenna sebesar 9dB. 2 antenna saja sudah cukup, dengan tambahan 1 antenna lagi menjadikan daya jangkau sinyal wifi ini menjadi lebih tersebar dalam 3 arah yang berbeda.

Resiko dari power keluaran yang besar ini adalah wifi router ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP menjadi rentan interferensi.

Tiga fungsi utama dari router ini bisa digonta-ganti atau diatur-atur dengan menekan sebuah tombol switch, jadi tidak perlu masuk atau login ke konfigurasi setting dan melakukan penggantian tersebut tapi cukup dengan menekan sebuah tombol yang ada pada badan wifi tersebut.

2.    File dan Printer sharing
Kelebihan dari produk ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP lainnya adalah mampu untuk membagi pemakaian printer danjuga file dengan kepada klien-kliennya. Printer dan media storage terkoneksi dengan menggunakan koneksi USB. ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP yang  terkoneksi ke printer kemudian bertindak sebagai printer server bagi klien-kliennya. ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP bisa juga dikoneksikan dengan media penyimpan file dan kemudian bertindak sebagai file server  bagi wifi klien.

3.    Speed atau data rate
Maksimum data rate dari ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP sebesar 300Mbps, datarate bukanlah bandwidth atau kecepatan transfer yang sebenarnya dari wifi, datarate adalah lebih merupakan power yang dihasilkan atau digunakan dalam melakukan proses transfer data.

4.    Support for high data session
ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP mampu melayani lalu lintas data sebanyak 300 ribu session  pada saat yang bersamaan, kemampuan ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP ini 20 kali banyak dari Wifi router lainnya.

5.    Frequency RF yang dipakai
 ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP beroperasi hanya pada frequency 2.4 GHz. Ini adalah salah satu kelemahan dari wifi router ini. Sungguh sayang, harusnya dengan kualitas dan fitur-fitur yang serba canggih maka ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP harusnya beroperasi pada dual band frequency 2.4 dan 5.0 GHz.
Pengaruh dari pemakaian frequency yang hanya 2.4 GHz adalah:
a.    Daya jangkaunya menjadi lebih jauh dibanding jika menggunakan frequency 5.0GHz tapi rentan interferensi karena banyak yang menggunakan frekuensi ini.
b.    Data rate dan bandwidth lebih kecil dibanding jika menggunakan frekuensi 5.0GHz

6.    Sistem pengaman
Secara umum sistem pengaman pada ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP sama seperti wifi AP router lainnya namun ada satu hal yang membuatnya lebih dari produk lain adalah adanya sistem pengamanan dengan metode Access Control menggunakan  Radius with 802.1x.

RADIUS atau Remote Authentication Dial In User Service adalah sistem pelayanan atau service yang mengatur proses autentifikasi, termasuk verifikasi terhadap setiap user id yang akan melakukan access pada sebuah sistem. Radius merupakan sebuah service atau layanan yang bisa diaktifkan atau dinonakfikan. Radius biasanya terdapat pada sistem operasi khusus untuk server seperti Windows Server.

Dengan adanya dukungan fitur Radius pada ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP  maka ketika user melakukan akses ke jaringan wifi melalaui perangkat wifi dari ASUS maka sistem pengaman akan mengarahkan proses autentifikasi tersebut kepada sebuah server Radius yang ditunjuk atau dimaksud pada sistem konfigurasi dari ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP.

7.    Harga
Untuk harga dibanding dengan perangkat Access Point Router lainnya, ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP termasuk cukup mahal tapi dengan kelebihan pada fungsi repeater atau penguat dan power signal RF yang besar menjadikan harga dari produk ini cukup berimbang dengan kemampuannya.
Bagi peminat yang hanya membutuhkan fungsi AP router dengan pemakaian hanya untuk rumahan atau kantor kecil maka produk ini terlalu berlebihan spesifikasinya, sebaiknya pilihlah produk yang spesifikasinya sedang tanpa banyak fitur dan harganya tidak begitu mahal.

ASUS Wireless-N Router  RT-N14UHP di toko online bhineka.com dihargai sebesar Rp. 1.099.000.

Sumber:  http://www.asus.com/Networking/RTN14UHP/specifications/