Perang kata-kata di sosial media menjelang pemilihan presiden di Amerika Serikat begitu sengitnya, salah satu kalimat yang paling sering muncul adalah Delete Your Account.

Cawapres dari patai Demokrat, Hillary Clinton pun tidak mau ketinggalan, ia menggunakan kalimat Delete Your Account untuk menanggapi pernyataan miring cawapres Donald Trump dari partai Republik.

Apa makna kalimat Delete Your Account ini?

Menarik, kalimat ini dipakai untuk menunjukan ekspresi tidak suka dan kesal atas  pernyataan seseorang di media sosial.

Untuk mengetahui arti persis pernyataan “Delete Your Account” atau hapus akun mu, kita harus melihat seperti konteks pernyataan ini dibuat.

Pertama kali booming ketika Edward Snowden membalas kicauan mantan Gubernur Negara bagian Florida, Jeb Bush, yang berkicau dengan memposting gambar pistol berukir tulisan “ Gov. Jeb Bush “ dengan kata America.

 Snowden langsung bereaksi dengan retweet : “Delete Your Account”

Seorang blogger asal Amerika, Ronna Benjamin, mencoba menjelaskan melalui blognya bahwa “Delete Your Account” merupakan sebuah respon untuk mengingatkan atau memberitahukan seseorang untuk mempertimbangkan kata-kata yang lebih baik, untuk memberikan pesan agar tidak lagi berkata demikian, dan atau terima kasih banyak.

Delete your Account mungkin lebih ditujukan kepada orang-orang atas pernyataan konyol mereka agar tidak lagi berkata demikian, agar kembali memikirkan ulang apa yang baru saja mereka katakan dan tidak lagi mengulangnya di kemudian hari.

Bagi saya “ Hapus Akun Lu, Bro “ akan saya alamatkan kepada orang-orang dengan komentar yang bodoh dan konyol agar lebih baik menghapus akunnya dari pada jadi bulan-bulanan di sosmed.

Membuat akun baru sama artinya dengan anda sudah di-ban, sudah diblokir dan tidak bisa berkomentar dengan akun itu.

Well…  Jurus “Delete Your Account” pastinya cocok untuk para komentator atau netizen yang ingin menyerang secara halus kepada seseorang atas pernyataan konyolnya.

Ya begitulah… Kita tidak perlu terlalu vulgar menyatakan kekesalan, dengan mengeluarkan jurus DYA atau “Delete Your Account” alias Hapus Akun Mu, akan membuat orang merasa terusir, merasa dipaksa keluar, merasa tersinggung, merasa tidak pantas menyatakan pendapat, dipaksa mundur dari komunitas yang dia ikuti.

Anda mau coba keampuhan jurus DYA atau Delete Your Account? Silahkan…

Sumber: Ronna Benjamin