Secara harafiah berarti burung pipit, kira-kira seperti itu harapan sang pendiri paduan suara yang hanya beranggotakan pria muda dan anak laki-laki. Regensburger Domspatzen adalah paduan suara resmi untuk semua musik liturgi dari gereja Katedral Santo Petrus di Regensburg, Bavaria, Jerman.

Di tahun 975 Masehi, Uskup  Regensburg, St Wolfgang, mengisntruksikan agar anak-anak laki-laki juga ikut bernyanyi dalam paduan suara gereja. Saat itu awal mula Regensburger Domspatzen terbentuk. Didukung oleh mental disiplin bangsa Jerman yang luar biasa, Regensburger Domspatzen mampu bertahan selama 1000 tahun dan kemudian terkenal serta menjadikannya sebagai kelompok paduan suara tertua di dunia.

Regensburger Domspatzen dipimpin oleh seorang Imam Katolik yang menjabat sebagai direktur. Pada abad ke 20, dibawah asuhan dua direkturnya, Theobald Schrems (masa jabatan: 1924-1964) dan Georg Ratzinger (masa jabatan: 1964-1994), paduan suara ini mulai dikenal dan mendunia. Kedua direktur itu dianggap peletak dari dasar pembinaan dan manajemen sebuah paduan suara yang baik. Kunci sukses mereka adalah keseriusan mengajarkan dasar-dasar musik di sekolah-sekolah, efisiensi dalam berlatih dengan menempatkan para anggota koor dalam sebuah asrama agar mereka selalu siap berlatih dan bernyanyi kapan saja.

Hasil dari kerja keras itu, membawa Regensburger Domspatzen ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, negara-negara Skandinavia, Kanada, Taiwan, Jepang, Irlandia, Polandia, Vatikan dan Hungaria untuk menampilkan kemerduan suara mereka. Tiap tahun juga mereka selalu tampil di berbagai kesempatan konser di kota-kota di seluruh Jerman.

Regensburger Domspatzen juga membuat album rekaman mereka seperti J. S. Bach: Christmas Oratorio, J .S. Bach: Motets, H. Sch├╝tz: Psalms of David; G. F. Handel: Messiah.

Kicauan burung-burung pipit dari Regensbur juga selalu menjadi penyambut tamu-tamu negara yang dating ke Jerman, di antaranya adalah saat Kunjungan Kenegaraan Ratu Elizabeth II ke Jerman pada 1978, dan pada kunjungan Paus Yohanes Paulus 2 ke Munich pada tahun 1980.

Atas usaha dan kerja keras anggota dan pengurus Regensburger Domspatzen, pemerintah Jerman mengeluarkan cetakan perangko berjudul Regensburger Domspatzen dan bergambar Regensburger Domspatzen in action.

Cetakan perangko itu menjadi perangko pertama di dunia yang bertemakan kelompok paduan suara. Luar Biasa