Sebelum anda mencoba tips menghadapi orang yang sombong nan arogan maka anda harus tahus dulu ciri dan karakter yang paling khas dari orang yang arogan sombong itu, karena siapa tahu jangan-jangan kita sendiri termasuk tipe pribadi yang arogan;Kesal Dengan Orang yang Arogan dan Sombong  Ini Solusinya

  1. Orang yang sombong itu sangat mementingkan diri sendiri, segala cara mereka lakukan untuk mendahulukan kepentingan mereka.

Orang-orang berkarakter arogan itu begitu idealis, segala sesuatu dilihat dari sisi idealnya mereka dan prinsip mereka itu selalu dipaksakan kepada orang lain agar mengakui bahwa pemikiran mereka adalah yang paling baik dan benar.

Dalam kamus mereka yang ada hanyalah kata harus dan harus.

Mereka biasanya akan membenci orang yang tidak mau mengikuti atau mengakui pendapat dan kehendak mereka.

  1. Orang arogan itu punya banyak teman.

Ada tapi-nya nih,  kebanyakan teman-temannya itu, hanya sekedar berteman saja dan bukan jenis teman yang sejati dan setia.

Kebanyakan teman dari orang sombong hanya terpaksa berteman karena ada kepentingan tertentu bukan karena atas dasar persahabatan sejati.

Si arogan biasanya memberikan imbalan yang menarik bagi siapa saja yang bersedia menjadi temannya.

  1. Orang yang arogan itu merasa ada yang tidak lengkap dalam diri mereka sehingga membuat mereka membutuhkan orang lain untuk mengisi kekurangan itu.

  1. Orang arogan tidak bisa menghargai perbedaan, orang lain dianggap salah dan lebih rendah kualitas orang lain.

Orang arogan tidak percaya diri, mereka merasa percaya diri kalau merasa orang lain lebih rendah dari mereka.

Makanya orang arogan itu selalu mengkritik dan menjelek-jelekan orang secara membabi buta biar kelihatan kalau mereka lebih hebat dari orang lain.

  1. Orang arogan itu tidak punya teman sejati, rata-rata teman mereka adalah orang-orang yang harus mengikuti apa kehendak mereka, jika kenginan mereka tidak dipenuhi maka orang tersebut bukan lagi teman mereka.

  1. Orang arogan biasanya untuk punya rasa empati, kalau pun punya rasa empati biasanya itu ada maunya saja, tergantung situasi dan kepentingan yang dapat menguntungkan diri mereka.

  1. Orang arogan itu ada yang salah pada harga diri mereka.

Harga diri itu adalah seberapa baik kita mengembangkan rasa atau sense terhadap diri kita sendiri.

Pada orang yang arogan, ada banyak salah  yang mesti dibenarin pada harga diri mereka.

  1. Orang arogan itu terlihat sangat percaya diri.

Penampilan mereka terlihat sempurna, karena memang orang arogan itu akan berusaha mati-matian agar terlihat sangat sempurna.

Jika tidak demikian maka tidak akan ada orang yang mengakui kehebatan mereka. Tapi apa yang terlihat di luar biasanya tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya dari diri mereka.

  1. Orang arogan itu sulit untuk menyembuhkan atau mengotabati diri mereka sendiri.

Jika mereka mengalami perasaan terluka atau marah, maka butuh orang lain sebagai obat penyembuh.

Seharusnya jika ada masalah maka diri kita sendirilah yang harus mengambil keputusan awal untuk menyelesaikan.

  1. Sangat opurtunis.

Orang arogan itu hanya berpartisipasi pada hal-hal yang sifatnya menguntungkan mereka.

Segala kesempatan akan mereka manfaatkan untuk meraih keuntungan bagi diri mereka sendiri tanpa peduli dengan orang lain.

Apa yang mesti kita lakukan ketika berhadapan dengan orang yang berkarakter arogan?

  1. Jaga jarak dan tentukan batasan apa saja yang boleh dan tidak ketika berhubungan dengan mereka
  1. Jika anda harus membela diri saat berhadapan dengan mereka maka harus to the point, jangan bertele-tele, lansung saja pada pokok masalah.
  1. Jangan mudah terpengaruhi omongan para arogan, lakukan peneletian dan cari tahu masalah yang sedang dihadapi,  jadilah diri kita sendiri.
  1. Jangan menyerang orang yang arogan kalau anda tidak suka dengan pribadi mereka, tapi jika kita tidak setuju dengan mereka maka katakan saja kalau kita tidak setuju.
  1. Memiliki pikiran terbuka dan toleran.
  1. Belajarlah untuk mengamati dan mengevaluasi perilaku mereka secara objektif.

Semoga berguna.