Awal pertama bekerja di bidang IT Networking terasa membingungkan, tidak tahu apa yang mesti dipelajari, maklum basic ilmunya elektro. Yang terjadi saat itu adalah jika ada problem tinggal lihat panduan tanpa paham bagaimana garis besar dan intisari dari Networking itu sendiri.
Lama kelamaan rasanya jenuh juga, tiap ada problem mesti tanya sana-sini, kurang pro banget. Terus apa yang mesti dilakukan? Yang pasti belajar, baca buku dan pahami prinsipnya.
Belajar untuk menjadi paham dan mengusai tentang jaringan komputer sebenarnya tidak sulit jika anda mengetahui tahapan dan materi apa saja yang mesti dikuasai.

Apa saja materi dan urutannya yang mesti dipelajari dan dipahami untuk menguasai networking adalah sebagai berikut.

1.    Makna dari jaringan atau networking
Hal utama yang mesti dipahami adalah apa itu jaringan komputer atau computer networking. Jaringan computer adalah kondisi di mana sekumpulan dari komputer sistem, perangkat-perangkat jaringan, software atau aplikasi komputer, perangkat printer terhubung satu sama lain dengan menggunakan media komunikasi baik yang berupa kabel maupun tanpa menggunakan kabel.

2.    Pelajari OSI Layer
Pahami dan ingatlah selalu prinsip dari OSI layer. OSI layer memberikan gambaran secara teori bagaimana tahapan dan proses yang terjadi ketika dua komputer berkomunikasi. OSI layer bagaikan kompas dalam dunia networking dan anda harus tahu cara kerja dari kompas itu.

3.    Pelajari tentang topologi jaringan
Topologi adalah susunan dari komputer dan perangkat dalam sebuah jaringan. Topologi jaringan akan memberikan panduan tentang bagaimana susunan dari komputer dan perangkat jaringan sehingga proses aliran data jadi lancar dan cepat.

4.    Media Penghubung
Tanpa media penghubung komputer satu tidak bisa terkoneksi dengan komputer lain. Pelajari jenis kabel yang biasa dipakai dalam jaringan komputer. Pelajari juga jenis media tanpa kabel atau wireless yang biasa dipakai.

5.     Perangkat Jaringan
Perangkat jaringan yang dimaksud adalah hub, switch dan router. Pahami prinsip kerja dari masing-masing perangkat tersebut. Router bisa dipahami nanti setelah anda sampai pada proses menghubungkan jaringan antar LAN.

6.    Local Area Network (LAN )
Pelajari prinsip dasar bagaimana dua buah komputer bisa saling berkomunikasi, kemudian baru pelajari tentang bagaimana sekumpulan komputer yang tergabung dalam sebuah LAN saling terkoneksi. Perdalamlah pemahaman tentang IP address dan Mac address.

7.    Internetwork
Setelah memahami tentang LAN, tahapan selanjutnya adalah belajar tentang bagaimana komputer pada LAN bisa berkomunikasi dengan komputer yang berada pada LAN yang lain, hal ini dikenal dengan komunikasi antar LAN atau internetwork. Di sini pemahaman yang kuat tentang IP address, TCP/IP, router dan prinsip routing sangat diperlukan.