Seorang veteran perang yang merupakan pasien terlama Inggris telah meninggal setelah menghabiskan 56 tahun di perawatan di rumah sakit.

James Morris dirawat di rumah sakit akibat patah kaki pada tahun 1962, saat ia berusia 21 tahun. Sejak pertama kali masuk rumah sakit ia tidak pernah pulang ke rumahnya sampai akhir hayat.

Saat operasi untuk menyembuhkan patah tulang tersebut, Moris menderita serangan jantung di meja operasi sehingga mengakibatkan ia mengalami gangguan pada bagian otak yang menyebabkan ia kehilangan respon dan kesadaran.

Dokter memindahkannya ke Rumah Sakit Wester Moffat, dekat Glasgow, Skotlandia, di mana dia menghabiskan 54 tahun masa hidupnya dan hanya dua dihabiskan di rumah sakit lain.

Saat ditinggal di rumah sakit, ia sepenuhnya cacat dan hanya mampu mengucapkan tiga kata favoritnya, dia meninggal bulan lalu di usia 75, setelah menghabiskan lebih dari lima dekade dalam perawatan.

Saudaranya Karl, 62, dari Coatbridge, North Lanarkshire, tercengang saat seorang dokter menyampaikan  bahwa James telah menghabiskan waktu paling lama di sebuah rumah sakit yang dikelola oleh NHS.

Dia berkata: ‘Selama bertahun-tahun kami menemukan cara untuk berkomunikasi dengannya. Secara mental dia ada, tapi sama sekali tidak bisa berkomunikasi dengan kami.’

“Dia hanya pernah belajar mengatakan tiga kata favoritnya, yaitu kata: rumah”, “pub” dan “kuda”.

“Kami sering membawanya pada hari libur di Inggris dan rumah sakit tahu betapa dia mencintai pub sehingga mereka bahkan membawanya ke sana juga.”

James bergabung dengan tentara pada tahun 1959 dan bertugas di Jerman sebagai bagian dari Scottish Rifle regiment, the Cameronians.

Tiga tahun kemudian, dia terluka dalam kecelakaan mobil setelah Jeep yang dipakainya terbalik dan menabrak sebatang pohon.

Meski hanya mematahkan hidung dan tulang pahanya pada waktu kecelakaan terjadi, dia mengalami kerusakan tulang yang parah dan tidak dapat disembuhkan sehingga dia dikirim kembali ke Skotlandia.

Operasi penyembuhan terakhirnya menyebabkan sebagian otaknya lumpuh.

Dia lalu dipindahkan ke Rumah Sakit Wester Moffat, sebuah rumah sakit yang dikelola oleh NHS Lanarkshire, di mana dia akhirnya tinggal di situ selama 54 tahun.

54 tahun, sepertinya berpotensi untuk memecahkan rekor pasien terlama yang pernah dirawat di sebuah rumah sakit.

Helen Ryan, perawat senior di rumah sakit, berkata: “Ucapan belasungkawa kami ada pada keluarga Jimmy saat ini.

“Setelah menghabiskan waktu lama yang luar biasa di rumah sakit, Jimmy banyak menyentuh banyak orang; Dia adalah seorang memiliki kepercayaan yang baik dan karakter yang hebat dan dia akan sangat dirindukan oleh semua orang di Lingkungan Heather. ‘

Karl juga memberikan pujian pada staf di West Moffat Hospital di mana saudaranya dirawat selama lebih dari lima dekade.

Dia berkata: ‘Semua orang di rumah sakit itu luar biasa, merawat seorang pria sepanjang hidupnya adalah sesuatu yang luar biasa dan tidak cukup terima kasih kami kepada NHS.’

“Itu adalah tempat bagi orang-orang muda yang cacat dan selama bertahun-tahun saya telah melihat banyak pasien dan staf datang dan pergi.

“Kami memastikan dia keluar selama bertahun-tahun untuk hidup sesuai dengan kehidupan yang semaksimal mungkin dan bahkan sampai minggu sebelum dia meninggal, kami membawanya pulang untuk berkunjung.

‘Ketika ibuku meninggal, kami terus melakukan apa yang ibuku lakukan dan mengunjunginya di rumah sakit secara teratur.’

“Dia secara mental ada di sana tapi tidak memiliki kendali atas tubuhnya sehingga kami membawanya pada hari libur dan rumah sakit tahu betapa dia sangat menyukai pub sehingga mereka sering membawanya.

“Para staf sangat luar biasa dan karena James adalah penggemar berat Elvis, mereka bahkan mengatur malam spesial yang dia nikmati.”

Saat ini James telah berkumpul bersama orang tuanya, Charles dan Mary, keduanya telah meninggal pada usia dini, dan juga saudari perempuannya Bridie dan Rose yang  sekarang sekarang telah tiada. Karl sangat berterima kasih dan memuji putri dari saudarinya, Rose, karena telah mengunjungi James sesering yang dia lakukan.http://www.dailymail.co.uk/health/article-4462274/Ex-soldier-dies-spending-54-years-hospital.html

Karl sekarang bertekad untuk mengetahui kebenaran tentang kecelakaan James saat  di Jerman dengan menggali kembali catatan arsip Cameronian.

Dia berkata: ‘Ayah saya meninggal pada usia 41 jadi ibu saya membesarkan kami sendiri dan akan selalu mengunjungi James dan saat dia meninggal saudara perempuan saya dan saya mengambil alih tugas beliau.

“Saya sedang dalam proses mencari tahu kisah nyata, yang sebenarnya kami ketahui adalah bahwa dia tidak bisa tidur selama 24 jam.

‘James sedang mengemudi dan kita tidak tahu apakah dia tertidur atau tidak, tapi jipnya menempel di sebatang pohon di sisinya dan dia ditemukan dengan hidung dan tulang pangkal paha yang patah.

“Saya tidak tahu bagaimana atau mengapa tapi ketika dia membiarkan dioperasi, dia mengalami serangan jantung dan menjalani sisa hidupnya di rumah sakit.

‘Karena sebagian hidupnya pada saat-saat terakhir  usianya baru-baru ini dia mengalami masalah dengan tenggorokannya yang berarti dia tidak bisa makan atau minum dan selama sepuluh bulan terakhir kondisinya semakin memburuk.

“Saya tidak bisa membayangkan ada orang yang pernah tinggal begitu lama di rumah sakit NHS yang menurut saya merupakan cerminan yang luar biasa pada Wester Moffat dan NHS Lanarkshire.”

Juru bicara NHS mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui ada orang yang telah menghabiskan lebih lama dari 54 tahun di rumah sakit NHS.

RIP James.

Salut untuk orang tuanya James dan saudara-saudaranya.

Tidak terbayangkan bagaimana rasanya setiap minggu atau setiap hari mengunjungi rumah sakit, menjenguk saudara atau anak yang sakit tanpa pernah tahu kapan ia akan sembuh.

Saya pernah mengalami 12 hari ketika harus bolak-balik rumah sakit tiap harinya saat si kecil dirawat, tapi keluarga James mengalaminya selama 54 tahun.

Luar biasa

Sumber: www.dailymail.co.uk