Cobalah untuk menjalankan beberapa perintah dengan menggunakan command prompt, maka anda akan merasakan perbedaan yang sangat besar jika hal yang sama dilakukan pada tampilan GUI. Perintah seperti copy file atau folder dari satu directory atau drive cukup dilakukan dengan satu perintah saja.

Berikut ini adalah alasan kenapa perintah-perintah pada command prompt harus coba digunakan dan dipakai, keuntungan apa saja yang kita dapatkan jika menggunakan perintah command prompt;

1.    Pada command prompt, perintah yang gagal dijalankan lewat tampilan GUI atau grafik, bisa jalan dengan baik.
Salah satu perintah favorit saya adalah perintah copy, perintah copy bisa dijalankan untuk meng-copy file atau folder dan juga me-replace file lama yang rusak dengan yang baru tanpa peduli file tersebut sedang dipakai atau digunakan.

Biasanya jika kita menggunakan tampilan grafik sering muncul error bahwa file tersebut sedang dipakai oleh program lain. Tapi melalui perintah command prompt tidak ada pesan error seperti itu dan selalu berhasil.

2.    Semua perintah bisa dijalankan dari satu windows command tanpa harus berpindah dari satu direktori ke directory lain.
Misalnya kita ingin meng-copy file atau folder dari satu direktori ke direktori lain yang ada dirive yang sama atau berbeda drive maka kita cukup mengetik perintah copy (nama file) X:(folder yang dituju).

3.    Dengan command prompt kita bisa membuat semacam script yang memudahkan kita mengoperasikan system operasi yang kita pakai.
Script dapat membuat beberapa program yang bisa dieksekusi secara otamatis sesuai denga jadwal yang ditentukan oleh pembuat.

4.    Beberapa tools bekerja dengan baik jika menggunakan atau dijalankan melalui perintah command prompt. 

5.    Proses eksekusi perintah lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan GUI, terutama jika komputer anda adalah komputer lama yang sudah lambat. Cuma ketik satu dua kata tekan enter, langsung tereksekusi.

6.    Command prompt  adalah perintah yang sederhana dengan pemakaian memery yang kecil dibandingkan dengan GUI atau explorer.exe

Memang perintah-perintah pada command prompt butuh waktu untuk dipelajari dan tidak mudah, namun jika berhasil menguasainya maka semakin effisien pekerjaan anda.
Buktikan Sendiri