Kalau ada yang bilang telpon pakai WhatsApp itu gratis, menurut saya pernyataan itu tidak seratus persen benar, kenyataannya banyak yang tidak tahu bahwa menelpon via whatsapp atau whatsapp call itu ada harga atau biaya yang dikeluarkan.

Bagaimana Whatsapp call bisa menyebabkan beban biaya kepada penggunanya? Seperti apa detail biaya yang dikeluarkan untuk menelpon? Cek tulisan saya ini sampai selesai.Kira-kira Berapa Besar Kuota Data Yang Terpakai Saat Menelpon Pakai WhatsApp

Gratis tapi kuota data internet terpakai

Untuk melakukan whatsapp call dari perangkat komputer atau hape/tablet maka syarat utama yang dibutuhkan adalah koneksi internet pada perangkat itu.

Jika tidak ada koneksi internet maka tidak ada panggilan via WA, Whatsapp adalah aplikasi yang sangat butuh koneksi internet untuk bisa atau dapat dipakai.

Jadi, setelah koneksi ke internet pada perangkat kita maka pastikan berapa besar kuota atau paket data internet yang bisa kita gunakan.

Kuota internet terdiri atas beberapa kategori yaitu:

          Paket unlimited, merupakan paket data internet yang tidak dibatasi pemakaian nya.

          Paket kuota terbatas, merupakan paket data yang dibatasi pemakaiannya sampai ukuran tertentu saja. Misalnya 10 GByte atau 1 Gbyte.

Pada saat kita menjalankan aplikasi WA dengan mulai mengirimkan pesan atau menerima pesan maka pada saat itu juga data internet yang sudah kita langganan itu, sudah mulai terpakai.

Pada waktu kita mengirimkan pesan teks data yang digunakan berbeda dengan pemakaian data pada waktu kita mengirimkan data berupa file, begitu juga saat kita melakukan panggilan telpon via WA.

Secara detail, paket data internet yang terpakai saat menggunakan aplikasi WA adalah seperti berikut.

Saat kita mengirimkan pesan teks melalai WA maka paket data internet yang terpakai adalah sesuai dengan jumlah atau banyaknya karater huruf yang kita kirim.

Satu karakter huruf yang kita kirim ukuran datanya adalah sebesar 1 bytes, jika jumlah total data huruf yang kita kirim sebanyak 10 ribu huruf maka data yang kita kirim adalah sebanyak 10 Kilo byte atau 0,01 Mega byte atau 0,00001 GigaByte.

Untuk 1 Giga byte kuota internet, jumlah karater pesan teks yang bisa kita kirim adalah sebanyak 1000000000 byte atau 1 miliar karakter tulisan.

Berapa banyak data file yang sudah kita pakai jika menggunakan wa untuk kirim file?

Jawabannya adalah sebesar ukuran file yang kita kirim, namun jika file yang kita kirim terlalu besar maka WhatsApp akan mengkompresnya menjadi lebih kecil agar proses pengirimannya lebih cepat.

Namun tidak semua jenis file boleh dikompres oleh WhatsApp secara otomatis, pengalaman saya, jenis file yang biasanya terkompres adalah file gambar berformat JPG.

File-file dokumen office rasanya tidak bisa dikompres begitu saja karena bisa merusak isi file tersebut, namun jika anda penasaran silahkan mencoba saja atau mungkin WA akan mengirimkan file itu sebesar data aslinya tanpa dikompres.

Berapa besar paket data internet yang terpakai jika kita menelpon menggunakan aplikasi WhatsApp?

Menurut informasi yang saya himpun dari beberapa website seperti (https://www.quora.com/How-much-data-do-WhatsApp-calls-consume) 1 Menit menelpon pake WA pada koneksi internet jaringan 3G adalah sebesar 809 Kbyte.

Jika menelpon via WA pada koneksi jaringan 4G, besarnya pemakaian data selama satu menit adalah 398 Kbyte.

Jika kita menelpon selama 10 menit via WA dengan koneksi 3G maka paket data kita akan berkurang sebanyak 398 x 10 = 3980 Kbyte atau 3,98 M byte.

Kalau anda menelpon selama 1 jam maka data yang hilang adalah sebesar 6 x 3,98 M byte = 23,88 Mbyte data.

Jika anda harus melakukan sambungan telpon via WA sebanyak 1000 jam maka anda butuh paket data sebesar 1000 x 23,88 Megabyte = 23880 Megabyte atau 23,88 Gigabyte.

Jika anda lupa melakukan registrasi paket langganan dan tanpa sadar dikenakan biaya Rp 10/kByte maka saat anda melakukan sambungan telpon via WA selama satu jam maka cadangan pulsa anda yang akan habis adalah :

Selama satu jam, data yang terpakai adalah  23,88 MB, sama dengan 23880 Kilo byte( kByte) jika tiap kB kita dikenakan biaya sebesar Rp. 10 maka selama satu jam telpon via WA kita harus banyar 23880 x 10 = 238800 atau Rp. 238.800 ( dua ratus tiga puluh delapan ribu delapan ratus rupiah ).

Jadi berhati-hatilah jika menggunakan WhatsApp untuk menelpon karena kuota internet anda cepat habis dan juga pulsa anda bisa terkuras juga.