Saat seseorang mengalami gangguan pendengaran maka kondisi orang itu tidak beda dengan penderita lumpuh kaki, terasa putus hubungan dengan dunia luar, sangat terasingkan.

Cara terbaik untuk melindungi pendengaran kita adalah menghindarkan telinga dari suara atau bunyi-bunyian yang sangat keras, suara yang volumenya melebihi ambang batas kemampuan indera pendengaran kita.

Sepertinya ini jadi peringatan buat para pengguna ear phone atau headphone yang selalu menancapkan pada gadget mereka agar mereview batasan volume yang digunakan saat mendengarkan music dari perangkat tersebut.  

Gejala-gejala yang terjadi jika kita mengalami gangguan pendengaran adalah:

       1.       Pada saat mendengarkan percakapan kita sulit untuk menangkap kata-kata lawan bicara kita karena terdengar kurang jelas, rasanya ucapannya terlalu lemah atau pelan, seperti berbisik.

        2.       Saat bicara orang lain mendengarnya begitu keras volume suara kita tapi bagi kita suara kita terdengar biasa-biasa saja.

       3.       Kita dikomplen karena menyetel volume TV terlalu keras, pada hal menurut kita volume suara tv biasa-biasa saja.

       4.       Suara earphone atau headphone yang kedengaran oleh orang disekitar kita, bukan karena kualitas earphone-nya jelek tapi karena volume yang diatur adalah maksimum setting.