Setiap komputer, gadget, smartphone, switch dan router harus memiliki mac address agar bisa berkomunikasi di antara mereka. MAC Address atau Media Access Control Address adalah alamat fisik yang tertanam dalam network interface card dari tiap-tiap perangkat komputer. Pemberian MAC Address tidak sembarangan, konon khabarnya setiap perangkat mulai dari komputer, gadget, smartphone, switch, router sampai mainframe memiliki MAC address yang berbeda satu sama lain dan tidak ada yang sama.
Setiap mac address adalah unik, artinya sebuah mac address yang terdapat pada satu komputer atau network adapter, tidak akan sama dengan mac address yang terdapat pada network adapter atau komputer lainnya di mana pun di dunia ini. Uniknya Mac address latar belakangi oleh beberapa hal:

1.    Mac address adalah sistem pengalamatan pada jaringan komputer dengan menandai secara fisik pada setiap network interface card. NIC adalah interface atau penghubung antara komputer dengan konektor media jaringan( seperti kabel dan wireless ). Pada sistem memori dari NIC dimasukkan alamat dari MAC address sehingga nilai dari MAC Address tidak dapat diganti-ganti lagi oleh penggunanya. Inilah alasan utama mengapa MAC address haruslah unik untuk menghindari konflik MAC Address.

2.    Alasan yang kedua adalah MAC address dipakai sebagai alamat untuk saling bertukar informasi pada jaringan LAN, ingat hanya pada jaringan LAN, bukan antar LAN. Jika ada dua perangkat pada LAN yang memiliki MAC address yang sama maka akan terjadi konflik dan komunikasi tidak akan terjadi atau bisa mengganggu perangakat lainnya.

3.    Untuk kepentingan pengembangan teknologi. Ya, dalam IP Versi6, Mac address digunakan untuk menentukan IP address versi 6 dari sebuah perangkat komputer.

Semoga berguna