Shortcut Keyboard Untuk Browser Cepat Mana Pakai Mouse atau pakai keyboardJika selama ini kita lebih sering menggunakan mouse yang harus digerakan ke sana ke mari maka dengan menggunakan keyboard shortcut kita cukup menekan satu atau dua tombol saja dan kemudian hasilnya adalah fungsi yang biasa kita jalankan dengan mouse bisa kita jalankan juga melalui kombinasi keyboard.

Inilah cara cepat dan tepat dalam menjalankan fungsi atau fitur dari sebuah aplikasi web browser yang dipakai pada komputer seperti PC dan Laptop.

Kombinasi pemakaian tombol-tombol tertentu pada keyboard komputer dikenal dengan istilah keyboard shortcut. Keyboard shortcut akan menghasilkan atau menjalankan sebuah fungsi perintah yang sangat sangat memudahkan pengguna selama menggunakan aplikasi browser untuk mengakses internet.

Dengan menggunakan keyboard shortcut maka kita akan lebih cepat dalam menjalankan fungsi-fungsi yang terdapat pada sebuah browser.

Berikut ini adalah keyboard shortcut yang mesti anda coba, cek hasilnya dan bandingkan jika anda menggunakan mouse untuk menjalankan fungsi-fungsi itu. Lebih cepat mana? Pakai Mouse atau pakai keyboard.

  1. Alt + D

Kombinasi shortcut keyboard ini dilakukan dengan menekan tombol Alt, sambil tetap menekan tombol Alt dan lalu tekan tombol d( D atau d sama saja ).

Kombinasi antara tombol alt dan tombol D berfungsi untuk menempatkan kursor pada bagian address bar tempat kita mengetikan alamat website yang mau kita kunjungi pada aplikasi browser kita.

Yang biasa kita lakukan adalah mengerakkan dan mengklik mouse ke bagian address bar. Dengan menggunakan tombol Alt + D akan lebih cepat daripada menggunakan mouse.

  1. Ctrl + Enter dan shift + Enter ( Tekan tombol Ctrl atau shift, tahan sambil menekan tombol enter )

Ketika menuliskan alamat website pada sebuah browser, kita harus menyertakan .com atau .net dibelakang nama website itu, dengan menggunakan kombinasi Ctrl + Enter dan shift + Enter, kita tidak perlu mengetikan .com atau .net, cukup mengetikan nama websitenya saja.

Contoh jika anda ingin berkunjung ke norisanto.com maka anda cukup mengetikan norisanto kemudian tekan dan tahan tombol Ctrl lalu tekan tombol enter maka otomatis alamat yang kita ketik akan dilengkapi dan browser langsung menuju ke alamat tersebut tanpa harus mengklik tombol Go. Kombinasi shift +enter dipakai untuk website yang menggunakan alamat .net

  1. Tombol Ctrl + F

Jika kita mengunjungi sebuah website yang berisikan text atau tulisan yang sangat panjang dan banyak maka butuh waktu untuk mencari beberapa kata-kata yang hendak kita cari. Untuk mempersingkat waktu maka kita bisa secara cepat menemukan kata tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl dan F.

Setelah menggunakan kombinasi atau keyboard shortcut ini maka kita tinggal masukkan kata yang kita cari. Cara ini sangat-sangat menghemat waktu dan mengurangai kecapaian pada mata dan mempersingkat waktu pencarian. Bandingkan jika menggunakan mouse, kita harus menurunkan layar untuk mencari kata-kata itu satu persatu.

  1. Tombol F5

Menggunakan tombol F5 adalah cara yang cerdas untuk me-refresh tampilan atau konten dari sebuah website. Jika menggunakan mouse maka kita harus mengarahkan mouse ke symbol refresh yang ukurannya sangat kecil, tapi dengan keyboard cukup dengan menekan tombol F5 fungsi refresh langsung berjalan.

  1. Tombol Home dan End

Dua tombol ini sebaiknya anda ingat selalu dan gunakan saat menggunakan browser. Fungsi tombol Home adalah untuk mengembalikan halaman website ke bagian paling awal atau paling atas. Tombol end berfungsi untuk memindahkan ke bagian akhir dari halaman website yang kita kunjungi.

Menggunakan tombol home dan end jauh lebih effisien dibandingkan menggunakan mouse, terutama pada website yang halamannya sangat panjang.

  1. Ctrl+Mouse Scroll Wheel or +/-

Kombinasi keyboard dan mouse ini berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan halaman website pada browser yang kita kunjungi atau sama dengan fungsi zoom in dan zoom out. Untuk mengembalikan atau mereset kembali ke posisi normal gunakan ctrl + 0

  1. Ctrl + T

Kombinasi tombol Ctrl + T berfungsi untuk membuka sebuah tab baru. Membuka sebuah tab baru dengan kombinasi keyboard jauh lebih cepat dibanding harus mengerakan mouse ke posisi open new tab.

  1. Ctrl + W

Kombinasi tombol Ctrl dan W berfungsi untuk menutup sebuah tab, fungsi ini kebalikan dari fungsi yang dijalankan dengan kombinasi Ctrl + T.

Menutup sebuah tab yang biasanya dilakukan dengan mouse adalah dengan cara mengklik pada tanda silang kecil disamping address bar, dengan menggunakan kombinasi keyboard menutup sebuah tab akan sangat mudah tanpa harus menggerakan mouse dan mencari-cari tanda silang kecil itu.

  1. Ctrl + Shift + T

Kombinasi tombol ini adalah sangat bermanfaat, fungsi keyboard ini adalah untuk mengembalikan tab halaman website yang sudah ditutup. Jadi kombinasi Ctrl + Shift + T berfungs untuk melakukan undo jika kita sudah menutup tab halaman.

  1. Ctrl + Click

Tidak semua link pada halaman website saat diklik akan berpindah halaman baru, hal tersebut tergantung dari link tersebut.

Dengan kombinasi antara tombol Ctrl pada keyboard dengan Click kiri pada mouse pada sebuah link di halaman website maka hasil dari klik tersebut akan tampil secara otomatis ke sebuah tab baru meskipun link tersebut tidak diatur untuk terbuka pada sebuah tab baru.

Fungsi ini jika dilakukan dengan menggunakan mouse maka dilakukan dengan klik kanan pada link dan pilih open new tab.

Jika anda belum pernah mencoba keyboard shortcut pada browser anda, segeralah mencobanya dan dijamin pasti lebih terasa mudah dan cepat dibandingkan jika menggunakan mouse.