Banyak orang yang masih berharap dan berpikir bahwa koneksi wifi yang kurang bagus akibat buruknya sinyal yang diterima bisa diatasi dengan cara yang mudah atau murah; Sebenarnya bisa iya bisa tidak tergantung kondisi dan situasi yang dihadapi.masalah-koneksi-wifi-yang-paling-sering-ditanyakan-serta-solusinya

Masalah yang paling sering ditanyakan adalah sebagai berikut:

a.  Apa solusi untuk mengatasi rendahnya tangkapan sinyal wifi pada sisi klien?

b.  Apa solusi yang mesti dilakukan jika pada jarak yang tidak terlalu jauh terdapat halangan antara penerima dan pemancar wifi

c.  Bagaimana caranya menangkap sinyal wifi yang jaraknya lebih dari 200 meter dan terdapat halangan berupa bangunan dan pohon

d.  Bagaimana membagi sinyal wifi yang hanya diperuntukan bagi satu klien agar bisa dipakai oleh lebih dari satu wifi klien

e.  Bagaimana caranya memperbesar jangkauan sinyal wifi

f.  Bagaimana caranya agar sinyal wifi dapat menjangkau secara merata ke seluruh sisi bangunan atau ruangan

Sudah berkali-kali saya tekankan dalam posting di bagian wireless, bahwa masalah sinyal wifi yang kurang bagus yang disebabkan oleh faktor penghalang dan jarak yang jauh hanya bisa di atasi dengan beberapa cara, antara lain:

1. Tambah daya atau power sinyal wifi

Menambah daya power sinyal wifi artinya melakukan tukar tambah komponen perangkat wifi, komponen yang paling mungkin diganti adalah antenna dari wifi tersebut.

Apa maksud dan tujuan mengganti antenna wifi?

Setiap antenna wifi memiliki daya penguatan yang berbeda-beda, dengan memasang antenna yang memiliki kekuatan yang besar maka hal tersebut bertujuan untuk menambah power sinyal keluaran dari wifi.

Daya yang besar diharapkan akan membuat pancaran sinyal menjadi lebih jauh.

Ganti perangkat wifi secara keseluruhan.
Cara lain adalah dengan mengganti perangkat wifi itu sendiri dengan perangkat yang memiliki power yang lebih besar.

Cara seperti ini rasanya kurang efektif karena penguatannya sebuah wifi klien atau wifi AP biasanya tidak terlalu jauh berbeda antara satu vendor dengan vendor yang lain.

Menambah amplifier atau booster, cara ini cukup memakan biaya tapi cukup efektif. Booster wifi biasanya dipasang di antara antenna dan keluaran atau output perangkat Wifi.

Mengganti antenna adalah solusi yang cukup murah dan efektif.

2. Mengatur posisi penerima dan pemancar wifi

Cara lain yang cukup efektif untuk mengatasi masalah dan kendala dalam dunia wifi adalah dengan mengatur posisi wifi AP point dan wifi klien.

Misalnya jika terdapat halangan antara Wifi AP dan wifi klien maka kita dapat mengatur ulang posisi keduanya atau salah satu agar tidak terhalang.

Cara lain adalah dengan meninggikan posisi salah satu komponen wifi, baik itu AP atau klien sehingga tidak terhalang.

Untuk pengguna atau pemakai wifi rumahan, meninggikan posisi wifi klien rasanya sulit sekali, karena jika terhalang gedung yang tinggi maka dibutuhkan menara yang ketinggiannya lebih tinggi dari gedung penghalang tersebut agar antara Wifi Access point dan wifi klien dalam kondisi LoS.

Jika tidak memungkinkan untuk memasang menara maka sebaiknya kita mencari alternatif lokasi lain yang bisa kita gunakan sebagai repeater.

3. Memperbesar jangkauan sinyal wifi dengan wifi range extender

Range Extender adalah perangkat wifi yang berfungsi sebagai repeater dan penguat sinyal. Perangkat ini akan menangkap sinyal dari wifi access point kemudian menguatkan sinyal tersebut dan memancarkannya kembali untuk dikoneksikan ke wifi klien.

4. Pembagian sinyal yang kurang merata

Sinyal wifi dalam sebuah ruangan atau sebuah lokasi yang tidak tersebar secara merata lebih disebabkan oleh karena penempatan posisi wifi Access point yang tidak tepat.

Sebelum melakukan instalasi jaringan wifi maka sebaiknya kita melakukan perencanaan dengan membuat layout atau denah lokasi yang akan kita pasang.

Tentukan dilokasi mana wifi mesti ditempatkan agar sebaran sinyalnya merata ke semua arah. Jika lokasi pemasangan terlalu luas maka kita mesti mempertimbangkan untuk menggunakan lebih dari satu perangkat wifi AP dan wifi range extender.

5. Membagi sinyal wifi

Jika kita diberi akses oleh tetangga kita sebuah koneksi wifi dan kita ingin membaginya kembali kepada lebih dari satu klien maka kita bisa menggunakan wifi range extender.

Caranya adalah sinyal wifi dari tetangga kita tangkap dengan wifi range extender kemudian oleh wifi range extender disebar kembali ke sekitarnya.

Cek link untuk untuk mendukung pemahaman anda terhadap tulisan ini.

Yang Mesti Dimengerti Tentang Wifi Range Extender

Dimanakah Posisi Yang Pas Untuk Wifi Router

Mengapa Antena WiFi Begitu Penting

Mengatasi Persoalan Sinyal Wifi yang Lemah